Hagia Sophia

24 May 2024

Australia Laporkan Kasus Pertama Flu Burung pada Manusia

Ilustrasi anak dirawat. (Foto: Getty Images/iStockphoto/kan2d)

Australia melaporkan kasus flu burung pertama di manusia pada Rabu (22/5/2024). Kasus tersebut menyerang seorang anak yang baru melakukan perjalanan dari India dan diyakini tertular saat berada di negara tersebut.

Otoritas kesehatan di negara bagian Victoria di tenggara Australia sudah melakukan penelusuran kontak. Sejauh ini, tidak ada kerabat maupun lingkungan terdekat yang juga teridentifikasi penularan flu burung.Terlebih, flu burung juga tidak mudah menyebar antarmanusia.

"Ini adalah kasus flu burung yang sangat patogen pada manusia pertama yang terkonfirmasi di Australia," kata Dr Claire Looker, kepala petugas kesehatan negara bagian tersebut, dalam sebuah pernyataan.

"Anak tersebut mengalami infeksi parah tetapi tidak lagi sakit dan telah pulih sepenuhnya," ungkapnya memastikan kondisi anak sudah jauh lebih baik.

Kasus di Victoria melibatkan virus H5N1, tetapi jenis virus ini tidak sama dengan virus yang menyebabkan wabah flu burung di Amerika Serikat. Australia adalah satu-satunya benua dengan hewan yang terbebas dari virus flu burung H5N1, tetapi pihak berwenang pada hari Rabu mengatakan jenis flu burung yang sangat patogen telah terdeteksi di sebuah peternakan telur di dekat Melbourne.

Tes laboratorium pertama menunjukkan bahwa virus tersebut adalah jenis H7 yang belum teridentifikasi, kemungkinan berasal dari populasi burung liar dan pernah terlihat di Australia sebelumnya, kata Graeme Cooke, kepala petugas dokter hewan di Victoria.

Pembatasan diberlakukan pada pergerakan di sekitar peternakan dan burung-burung akan dimusnahkan.

"Daerah ini memang memiliki kepadatan bisnis unggas yang tinggi, baik yang bertelur maupun daging unggas," kata Cooke kepada radio Australian Broadcasting Corporation (ABC).

"Pada tahap ini kami belum bisa mengatakan apakah akan ada penyebaran ke properti lain. Kami sekarang mengambil tindakan yang diperlukan untuk memberantasnya guna menghilangkan penyebaran selanjutnya."

Wabah diyakini tidak menimbulkan risiko kesehatan lebih lanjut bagi manusia. Pada 2020, Victoria merupakan lokasi wabah H7N7, yang merupakan wabah terbaru dari sembilan wabah Influenza Burung Sangat Patogenik (HPAI) di Australia sejak tahun 1976. Semua wabah tersebut dengan cepat dikendalikan dan diberantas, kata pemerintah.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Australia Laporkan Kasus Flu Burung Pertama pada Manusia"