Hagia Sophia

11 March 2023

Tidak Sengaja Menelan Paku, Anak 3 Tahun Ini Harus Jalani Operasi

Ilustrasi. Foto: iStock

Nasib malang menimpa anak seorang laki-laki berusia 3 tahun di Kuba. Anak tersebut terpaksa harus berada di meja operasi akibat tidak sengaja menelan paku.

"Ini adalah prosedur yang sangat berisiko," kata dokter spesialis telinga, hidung dan tenggorokan Dr. Mavil Isabel Benítez Fernández yang memimpin operasi di rumah sakit anak Octavio de la Concepción y de la Pedraja di Holguin, Kuba dikutip dari NY Post, Kamis (9/3/2023).

Kasus tersebut terungkap setelah anak tersebut memberitahu ibunya bahwa tenggorokannya sakit. Kemudian, ibunya membawa anak yang tidak disebutkan identitasnya ke klinik setempat untuk melakukan pemeriksaan.

Di klinik, anak tersebut diperiksa menggunakan X-ray. Hasilnya, terdapat benda asing bersarang di paru-paru kirinya.

Khawatir, ibu tersebut membawa buah hatinya ke rumah sakit anak sehingga mereka dapat membebaskannya dari gangguan pernapasannya. Pihak rumah sakit juga menyiapkan tim dokter spesialis dan ruangan yang memadai agar operasi bisa berjalan lancar.

Protokol keselamatan sangat penting, mengingat bahwa mereka melakukan bronkoskopi eksplorasi. Bronkoskopi eksplorasi adalah operasi rumit yang melibatkan pemasangan bronkoskop 6,7 milimeter yang kaku melalui laring, trakea, dan ke paru-paru untuk mengekstraksi benda asing.

Fernández menuturkan efeknya sangat fatal bila prosedur gagal. Pasien bisa mengalami perdarahan, pecahnya trakea atau bronkial, henti jantung, dan bahkan kematian.

Dokter menemukan paku menyangkut di dalam paru-paru bocah berusia tiga tahun. Foto: Dokumentasi Octavio de la Concepción y de la Pedraja Pediatric

Untungnya, dalam kasus ini, paku berhasil dikeluarkan dalam 25 menit tanpa komplikasi. Kemudian anak tersebut dipindahkan ke ICU rumah sakit dalam kondisi stabil.

Dalam kasus serupa bulan lalu, ahli bedah tercengang ketika menemukan sekrup di paru-paru pasien lansia. Menurut studi kasus, wanita yang namanya dirahasiakan itu tampaknya telah menghirup logam tersebut di tengah serangkaian perawatan gigi sejak hampir setahun yang lalu.

Wanita tersebut mengunjungi rumah sakit Vithas Vigo di Pontevedra, Spanyol. Hasil rontgen di dada menunjukkan sumber ketidaknyamanannya, yaitu sebuah sekrup logam berukuran 9 milimeter bersarang di paru-parunya.

Sayangnya, nenek tersebut tidak ingat menelan sekrup, yang dilaporkan telah terperangkap dalam sistem pernapasannya setidaknya selama delapan bulan.

Dokter dapat mengeluarkan benda asing dari tubuhnya hanya dalam beberapa jam dengan forceps. Dilaporkan Jam Press, wanita itu kemudian dipulangkan dan tampaknya pulih dengan baik.

Ini bukan kasus pertama seseorang tidak sengaja memasukkan benda asing ke dalam tubuhnya. Pada bulan September 2022, seorang pria yang kehilangan anting hidungnya, merasa ngeri saat mengetahui bahwa benda itu bersarang di dalam paru-parunya selama lima tahun.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ngeri! Foto Rontgen Ini Tunjukkan Paku Nyangkut di Paru-paru Bocah 3 Tahun"