Hagia Sophia

18 May 2024

Pakar: Pentingnya Prakiraan Cuaca Antariksa

Foto: NASA

Pada Jumat (10/5) hingga Minggu (12/5), salah satu badai geomagnetik terbesar dalam beberapa dekade memunculkan pertunjukan aurora spektakuler di Bumi belahan utara dan selatan. Ilmuwan menyoroti pentingnya prakiraan kejadian cuaca luar angkasa yang berpotensi mengganggu.

Isu ini menjadi salah satu agenda Dewan Eksekutif World Meteorological Organization (WMO) yang akan datang. Untuk diketahui, pada 10-13 Mei, aurora yang biasanya terlihat di daerah kutub, dapat terlihat di garis lintang yang sangat rendah.

Arne Slot Akan Jadi Manajer Baru Liverpool Musim Depan

Arne Slot akan melatih Liverpool musim depan. (Foto: REUTERS/Russell Cheyne)

Arne Slot mengonfirmasi akan melatih Liverpool musim depan. Berikut profil manajer baru The Reds itu.

Arne Slot mengumumkannya pada Jumat (17/5/2024). Pria 45 tahun itu akan melatih Si Merah musim depan.

Klopp Akan Tinggalkan Liverpool Akhir Musim Ini, Ini Trofi yang Diraihnya

Juergen Klopp (istimewa)

Juergen Klopp akan meninggalkan Liverpool pada akhir musim ini. Manajer 56 tahun itu akan dirindukan.

Klopp sudah lebih dari sewindu menangani Liverpool. Dia datang pada 8 Oktober 2015, menggantikan Brendan Rodgers.

Trofi Premier League yang Jadi Rebutan Man City dan Arsenal

Trofi Premier League. (Foto: Michael Regan/Getty Images)

Trofi Premier League jadi hadiah utama yang diperebutkan Manchester City dan Arsenal akhir pekan ini. Berikut beberapa fakta unik piala bergengsi tersebut.

Liga Inggris memasuki pertandingan terakhir pada Minggu (19/5/2024) malam WIB. Man City dan Arsenal jadi dua tim yang berpeluang angkat trofi di hari itu.

Ini Kata Peneliti Terkait Gelombang Panas Ekstrem di Asia dan Timur Tengah

Foto: REUTERS/Mohammad Ponir Hossain

Sebuah penelitian mengungkapkan penyebab gelombang panas yang melanda Asia dan Timur Tengah belakangan ini. Kondisi ekstrem ini terjadi di berbagai wilayah Asia, mulai dari Gaza di barat hingga Filipina di tenggara.

Banyak daerah mengalami suhu di atas 40 derajat Celsius selama beberapa hari berturut-turut, hingga memicu berbagai dampak sosial dan ekonomi yang signifikan.

Tips Dokter Lulusan Harvard Agar Hidup Sehat dan Panjang Umur

Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/kieferpix

Memiliki tubuh yang sehat dan panjang umur tentu merupakan keinginan banyak orang. Charles Puza, seorang dokter kulit lulusan Harvard University yang berpraktik di New York City membagikan empat tips untuk hidup sehat selama mungkin.

Apa saja kebiasaan yang perlu diterapkan agar bisa hidup sehat dan panjang umur? Berikut ini penjelasannya:

Berbagai Penyebab Kenapa Haid Tidak Teratur Beserta Penjelasannya

Foto: Getty Images/iStockphoto/Satjawat Boontanataweepol

Menstruasi adalah proses alami pelepasan lapisan dinding rahim yang tidak dibutuhkan bersama dengan darah dan jaringan lainnya melalui vagina setiap bulan.

Menstruasi menjadi tanda bahwa perempuan telah memasuki pubertas. Selain itu, siklus ini juga merupakan tanda normal dan organ reproduksi wanita yang sehat.

Beberapa Penyebab Perut Terasa Panas

Foto: Ilustrasi iStock

Perut terasa panas atau sensasi terbakar sering kali berasal dari masalah pencernaan, yang dikenal sebagai dispepsia atau gangguan pencernaan.

Akan tetapi tidak semua perut terasa panas berasal dari dispepsia, gejala ini juga bisa menunjukkan adanya sensitivitas terhadap makanan, faktor di luar pencernaan atau bahkan kondisi gangguan pencernaan yang lebih serius.

Ini yang Membuat Tinggi Badan Warga China Meningkat Pesat

Tinggi badan orang China yang bikin iri. (Foto: Nafilah/detikHealth)

Data World Population Review menunjukkan rata-rata tinggi populasi China kini meningkat pesat. Bila dibandingkan dengan tren di tahun 1985, tinggi rata-rata wanita remaja usia 19 tahun di China adalah 157,4 cm, sementara tinggi rata-rata pria berusia 19 tahun di angka 167,6 cm.

Kini angkanya masing-masing adalah 163,5 cm dan 175,7 cm. Jauh dengan Indonesia yang bahkan berada di salah satu peringkat terbawah dengan populasi negara terpendek, yakni 157,9 cm.

Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Sakit Menelan

Foto: Getty Images/iStockphoto/eternalcreative

Jika kamu merasa ada yang mengganjal atau rasa sakit saat menelan makanan, kondisi itu disebut dengan odynophagia atau nyeri telan.

Tentu rasa sakit tersebut sangat mengganggu apalagi jika kita sedang makan makanan berat. Nah jika kamu sedang mengalami kondisi tersebut, berikut penyebab dan cara mengatasinya.

Beberapa Penyebab Bau Mulut Meski Sudah Rajin Sikat Gigi

Foto ilustrasi: iStock

Beberapa orang mungkin pernah mengalami masalah bau mulut. Meski sudah menyikat gigi, bau mulut ini terkadang tidak kunjung hilang.

Para ahli mengatakan ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab dari halitosis atau bau mulut. Halitosis adalah istilah medis untuk bau mulut yang bisa disebabkan banyak hal, misalnya setelah mengkonsumsi makanan tertentu seperti roti dan bawang putih.

Beberapa Alasan Mengapa BB Tidak Turun Walau Sudah Diet

Foto: Getty Images/iStockphoto/adrian825

Bagi sebagian orang, diet adalah cara jitu untuk menurunkan berat badan. Setelah melihat kisah-kisah sukses orang yang menurunkan berat badan setelah diet, kita mungkin jadi tertarik untuk mencoba berdiet pula, dengan harapan bisa menurunkan berat badan seperti orang lain.

Tetapi, tak semua orang bisa sukses menurunkan berat badan dengan mudah, bahkan setelah diet. Berat badan yang tidak turun bahkan setelah menjalani diet mungkin akan membuat kita merasa bingung dan kecewa.

Apa Rahasia Penduduk Zona Biru yang Membuat Mereka Panjang Umur?

Ilustrasi hidup sehat dan panjang umur. (Foto: REUTERS/Issei Kato)

'Blue Zone' atau 'Zona Biru' adalah istilah yang tidak asing bagi orang-orang yang berusaha menguak rahasia panjang umur. Banyak yang percaya, penduduk Zona Biru memegang kunci di balik hidup sehat dan umur yang panjang.

Istilah Zona Biru pertama kali diperkenalkan oleh peneliti sekaligus penjelajah, Dan Buettner. Zona Biru merupakan sebutan yang digunakan Buettner untuk lima kawasan di dunia yang penduduknya memiliki angka harapan hidup lebih tinggi dibanding rata-rata. Adapun kelima kawasan tersebut antara lain Okinawa (Jepang), Ikaria (Yunani), Nicoya (Kosta Rika), Sardinia (Italia), dan Loma Linda (California, AS).

Massimiliano Allegri Bukan Lagi Pelatih Juventus

Foto: REUTERS/Massimo Pinca

Massimiliano Allegri bukan lagi pelatih Juventus. Allegri resmi dipecat hanya setelah mengantar Juve memenangi Coppa Italia 2023/2024, tengah pekan ini.

Di tengah kontraknya baru akan habis pada tahun depan, masa depan Allegri sesungguhnya sudah santer dispekulasikan sejak pertengahan musim ini. Pasalnya, Juve tak kunjung kompetitif.

Tuchel Dipastikan Akan Tinggalkan Bayern Munich, Akankah MU Merekrutnya?

Foto: REUTERS/Annegret Hilse

Thomas Tuchel memastikan cabut dari Bayern Munich di akhir musim. Apa Manchester United bakal bergerak merekrutnya?

Tuchel akan meninggalkan Bayern di akhir musim. Ia sudah mengumumkannya jauh-jauh hari.

Ten Hag Fokus Penuh pada Dua Laga Sisa Terakhir Manchester United

Manchester United diungkap Erik ten Hag fokus penuh ke dua laga sisa musim ini. (Foto: AP/Dave Thompson)

Manchester United masih mempunyai dua pertandingan sisa di musim ini. Erik ten Hag menegaskan fokus penuh pada dua laga itu.

Di laga pamungkas Liga Inggris musim ini, MU akan dijamu oleh Brighton & Hove Albion. Pertandingan itu berlangsung di Amex Stadium, Minggu (19/5/2024).

Ini Kata Klopp Menanggapi Keberadaan VAR di Liga Inggris

Foto: Liverpool FC via Getty Images/Andrew Powell

Juergen Klopp angkat suara menanggapi keberadaan VAR di Liga Inggris. Manajer Liverpool itu termasuk golongan yang ingin menghapusnya.

Wacana soal VAR tengah ramai di Liga Inggris. Ada upaya untuk menghilangkan alat bantu wasit itu di Premier League.

Ilmuwan Berhasil Ciptakan Alat yang Bisa Baca Pikiran Seseorang

Foto ilustrasi: Freepik/kjpargeter

Baru-baru ini, para peneliti di California Institute of Technology mengungkapkan kemajuan yang signifikan dalam teknologi Brain-Computer Interface (BCI), yang nantinya dapat membaca pikiran seseorang.

Teknologi ini diharapkan dapat menjadi jembatan yang mempermudah komunikasi orang-orang yang kehilangan kemampuannya dalam berbicara, baik karena penyakit ataupun cedera.

Kondisi Raja Charles III: Hilang Indera Perasa Karena Pengobatan Kanker

Raja Charles III (Foto: Hollie Adams/Pool Photo via AP)

Raja Charles III mengungkap mengalami hilang indera perasa akibat pengobatan kanker yang dijalani. Hal tersebut terungkap saat berkunjung ke Museum Terbang Angkatan Darat di Middle Wallop, Hampshire.

Dalam kunjungan tersebut, Raja Charles III berbincang dengan veteran Angkatan Darat Inggris, Aaron Mapplebeck. Pada saat itu, Mapplebeck tengah berbagi pengalamannya kehilangan indera perasa setelah menjalani kemoterapi untuk kanker testis.

Beberapa Makanan yang Bisa Bantu Turunkan Gula Darah

Ilustrasi makanan untuk menurunkan gula darah. (Foto: Shutterstock)

Makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari sangat berpengaruh terhadap kadar gula darah. Misalnya, mengonsumsi makanan yang mengandung gula dan karbohidrat sederhana dapat menyebabkan gula darah naik secara signifikan.

Di sisi lain, ada juga makanan yang dapat membantu menurunkan gula darah. Biasanya, makanan penurun gula darah ini mengandung nutrisi-nutrisi penting, seperti serat, protein, karbohidrat kompleks, dan lain sebagainya.

17 May 2024

Penampakan Badai Matahari yang Hantam Bumi dari Luar Angkasa

Seperti Ini Badai Matahari Hantam Bumi Terlihat dari Luar Angkasa Foto: via Space.com

Jutaan orang di benua Eropa, Amerika, dan Australia, disuguhi pemandangan langit malam menakjubkan dengan kemunculan aurora yang merupakan salah satu dampak badai Matahari dahsyat.

Mereka berlomba mengabadikan langit cantik berhias aurora sehingga keindahannya bertebaran di internet dan makin viral. Namun, ada juga kamera yang dilatih untuk mengamati badai dari luar angkasa dan menangkap gambar monokromatik yang fantastik dari radiasi elektromagnetik Matahari.

Timnas Prancis Umumkan Skuad untuk Piala Eropa 2024

N'Golo Kante masuk skuad Prancis di Euro 2024 (Getty Images/Eurasia Sport Images)

Timnas Prancis mengumumkan skuad untuk Piala Eropa 2024. Ada nama gelandang gaek N'Golo Kante di dalamnya.

Ada total 25 nama yang dibawa Deschamps untuk bertarung di ajang tersebut dalam pengumuman yang dilakukan, Jumat (17/5/2024) dini hari WIB. Masih ada satu slot yang bisa digunakan sewaktu-waktu mengingat UEFA memberikan batas maksimal 26 pemain.

Atlet Terkaya: Cristiano Ronaldo, Mbappe Posisi Ke-6

Cristiano Ronaldo masih atlet terkaya di dunia (REUTERS/Stringer)

Cristiano Ronaldo masih jadi atlet terkaya di dunia. Di nomor dua bukan lagi Lionel Messi, tapi pegolf Spanyol John Rahm.

Dikutip dari Forbes, Ronaldo mendapatkan total 260 juta dolar AS atau Rp 4,1 triliun sejak kepindahannya ke Al Nassr. Ini merupakan pendapatan tertinggi yang bisa didapat pesepakbola sepanjang sejarah.

Janji Mikel Arteta: Akan Melatih di Spanyol

Mikel Arteta. Foto: REUTERS/HANNAH MCKAY

Manajer Arsenal Mikel Arteta tidak akan selamanya berkarier di Inggris. Ia mengaku ingin melatih di kampung halamannya, Spanyol, di masa depan.

Usai gantung sepatu sebagai pemain di 2016, Arteta merintis kariernya dengan menjadi asisten Pep Guardiola di Manchester City. Ia lalu hengkang setelah menerima tawaran untuk membesut Arsenal pada tiga tahun berselang.

Masih Banyak Pasien Kanker yang Pilih Berobat ke Luar Negeri, Inikah Penyebabnya?

Ilustrasi kanker. (Foto: Shutterstock)

Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) mengungkapkan bahwa hingga saat ini memang masih ada banyak orang yang memilih melakukan pengobatan kanker ke negara tetangga. Ada beberapa faktor yang melatarbelakangi masyarakat masih mempercayai pengobatannya di luar negeri dibandingkan Indonesia.

Ketua Umum YKI Prof Dr dr Aru W Sudoyo, SpPD-KHOM menuturkan bahwa secara kualitas dokter dan peralatan Indonesia tidak kalah dari negara tetangga. Namun, menurutnya Indonesia masih perlu mengembangkan beberapa sektor khususnya dalam proses pelayanan pasien kanker. Hal ini menjadi penting apabila mengingat proses pengobatan kanker sangat panjang.

Bagaimana Cara Atasi Kulit Belang Akibat Cuaca Panas Ekstrem?

Foto: Getty Images/iStockphoto/Pheelings Media

Cuaca panas akibat teriknya sinar matahari bukan cuma mengganggu aktivitas. Paparan sinar UV terus menerus juga bisa berpengaruh ke kulit wajah.

Seringkali seseorang yang sering beraktivitas di luar ruangan akan mengalami masalah hiperpigmentasi atau warna kulit yang tidak merata akibat terpapar sinar matahari. Meski tidak mengganggu, kondisi ini biasanya jadi bikin nggak percaya diri.

Cara China Menekan Angka Stunting dan Kunci Keberhasilannya

Warga China. (Foto: AP/Mark Schiefelbein)

Sejumlah wilayah terpencil di China perlahan keluar dari prevalensi kasus stunting tinggi. Hal ini tak lepas dari program yang dilakukan pemerintah setempat, tren kasus insiden stunting dari semula di kisaran 15 hingga 20 persen dalam satu dekade terakhir, kini sudah berhasil ditekan hingga di bawah 7 persen.

Tren lebih baik dilaporkan di Beijing, kasus stunting bahkan sudah berada di bawah satu persen. Menurut Deputy Director of The Early Childhood Development Commitee of the Chinese Association for Inproving Birth Outcoume and Child Development (CAIBOCD) dr Jiang Jingxiong, banyak intervensi yang dilakukan, termasuk edukasi masyarakat hingga pemberian program makan gratis.

Ade Rai Menjalani Diet Intermittent Fasting, Seperti Apakah Itu?

Foto: 20detik

Diet intermittent fasting adalah salah satu metode diet yang paling populer saat ini. Diet ini dianggap tidak menyiksa karena tidak membatasi jenis makanan yang boleh atau tidak boleh dimakan, melainkan kapan boleh memakannya.

Oleh karena itu, banyak yang menjalani diet ini, tak terkecuali binaragawan Indonesia Ade Rai. Aturan utamanya adalah membatasi waktu makan selama beberapa jam saja, selebihnya kita tidak makan alias berpuasa. Misalnya, membatasi waktu makan selama 8 jam. Berarti, seseorang makan siang jam 11.00, dilanjutkan dengan makan malam jam 19.00, dan selebihnya berpuasa.

Terkait Iuran Baru BPJS Kesehatan, Ini Kata Dirut BPJS

Foto: Wisma Putra

Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti mengungkap soal skema iuran yang akan diterapkan dalam sistem Kelas Rawat Inap Standar (KRIS). Ia mengatakan meski jenis ruang perawatan yang diterima setiap peserta sama, namun jumlah iuran tetap berbeda antar peserta.

"Tentu iuran tidak sama, kalau sama di mana gotong-royongnya," beber Ghufron yang dikutip dari CNBC Indonesia, Selasa (14/5/2024).

Ingin Turunkan Kolesterol? Coba Jalan Kaki Secara Rutin Tiap Hari

Manfaat berjalan kaki untuk menurunkan kolesterol. (Foto: Dikhy Sasra)

Salah satu aktivitas yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi adalah jalan kaki. Aktivitas fisik ini terbukti bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.

Dikutip dari laman Eating Well, pelatih STRIDE Fitness di Lubbock, Texas, Paizley Longino, mengungkapkan olahraga sederhana seperti berjalan kaki dapat membuat perubahan besar. Jalan kaki atau aktivitas fisik apapun yang konsisten telah terbukti secara ilmiah memiliki efek positif pada kolesterol dan kesehatan secara keseluruhan.

Tips untuk Atasi BAB Keras Secara Alami

Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/patchanan promunat)

Buang air besar (BAB) yang keras atau sembelit merupakan salah satu masalah pencernaan yang umum terjadi. Meski terkesan sepele, kondisi ini bisa menyebabkan komplikasi yang serius jika tidak ditangani dengan tepat.

Sembelit terjadi karena usus besar menyerap terlalu banyak air dari tinja atau feses. Akibatnya, tinja menjadi kering dan keras, sehingga sulit dikeluarkan dari tubuh. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, sembelit juga bisa menyebabkan komplikasi parah, seperti wasir, fisura ani, prolaps rektum, hingga kerusakan otot panggul akibat mengejan terlalu keras.

Ini Alasan yang Membuat Pria Tidak Mau KB Vasektomi

Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Chinnapong)

 Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dr Hasto Wardoyo menegaskan jika vasektomi berbeda dengan kebiri. Pasalnya, masih banyak suami yang belum teredukasi terkait hal tersebut.

Hasto menambahkan di dunia kedokteran kebiri atau yang dikenal dengan kastrasi ini sangat berbeda dengan vasektomi. Jika kastrasi adalah proses pengambilan testis atau mematikan testis, maka vasektomi hanya mengikat atau memotong saluran sperma.

Khasiat yang Diperolah dari Konsumsi Daun Seledri

Daun seledri memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. (Foto: iStock)

Seledri adalah salah satu sayuran yang sering menjadi pelengkap atau penghias makanan. Tak hanya memperkaya cita rasa masakan, daun seledri ternyata juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan loh.

Khasiat seledri tentu tidak terlepas dari nutrisi yang terkandung di dalamnya. Dikutip dari WebMD, seledri mengandung nutrisi berupa:

Ederson Absen Bela Man City di Pekan Terakhir Akibat Retak Tulang Mata

Foto: AP/Jon Super

Ederson absen membela Manchester City di pekan terakhir Liga Inggris. Kiper asal Brasil itu mengalami retak tulang mata.

Ederson dipastikan akan melewatkan laga terakhir Manchester City, yang juga penentuan gelar juara, di Premier League musim ini. Man City akan mejamu West Ham United di Etihad Stadium, Minggu (19/5/2024) malam WIB.

Top Skor Liga Inggris Jelang Pekan Terakhir

Foto: Getty Images/Michael Regan

Premier League tinggal menyisakan pekan pamungkas akhir pekan ini. Dari persaingan gelar top skor Liga Inggris, Erling Haaland unggul telak dari Cole Palmer.

Pada tengah pekan ini kedua nama tersebut sudah berhasil menambah koleksi golnya. Haaland lebih dulu melakukannya dalam lawatan Manchester City ke markas Tottenham Hotspur.

Manchester United Tidak Akan Jual Fernandes

Erik ten Hag tidak akan melepas Bruno Fernandes (Getty Images/Stu Forster)

Erik ten Hag menjawab rumor soal masa depan Bruno Fernandes. Fernandes penting untuk Manchester United dan tidak akan dijual.

Menjelang musim panas 2024, Bruno Fernandes dikabarkan akan meninggalkan MU. Beberapa klub dikaitkan dengan eks pemain Sporting Lisbon itu.

LaLiga: Almeria Kalah dari Barcelona 0-2

Foto: Getty Images/Quality Sport Images

Barcelona meraih kemenangan 2-0 di kandang Almeria. Dua gol El Barca lahir melalui brace Fermin Lopez.

Almeria vs Barcelona tersaji di Power Horse Stadium pada pekan ke-36 La Liga 2023/2024, Jumat, (17/5/2024). Tim tamu membuka keunggulan di menit ke-14 melalui Fermin Lopez.

Usia Pengidap Kanker di Indonesia Makin Muda, Inikah Penyebabnya?

Ilustrasi kanker. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Panuwat Dangsungnoen)

Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Prof Dr dr Aru W Sudoyo, SpPD-KHOM menyoroti semakin mudanya pengidap kanker di Indonesia. Prof Ari menuturkan bahwa kejadian ini dipicu oleh pergeseran gaya hidup di tengah masyarakat.

Ia menuturkan bahwa faktor risiko pemicu kanker terbesar terdapat pada gaya hidup yang diterapkan. Oleh karena itu, penting untuk menjaga pola hidup sehari-hari yang lebih baik agar terhindar dari berbagai jenis penyakit kanker.

Beberapa Makanan yang Bisa Bantu Turunkan Kadar Gula Darah

Foto ilustrasi: Shutterstock

Makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari sangat berpengaruh terhadap kadar gula darah. Misalnya, mengonsumsi makanan yang mengandung gula dan karbohidrat sederhana dapat menyebabkan gula darah naik secara signifikan.

Di sisi lain, ada juga makanan yang dapat membantu menurunkan gula darah. Biasanya, makanan penurun gula darah ini mengandung nutrisi-nutrisi penting, seperti serat, protein, karbohidrat kompleks, dan lain sebagainya.

Nenek Usia 65 Tahun Punya Six Packs, Ini Body Goalsnya

Instagram @lesleymaxwell.fitness

Beberapa orang menganggap bahwa penurunan kesehatan hanyalah bagian dari bertambahnya usia dan tidak ada yang dapat dilakukan untuk mengubahnya. Tapi tidak dengan Lesley Maxwell yang tetap melakukan apapun agar tetap fit di usianya.

Pelatih kebugaran dan binaragawan berusia 65 tahun, Lesley Maxwell, secara teratur membantu orang berusia 40 tahun ke atas memulai perjalanan kebugaran mereka. Dia melihat secara langsung dampak olahraga yang benar terhadap tubuh, berapa pun usianya.

16 May 2024

Badai Matahari Munculkan Aurora Borealis dan Australis, Apakah Itu?

Badai Matahari Ciptakan Aurora Borealis dan Australis, Apa Bedanya? Foto: via ABC.net

Negara-negara di belahan utara Bumi disuguhi tontonan langit menakjubkan pada Jumat (10/5) dan Sabtu (11/5) ketika badai geomagnetik skala G5, yaitu badai Matahari dengan tingkat terkuat menyebabkan Aurora Borealis atau disebut juga Cahaya Utara (Northern Lights).

Ketertarikan terhadap aurora yang muncul sebagai dampak badai Matahari akhir-akhir ini mungkin membuat beberapa orang bertanya, jika ada Cahaya Utara, apakah ada juga Cahaya Selatan?

Al Nassr Dikabarkan Minat Bruno Fernandes, Nyusul Ronaldo?

Foto: Getty Images/Clive Brunskill

Al Nassr kabarnya meminati serius Bruno Fernandes. Gelandang Portugal itu bakal menyusul Cristiano Ronaldo?

Dilaporkan ESPN, Fernandes menjadi pemain yang serius diincar Al Nassr. Klub Arab Saudi itu ingin memperkuat lini tengahnya.

Meski Hadapi Masalah Finansial, Barcelona Dikabarkan Incar Luis Diaz

Luis Diaz (istimewa)

Barcelona dikabarkan mengincar sayap Liverpool, Luis Diaz, musim panas ini. Blaugrana ingin menambah kekuatan meski tengah bokek.

Menurut laporan Mundo Deportivo, Barcelona ingin mendatangkan pemain asal Kolombia itu. Luis Diaz bahkan diklaim menjadi target utama musim panas ini.

Beda dengan Messi dan Neymar, Ini Cara Suporter PSG Lepas Mbappe

Foto: AP/Franck Fife

Kylian Mbappe dapat sambutan hangat dari suporter PSG pada laga terakhir di kandang, yang akan cabut di musim panas ini. Dulu Lionel Messi dan Neymar, tidak begitu.

Suporter PSG termasuk suporter ultrasnya memberikan tepuk tangan meriah dan bentangkan koreo berupa gambar Kylian Mbappe di Stadion Parc de Princes, Senin (13/5/2024) dini hari WIB. Laga itu menjadi laga terakhir Mbappe di kandang PSG.

Ilmuwan: Warga Papua Nugini Warisi DNA Langka, Miliki Kekebalan Tubuh Sangat Baik

Foto ilustrasi: Thinkstock

Sebuah penelitian menemukan sejumlah penduduk di Papua Nugini yang mewarisi DNA langka dari Denisovan. Itu merupakan spesies manusia purba yang telah punah.

Gen Denisovan disebut istimewa karena disebut membuat penduduk Papua Nugini memiliki sistem kekebalan tubuh yang sangat baik, sehingga mampu melawan infeksi penyakit. Penelitian tersebut dipublikasikan dalam jurnal Nature Communications.

Untuk Turunkan Kolesterol, Berapa Lamakah Durasi Jalan Kakinya?

Foto ilustrasi: Thinkstock

Salah satu aktivitas yang bisa bermanfaat bagi kesehatan adalah jalan kaki. Tak hanya mudah, ternyata jalan kaki terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Olahraga termasuk jalan kaki sangat bermanfaat bagi orang yang memiliki kadar kolesterol ringan hingga sedang. Jika kadar kolesterol terkendali, hal itu bisa mendukung kesehatan jantung.

Ini Kata Menkes Terkait Pengganti Kelas 1,2 dan 3 BPJS Kesehatan

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin (istimewa)

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin buka suara mengenai perubahan kelas 1, 2 dan 3 BPJS Kesehatan ke ruangan perawatan rumah sakit kelas rawat inap standar (KRIS). Perubahan ini tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 59 Tahun 2024 tentang Perubahan Ketiga Perpres Jaminan Kesehatan.

Menkes menyatakan KRIS tidak mengahapus kelas BPJS Kesehatan, namun pelayanan di rumah sakit ditingkatkan dengan kualitas yang seragam untuk semua layanan.

Warga Blue Zone Miliki Pantangan pada Makanan Tertentu, Apakah Itu?

Ilustrasi. (Foto: iStock)

Memiliki tubuh sehat dan panjang umur merupakan impian dari banyak orang. Salah satu bentuk gaya hidup yang patut dicontoh adalah warga-warga yang tinggal di blue zone.

Blue zone merupakan sebuah istilah untuk wilayah yang memiliki warga dengan angka harapan hidup tinggi. Warga blue zone memiliki gaya hidup yang begitu sehat sehingga jarang mengidap penyakit seperti kanker, jantung, diabetes, hingga obesitas.

Thailand Akan Larang Penggunaan Ganja Mulai Akhir Tahun 2024

Toko yang menjual ganja di Thailand. (Foto: Putu Intan/detikcom)

Thailand menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang melegalkan penggunaan ganja untuk rekreasional di pertengahan Juni 2022. Namun dua tahun setelah aturan tersebut berlaku, pemerintah putar arah dan akan melarang penggunaannya untuk umum.

Perdana Menteri Thailand Srettha Tashivisin akan memasukkan kembali ganja sebagai golongan narkoba pada akhir 2024.

Kisah Aktris yang Diangkat Rahimnya Saat Perjuangannya Lawan Kanker Payudara

Aktris Olivia Munn. (Foto: Amy Sussman/Getty Images)

Aktris Olivia Munn bercerita mengenai perjuangannya melawan kanker payudara. Penyakitnya itu membuat dia harus menjalani operasi angkat rahim.

Wanita berusia 43 tahun itu buka-bukaan mengenai penyakitnya pada Maret silam. Dia didiagnosis mengidap kanker payudara luminal B dan telah menjalani mastektomi ganda.