Hagia Sophia

02 May 2024

Ciri-ciri Gejala Batu Ginjal Ini Bisa Terlihat dari Urine

Ilustrasi batu ginjal. (Foto: Shutterstock)

Belum lama ini terungkap bahwa komedian Parto tengah mengalami masalah kesehatan batu ginjal. Kondisi tersebut membuatnya harus menjalani prosedur operasi untuk menyembuhkan kondisinya.

Terlepas dari kondisi yang dialami Parto, penyakit batu ginjal merupakan kondisi ketika terjadi endapan material garam dan mineral yang membentuk kristal, lalu mengeras menjadi batu di dalam saluran kemih. Dalam beberapa kasus, mungkin pasien tidak akan mengalami gejala apapun ketika batu masih sangat kecil di dalam saluran kemih.

Namun, ketika batu tersebut membesar, itu dapat menyebabkan sumbatan dalam saluran kemih sehingga mengganggu kehidupan sehari-hari. Sumbatan yang terjadi dapat menyebabkan timbulnya rasa nyeri yang tidak tertahankan.

"Biasanya muncul nyeri pinggang atau tidak nyaman di perut kanan atau kiri dan hilang timbul. Nyeri juga bisa menjalar ke area selangkangan hingga kantung kemaluan laki-laki apabila batu tersumbat di ureter," kata spesialis urologi dr Hilman Hadiansyah, SpU ketika dihubungi detikcom, Selasa (30/4/2024).

"Apabila batu yang terbentuk cukup besar dan menyebabkan sumbatan hebat dapat muncul nyeri tak tertahankan (kolik renal) disertai keringat dingin, mual, dan muntah," sambungnya.

Tidak hanya itu saja, gejala batu ginjal juga dapat muncul ketika seseorang buang air kecil. Ciri-cirinya seperti timbul rasa nyeri saat buang air kecil, urine keruh berpasir, hingga adanya passing stone atau batu kecil yang keluar saat buang air kecil.

Jika memiliki gejala-gejala di atas, disarankan untuk segera ke fasilitas kesehatan terdekat dan melakukan pemeriksaan secara cepat.

"Perbedaan pada urinenya umumnya bisa berdarah atau kalau kena infeksi dia juga bisa keruh urinenya. Terus waktu kencing sakit, terus akan terlihat semacam kristal-kristal. Kalau sudah parah dan tidak ditangani bisa menyebabkan gagal ginjal, baik akut atau kronik," ungkap spesialis penyakit dalam dr Tunggul Situmorang, SpPD-KGH ketika dihubungi terpisah.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Gejala Batu Ginjal Ternyata Bisa Dilihat dari Urine, Begini Ciri-cirinya"