Hagia Sophia

05 October 2024

Berbagai Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Gula Darah

Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto)

Di zaman pengobatan modern seperti sekarang, tak sedikit orang yang masih mengandalkan obat-obatan alami. Selain dipercaya lebih minim risiko, obat alami cenderung lebih mudah ditemukan.

Salah satu bahan yang sering digunakan untuk obat alami adalah cuka apel. Dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, cuka apel merupakan hasil fermentasi sari apel menggunakan ragi dan bakteri baik, yang mengubah gula menjadi alkohol, lalu menghasilkan asam asetat dan senyawa bioaktif lainnya.

Ini yang Bikin BB Tidak Turun Meski Sudah Diet dan Olahraga

Ilustrasi. (Foto: iStock)

Sudah bukan rahasia lagi kalau diet dan olahraga menjadi 'jurus jitu' untuk menurunkan berat badan. Namun terkadang, berat badan tidak berkurang meski sudah melakukan diet ketat dan olahraga rutin.

Hal ini bisa disebabkan sejumlah faktor, seperti pola makan yang dijalani, jenis makanan yang dikonsumsi, hingga cara berolahraga. Bahkan, sesuatu yang terkesan sepele juga dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap proses penurunan berat badan.

Muncul Tren Infus Vitamin di Kalangan Remaja Korsel untuk Atasi Kelelahan

Foto: shutterstock

Muncul sebuah tren di kalangan pemuda Korea Selatan menggunakan infus intravena untuk mengatasi kelelahan bekerja. Meski hingga kini cara tersebut belum terbukti secara ilmiah, mereka tetap menggunakannya sebagai cara untuk memulihkan energi.

Tidak hanya di Korea Selatan saja, tren ini rupanya juga muncul di kalangan anak muda China yang mengalami kelelahan akibat bekerja.

Kasus Kanker Payudara Meningkat di Usia Muda, Apakah Penyebabnya?

Ilustrasi (Foto: Getty Images/MARIIA MALYSHEVA)

Sebuah laporan baru yang diterbitkan American Cancer Society menunjukkan angka kematian akibat kanker payudara telah menurun hingga 44 persen sejak akhir 1980-an. Namun, insiden kanker payudara telah meningkat sebesar 1 persen setiap tahun sejak 2012.

Pada wanita yang lebih muda, angkanya meningkat lebih cepat, sekitar 1,4 persen setiap tahun sejak 2021.

Apa yang Harus Dilakukan Ortu Bila Anak Sudah Kecanduan Gadget?

Foto: iStock

Di zaman sekarang, gadget menjadi sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dari keseharian. Bahkan, banyak anak-anak yang sudah kecanduan bermain gadget.

Hal ini kerap membuat orang tua kewalahan. Di satu sisi, gadget menjadi 'senjata' orang tua agar anak tenang dan tidak rewel.

Kelelahan Bisa Berakhir dengan Kematian, Ini Penjelasannya

Foto: Getty Images/iStockphoto/KatarzynaBialasiewicz

Kelelahan bisa terjadi ketika melakukan aktivitas terlalu banyak. Hanya saja ketika kelelahan tidak diatasi, efeknya bisa serius termasuk meningkatkan risiko kematian.

Dikutip dari Medical News Today, kelelahan atau fatigue merupakan kondisi ketika seseorang merasa lelah, lesu, atau kurang tenaga. Kondisi ini tidak sama dengan sekadar merasa mengantuk biasa.

Jarak Minum Obat Idealnya Berapa Jam?

Foto: Getty Images/iStockphoto/JumlongCh

Ketika mendapatkan obat dari dokter, kita pasti diminta meminumnya sebanyak frekuensi yang ditentukan, misalnya 3 kali sehari atau 2 kali sehari. Ketika membeli obat di apotek pun terdapat petunjuk aturan pakai yang mesti kita ikuti.

Lantas sebaiknya jarak minum obat berapa jam? Mungkin kebanyakan dari kita minum obat menyesuaikan jam sarapan, makan siang, dan makan malam, karena obat biasanya diminum sesudah makan. Apakah hal ini sudah tepat?

Berbagai Cara untuk Turunkan Kadar Gula Darah

Ilustrasi. (Foto: shutterstock)

Berolahraga secara teratur, mengelola stres, dan mengonsumsi lebih banyak makanan berserat tinggi dan probiotik dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Meski begitu, kebiasaan ini tak menggantikan perawatan medis untuk diabetes atau kondisi metabolik lainnya.

Sebagai informasi, tubuh biasanya mengelola kadar gula darah dengan cara memproduksi insulin, yang memungkinkan sel tubuh menggunakan gula yang beredar dalam darah. Namun, terdapat sejumlah faktor yang dapat mengganggu pengelolaan gula darah dan menyebabkan hiperglikemia atau dikenal dengan gula darah tinggi.

Ini Tandanya Bila Tubuh Kekurangan Vitamin B12

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Vitamin B12 adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi energi, dan dapat ditemukan pada makanan seperti daging sapi, kambing, ikan, serta sayuran seperti bayam. Meskipun vitamin B12 cukup mudah ditemukan, kekurangan vitamin ini sering disepelekan.

Hal ini karena banyak orang kurang memperhatikan asupan makanan sehari-hari. Padahal, kekurangan vitamin B12 bisa berdampak serius pada kesehatan.

Ruediger Berikan Pujian ke Lamine Yamal

Lamine Yamal tampil memukau di usia belasan tahun. (Foto: Manuel Queimadelos/Quality Sport Images/Getty Images)

Bek Real Madrid, Antonio Ruediger, memberikan pujian kepada Lamine Yamal. Pemain muda Barcelona itu disebut pemain yang menakutkan.

Yamal tampil gemilang untuk Barcelona saat berusia 16 tahun musim lalu, tetapi penampilannya di Euro 2024 yang membuat namanya meroket. Ia menjadi bintang kesuksesan Spanyol menjadi juara di turnamen tersebut dan terpilih sebagai Pemain Muda Terbaik Turnamen.

Liverpool Berada di Puncak Klasemen Liga Inggris, Ini Pesan Arne Slot

Foto: Getty Images/Carl Recine

Liverpool memuncaki klasemen Liga Inggris usai enam pertandingan. Meski demikian, Arne Slot mewanti-wanti fans agar tidak berlebihan merayakannya.

Liverpool ke puncak klasemen Premier League usai menang 2-1 atas Wolverhampton Wanderers pada pekan lalu. The Reds mengumpulkan 15 poin dari enam pertandingan.

MU Dinilai Gagal Pertahankan Keunggulan Dua Gol Saat Lawan FC Porto

Foto: UEFA via Getty Images/Florencia Tan Jun - UEFA

Owen Hargreaves kesal betul dengan pertahanan Manchester United di laga melawan FC Porto. Setan Merah juga dinilai konyol gagal pertahankan keunggulan dua gol.

Porto vs MU bertemu Estadio do Dragao dalam lanjutan Liga Europa, Jumat (4/10/2024) dini hari WIB. Setan Merah sudah unggul 2-0 dalam 20 menit lewat gol Marcus Rashford dan Rasmus Hojlund.

Mbappe Tidak Disertakan dalam Timnas Prancis, Ini Alasannya

Foto: Getty Images/Markus Gilliar - GES Sportfoto

Timnas Prancis tanpa Kylian Mbappe pada jeda internasional pekan depan. Les Blues juga kehilangan Antoine Griezmann yang pensiun dari tim nasional.

Prancis bakal menghadapi Israel (11/10) dan Belgia (15/10) pada laga UEFA Nations League. Pelatih Tim Ayam Jantang memanggil 23 nama untuk menyongsong laga ini.

Menurut Riset, Bentuk Tubuh Seperti Ini yang Miliki Risiko Penyakit Jantung

Ilustrasi (Foto: detikcom/Thinkstock)

Sudah sejak lama peneliti mengukur risiko penyakit kronis berdasarkan indeks massa tubuh atau body mass index (BMI). Namun sebuah studi baru di China mengungkap bahwa indeks kebulatan tubuh atau body roundness index (BRI) menjadi indikator yang lebih baik dalam kaitannya dengan risiko penyakit kronis.

body mass index (BMI) adalah cara menghitung berat badan ideal berdasarkan tinggi dan berat badan. Sementara body roundness index (BRI) adalah cara menghitung berat badan ideal mengukur tinggi badan, berat badan, lingkar pinggang, dan terkadang lingkar pinggul.

Apa yang Terjadi Bila Kadar Gula dalam Tubuh Lewati Batas Normal?

Foto: Shutterstock

Gula darah yang tinggi atau hiperglikemia bisa terjadi jika kadar glukosa seseorang di dalam tubuh terlalu banyak. Selain itu, kadar gula darah tinggi terjadi ketika tubuh tidak memproduksi atau menggunakan insulin dengan baik.

Dikutip dari NHS Inform dan Cleveland Clinic, mereka yang mengalami hiperglikemia akan dihadapkan dengan komplikasi yang dapat mengancam jiwa seperti diabetic ketoacidosis (DKA) dan hyperosmolar hyperglycaemic state (HHS).

Ini Tandanya Bila Pekerja Alami Stres dan Butuh Bantuan Psikologis

Ilustrasi. (Foto: iStock)

Setiap pekerjaan pasti memiliki beban yang berbeda-beda. Kondisi ini mampu memicu munculnya stres, kecemasan, hingga tekanan emosional yang mempengaruhi kondisi mental pekerjanya.

Melihat itu, seseorang harus segera mendapatkan pertolongan dari profesional untuk mencari tahu akar penyebabnya. Psikolog klinis Fifi Pramudika, MPsi, menjabarkan tanda-tanda yang harus diperhatikan saat seorang pekerja harus segera mendapatkan pertolongan secara psikologis.

04 October 2024

Penyebab Kemunculan Kawah Misterius di Siberia Terungkap

Para ilmuwan yakin mereka kini mengetahui apa yang menyebabkan munculnya serangkaian kawah misterius di Siberia selama dekade terakhir. Foto: via IFL Science

Para ilmuwan yakin mereka kini mengetahui apa yang menyebabkan munculnya serangkaian kawah misterius di Siberia selama dekade terakhir. Tampaknya, jika kondisinya tepat, perubahan iklim dapat menimbulkan implikasi yang dahsyat.

Pada 2014, sebuah kawah aneh muncul di Semenanjung Yamal di Siberia, Rusia. Kemunculan kawah secara tiba-tiba dan material di sekitarnya menunjukkan bahwa kawah tersebut terbentuk oleh semacam ledakan. Sejak saat itu, para ilmuwan dan penduduk setempat telah menemukan beberapa kawah lain yang muncul di lanskap tersebut.

Mac Allister: Liverpool Masih Perlu Perbaikan

Foto: Action Images via Reuters/Lee Smith

Liverpool memulai era Arne Slot dengan impresif. Namun gelandang Alexis Mac Allister merasa masih perlu banyak perbaikan, terutama di satu area ini.

Liverpool melanjutkan start positifnya dengan kemenangan 2-0 atas Bologna di Anfield, Kamis (3/10/2024) dini hari. Gol Mac Allister dan Mohamed Salah membawa 'Si Merah' memetik kemenangan kedua di Liga Champions.

Keyakinan Ten Hag: MU Bisa Bangkit

Erik ten Hag menolak panik meski Manchester United lagi buruk (Action Images via Reuters/Jason Cairnduff)

Erik ten Hag menolak panik di saat Manchester United lagi memble. Ten Hag yakin bisa membangkitkan Setan Merah dalam waktu dekat.

MU dipermalukan Tottenham 0-3 di Old Trafford pada lanjutan Liga Inggris akhir pekan lalu. Itu adalah kekalahan kandang kedua setelah dari Liverpool di ajang yang sama.

Kalah dari Aston Villa, Kiper Bayern Munich Jadi Sorotan

Foto: AFP/DARREN STAPLES

Bayern Munich dikejutkan Aston Villa setelah tumbang dengan skor 0-1 di lanjutan Liga Champions. Posisi Manuel Neuer disorot karena kebobolan gol Villa.

Bayern diunggulkan saat bertamu ke Stadion Villa Park pada Kamis (3/10) dinihari WIB. Die Roten mendominasi permainan tapi gagal mengonversi total 17 percobaan yang diciptakan.

Porto Tetap Waspada Meski MU Sedang dalam Tren Negatif

Foto: REUTERS/Molly Darlington

Manchester United dalam tren negatif jelang menghadapi FC Porto di Liga Europa. Meski demikian, Porto tidak akan memandang MU sebelah mata.

MU akan tandang ke markas Porto di Estadio Do Dragao di matchday 2 Liga Europa, Jumat (4/10/2024) dini hari WIB. Setan Merah datang usai menelan kekalahan telak di Premier League.

Adakah Gejala dari Kematian Mendadak?

Ilustrasi. (Foto: iStock)

Sindrom kematian mendadak adalah istilah yang menggambarkan kematian mendadak dan tak terduga akibat penyebab alami. Ini bukan kondisi atau diagnosis formal dan tidak selalu menunjukkan kondisi medis tertentu.

Sindrom kematian mendadak adalah istilah umum untuk banyak skenario biologis yang menyebabkan kematian mendadak dan tak terduga. Orang yang terlibat sering kali memiliki sedikit atau tidak ada tanda-tanda peringatan penyakit. Bahkan setelah kematian, otopsi mungkin tidak mengungkapkan kelainan yang jelas.

Dokter Sebut Pasien dengan Kondisi Seperti Ini Lebih Rentan Kena 'Paru-paru Basah'

Ilustrasi (Foto: iStock)

'Paru-paru basah' adalah penyakit serius yang bisa dialami oleh siapa saja, baik anak-anak maupun dewasa.

Istilah 'paru-paru basah' merujuk pada infeksi yang terjadi di paru-paru, biasanya disebabkan oleh sejumlah patogen, seperti kuman, virus, hingga bakteri. Kondisi ini bisa disebut juga sebagai pneumonia.

Stres Kerja Bisa Jadi Pemicu Pekerja Kantoran kena GERD

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Stres di tempat kerja bukan hanya berdampak ke psikis pekerja tetapi juga fisik. Pekerja yang kelelahan sangat rentan mengeluhkan asam lambung naik atau refluks gastroesofageal (GERD).

Ada kaitan erat antara sistem pencernaan dengan stressor di otak. Hal ini menjelaskan kenapa stres secara psikis bisa berdampak pada kekambuhan asam lambung.

Jimmy Carter, Presiden AS Pertama yang Usianya Capai Satu Abad

Jimmy Carter, mantan Presiden Amerika Serikat ke-39 (Foto: REUTERS/John Amis)

Jimmy Carter, mantan Presiden Amerika Serikat (AS) ke-39 baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-100. Hal ini membuat dirinya menjadi presiden pertama AS yang mampu menyentuh usia satu abad.

Dikutip dari Today, Carter diketahui masih tetap aktif bergerak hingga usia 90-an. Hal ini membuat dirinya masih memiliki daya tahan tubuh yang luar biasa di usia senjanya.

Mungkinkah Marissa Haque Alami Kematian Nokturnal?

istimewa

Kondisi terakhir Marissa Haque sebelum meninggal dunia diungkap oleh sang adik, Soraya Haque. Soraya mengungkapkan bahwa Marissa meninggal dunia di kamar tidurnya tanpa menunjukkan tanda-tanda apapun sebelumnya.

Ketika ditemukan, Soraya mengatakan kakaknya sudah ada dalam kondisi yang tidak bergerak.

Ini Cirinya Bila Kolesterol Tinggi, Harus Segera Cek ke Dokter

Foto ilustrasi: Thinkstock

Ciri-ciri kolesterol tinggi bisa dirasakan di seluruh tubuh apabila tak segera diobati. Kondisi ini terjadi saat kadar kolesterol mengendap di dalam tubuh, yang lama kelamaan bisa menghambat aliran darah ke semua organ yang terpengaruh.

Kondisi ini sangat berbahaya karena kolesterol tinggi dapat menjadi risiko 'tersembunyi' yang berdampak fatal. Sebab, biasanya kolesterol tinggi tidak menunjukkan tanda atau gejala.

Ini Penjelasan Dokter Terkait Pembersihan Paru-paru

Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/Natali_Mis)

Tak sedikit klaim atau anggapan yang beredar di masyarakat terkait cara membersihkan paru-paru dengan bahan alami. Mulai dari mengonsumsi susu tertentu hingga madu.

Konon semua klaim tersebut bisa membuat paru-paru yang 'kotor' bisa bersih kembali dan terhindar dari penyakit berbahaya.

Virus Marburg Sudah Tewaskan 9 Orang, WHO Percepat Pembuatan Vaksin

Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/SyhinStas)

Kasus kematian akibat virus marburg di Rwanda mengalami peningkatan. Hingga tanggal 30 September, Rwanda melaporkan 27 kasus infeksi virus marburg dengan kasus kematian menjadi sembilan orang.

Virus marburg adalah kerabat virus ebola yang sangat mematikan. Berdasarkan hasil penelitian sejauh ini, virus marburg memiliki case fatality rate (CFR) sekitar 25 sampai 88 persen.

Pada 2030, Jumlah Lansia Diperkirakan Melebihi Generasi Muda

Ilustrasi lanjut usia (Foto: Getty Images/eclipse_images)

Pada tahun 2030, jumlah penduduk dunia yang berusia 65 tahun ke atas diperkirakan akan melebihi jumlah penduduk muda. Jumlah lansia ini bahkan diprediksi dua kali lipat lebih banyak dari anak-anak di bawah usia lima tahun.

Menurut proyeksi terbaru PBB, populasi global diperkirakan mencapai sekitar 8,5 miliar pada 2030, 9,7 miliar pada 2050, dan 10,4 miliar pada tahun 2100.

UEFA Conference League: Chelsea Kalahkan Gent 4-2

Hasil Chelsea vs Gent di Conference League. (Foto: Getty Images/Mike Hewitt)

Chelsea memulai kampanye mereka di UEFA Conference League dengan sempurna. London Biru menaklukkan wakil Belgia, Gent, 4-2.

Matchday pertama Conference League mempertemukan Chelsea vs Gent. Duel berlangsung di Stamford Bridge, Jumat (4/10/2024) dini hari WIB.

Liga Europa: Elfsborg Vs Roma, Giallorossi Tumbang 0-1

Zeki Celik (kiri) berduel dengan Ahmed Qasem.Foto: Getty Images/Michael Campanella

AS Roma secara mengejutkan tumbang 0-1 dari Elfsborg dalam matchday kedua Liga Europa musim ini. Keputusan pelatih Ivan Juric menyimpan sejumlah bintang malah berujung kekalahan.

Bermain di Boras Arena, Kamis (4/10/2024) dinihari WIB, tuan rumah mengancam lebih dulu di menit ke-11, tetapi tembakan Michael Baidoo mudah diantisipasi kiper Roma, Mile Svilar. Enam menit kemudian, ia juga menghalau tembakan jarak dekat Arber Zeneli.

Liga Europa: Porto Vs MU, Berakhir dengan Skor Imbang 3-3

Porto vs MU berakhir imbang 3-3 (Foto: Getty Images/Octavio Passos)

Drama enam gol lahir di laga FC Porto vs Manchester United. 10 pemain Setan Merah selamat dari kekalahan berkat gol Harry Maguire di menit akhir dengan skor 3-3.

FC Porto vs Manchester United pada matchday kedua Liga Europa 2024/2025 berlangsung di Estádio do Dragao, Porto, Portugal, Jumat (4/10). Setan Merah mampu unggul dua gol lebih dulu.

Liga Europa: Ferencvaros Vs Tottenham, The Lilywhites Menang Tipis 2-1

Hasil Ferencvaros vs Tottenham Hotpsur. (Foto: Getty Images/David Balogh)

Tottenham Hotspur meraih poin penuh saat bertandang ke markas klub Hungaria, Ferencvaros, dalam laga Europa League. The Lilywhites menang 2-1.

Matchday kedua Europa League mempertemukan Ferencvaros vs Tottenham. Laga berlangsung di Groupama Arena, Jumat (4/10/2024) dini hari WIB.

Beberapa Manfaat Buah Zuriat untuk Kesehatan Tubuh

Buah zuriat. Foto: iStock

Sebagian dari detikers mungkin baru pertama kali mendengar tentang buah zuriat. Wajar saja, sebab buah yang satu ini memang tidak tumbuh di Tanah Air.

Meski begitu, buah zuriat ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan, lho. Khususnya bagi pria, buah ini dikatakan mampu memberikan manfaat dalam hal kesuburan.

Bagi Pengidap Diabetes, Ini Makanan yang Aman Dikonsumsi

Ilustrasi. (Foto: Istock)

Ada beberapa jenis makanan untuk pengidap diabetes yang baik dan buruk untuk dikonsumsi. Hal ini penting untuk diketahui guna menjaga kadar gula dalam darah tetap normal dan stabil.

Oleh karena itu, pengidap diabetes dianjurkan untuk lebih cermat dalam mengonsumsi makanan. Dikutip dari Healthline, berikut daftarnya:

Beberapa Minuman Ini Bisa Bantu Turunkan Kolesterol

Ilustrasi. (Foto: Getty Images)

Kolesterol tinggi adalah kondisi penumpukan lemak di dalam pembuluh darah. Tidak semua kolesterol tinggi merupakan kondisi yang buruk, sebab kolesterol terbagi menjadi dua jenis, yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL).

Jika seseorang memiliki kadar LDL yang tinggi, maka perlu diwaspadai. Hal ini dikarenakan kadar kolesterol LDL yang tinggi dan tak segera ditangani bisa memicu sejumlah penyakit serius, seperti jantung hingga stroke.

03 October 2024

Gunung Berapi Erebus Tiap Hari Keluarkan 'Debu Emas'

Gunung berapi Erebus di Antartika mengeluarkan 'debu emas' setiap hari. Foto: via Live Science

Gunung berapi Erebus di Antartika mengeluarkan 'debu emas' setiap hari. Debu ini kemudian mengkristal karena kondisi tempatnya.

Erebus adalah gunung berapi tertinggi kedua di Antartika. Ilmuwan menemukan bahwa gunung ini memuntahkan mineral berharga selain produk biasa berupa gas, uap, dan batu dari dari dalam kawahnya.

Rekor Mo Salah Terbaru di Liga Champions

Mohamed Salah di laga Liverpool vs Bologna. (Foto: AFP/PAUL ELLIS)

Mohamed Salah menyumbang gol saat Liverpool menggasak Bologna di Liga Champions. Si Raja Mesir menorehkan rekor baru buat klubnya.

Liverpool vs Bologna tersaji di Anfield, Kamis (3/10/2024) dini hari WIB. Tim tuan rumah menang meyakinkan 2-0.

Legenda Sepakbola Belanda: MU Tak Punya Pemain Top

Foto: Catherine Ivill - AMA/Getty Images

Manchester United dalam tekanan lagi selepas kekalahan telak dari Tottenham Hotspur. Legenda Belanda Marco van Basten turut buka suara, menyoroti skuad MU.

MU dipermalukan Spurs 0-3 akhir pekan lalu dalam laga lanjutan Liga Inggris. Itu menandai kekalahan telak kedua beruntun di kandang setelah dari Liverpool dengan skor serupa.

Sudah Dua Laga, AC Milan Tampil Kurang Memuaskan di Liga Champions

Foto: REUTERS/Thilo Schmuelgen

Dua laga sudah dilalui AC Milan di Liga Champions 2024/2025. Dua-duanya kalah, jadi awal yang buruk buat Rossoneri!

AC Milan sudah hadapi Liverpool dan Bayer Leverkusen di awal Liga Champions musim ini. Hasilnya Milan kalah 1-3 di kandang oleh Liverpool dan takluk 0-1 dari Bayer Leverkusen di tandang.

Rekor Baru: 95 Ribu Lebih Warga Jepang Miliki Usia 100 Tahun

Lansia di Jepang. (Foto: REUTERS/Issei Kato)

Ketika Jepang merayakan Hari Penghormatan bagi Lansia pada 16 September, jumlah orang yang berusia 100 tahun atau lebih kembali mencatat rekor baru seperti yang terjadi setiap tahun selama lebih dari setengah abad.

Diberitakan Asahi, menurut laporan Kementerian Kesejahteraan, per 17 September jumlah warga Jepang yang berusia 100 tahun mencapai 95.119 orang hingga 15 September, yang merupakan peningkatan sebanyak 2.980 dari tahun sebelumnya. Data ini merupakan tahun ke-54 berturut-turut jumlah warga Jepang yang berusia 100 tahun selalu memecahkan rekor.

Mana yang Lebih Penting Saat Jalan Kaki, Durasi atau Jumlah Langkah?

Ilustrasi berjalan kaki (Foto: Getty Images/WDnet)

Jalan kaki merupakan salah satu aktivitas fisik sederhana yang menawarkan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Rutin berjalan kaki dapat meningkatkan kebugaran kardiovaskular, kesehatan mental, dan energi.

Namun, berbicara mengenai jalan kaki, mungkin akan muncul perdebatan terkait efektivitasnya. Banyak yang memilih menggunakan pendekatan durasi waktu, dan tidak sedikit juga yang menggunakan pendekatan jumlah langkah.

Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh Bila Berhenti Konsumsi Gula 30 Hari

Boba termasuk minuman tinggi gula tambahan. (Foto: Shutterstock)

Mengurangi asupan gula tambahan dari waktu ke waktu dapat bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan, termasuk membantu mempertahankan berat badan dan kadar gula darah yang sehat.

Konsumsi gula yang berlebihan dikaitkan dengan peningkatan risiko kondisi kesehatan tertentu, termasuk diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Berbagai Manfaat Jus Timun untuk Kesehatan Tubuh

Foto: Getty Images/iStockphoto

Mentimun atau timun sering disajikan sebagai lalapan. Namun tak sedikit pula yang mengkonsumsinya dalam bentuk jus. Selain segar, jus timun juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Timun memiliki banyak nutrisi. Dikutip dari buku Budidaya Sayuran Tropis oleh H Zulkarnain, kandungannya antara lain karbohidrat, protein, serat, folat, niacin, asam pantotenat, piridoksin, riboflavin, tiamin, vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K.

Virus Marburg Sudah Menewaskan 6 Orang di Afrika, Bisa Jadi Pandemi?

Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/SyhinStas)

Marburg Virus Disease (MVD) saat ini sedang menjadi perhatian khusus di Afrika Tengah, khususnya di Rwanda. Pasalnya, virus marburg ini telah menewaskan enam orang dan memiliki case fatality rate (CFR) sekitar 25 hingga 88 persen.

Epidemiolog Dicky Budiman mengatakan virus marburg ini bisa saja berpotensi menjadi pandemi global, namun kemungkinan itu sangat rendah sekali. Hal ini karena penularan virus tersebut banyak melalui kontak fisik, bukan pernapasan seperti COVID-19.

Beberapa Jenis Sayuran Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/KucherAV

Menurunkan berat badan yang efektif dapat dilakukan dengan mengontrol pola makan yang sehat, termasuk mengonsumsi sayuran.

Sayuran kaya akan nutrisi, namun tidak mengandung banyak kalori. Memilih sayuran yang tepat dalam diet, dapat membantu menurunkan berat badan secara lebih optimal.

Polusi Udara Bisa Jadi Penyebab Munculnya Penyakit Paru-paru Basah

Ilustrasi polusi udara DKI Jakarta (Foto: Penampakan Langit Berkabut di Jakarta pada 16 Agustus 2023 (Herianto/detikcom)

Sejumlah wilayah Indonesia, seperti DKI Jakarta tak luput dengan polusi udara. Menurut data IQ Air, pada Selasa (1/10/2024) pukul 09.00 WIB, indeks kualitas udara di Jakarta berada di angka 158 (tidak sehat) dengan polutan utama PM 2,5. Bahkan konsentrasi PM2.5 di Jakarta saat ini 13,2 kali nilai panduan kualitas udara tahunan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Terkait dampaknya, ada banyak bahaya polusi udara bagi kesehatan yang tak bisa disepelekan, khususnya pada organ paru. Spesialis penyakit paru dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan, dr Naindra Kemala Dewi, SpP, mengatakan faktor lingkungan seperti polusi udara merupakan salah satu faktor risiko dari penyakit 'paru-paru basah'.

Makanan yang Dikonsumsi Warga Jepang Agar Miliki Umur Panjang

Ilustrasi lansia Jepang (Foto: REUTERS/Issei Kato)

Ahli gizi dari Jepang, Michiko Tomioka mengungkapkan ada satu bahan makanan yang kerap ditemukan di dapur masyarakat Jepang, yakni tofu atau disebut tahu dari Jepang. Makanan ini tak hanya murah dan mudah didapat, tetapi juga memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh.

Dikutip dari CNBC Make It, Michiko mengatakan tofu kerap dikonsumsi oleh masyarakat Jepang dari segala usia. Warga Jepang menganggap kebiasaan memakan tofu adalah salah satu rahasia panjang umur bagi mereka.

Kebiasaan Ini di Beberapa Negara Bisa Bikin Warganya Umur Panjang

Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Wiphop Sathawirawong

Salah satu impian dari banyak orang di dunia adalah memiliki tubuh yang sehat dan panjang umur. Seiring bertambahnya usia, kondisi kesehatan juga mengalami perubahan.

Saat tubuh menua, itu berkaitan dengan munculnya kondisi kronis, tubuh yang renta, hingga tidak bisa lagi menikmati hidup. Namun, beberapa orang di berbagai negara mampu mencapai usia hingga 100 tahun dan tetap sehat.