Hagia Sophia

04 May 2024

Klinik Hewan di India Penuh dengan Binatang Peliharaan Mati Akibat Heatstroke

Anjing yang terkena dampak cuaca panas. (Foto: AFP/DIBYANGSHU SARKAR)

Suhu 'mendidih' di India membuat sebagian wilayah di Kolakata menghadapi ancaman heatstroke, bukan cuma pada manusia tetapi pada hewan. Salah satu dokter hewan di sana, Partha Das, menerima peningkatan perawatan hewan yang terkena imbas dari cuaca panas.

Kliniknya dibanjiri oleh masyarakat yang membawa hewan kesayangannya yang mengalami gejala mimisan, ruam kulit parah, dan tidak sadarkan diri akibat gelombang panas tiada henti, mencekik sebagian besar wilayah Asia Selatan dan Tenggara selama seminggu terakhir.

"Banyak hewan peliharaan juga dirawat di rumah sakit selama tiga atau empat hari berturut-turut, dan mereka membutuhkan waktu lama untuk kembali normal," kata pria berusia 57 tahun itu kepada AFP setelah menjalani operasi.

"Kami mengalami beberapa kasus sengatan panas dalam sehari. Ini belum pernah terjadi sebelumnya."

Kolkata telah dilanda panas terik selama berhari-hari, mencapai puncaknya pada 43 derajat Celcius yang merupakan hari terpanas di bulan April sejak 1954, menurut biro cuaca kota.

Jalan-jalan di ibukota era kolonial yang biasanya ramai hampir sepi di sore hari karena 15 juta penduduknya melakukan apa yang mereka bisa untuk menghindari paparan sinar matahari.

Namun, kucing dan anjing yang cukup beruntung memiliki pemiliknya pun rentan jatuh sakit. Das mengatakan panas telah memicu lonjakan penyakit terkait dehidrasi pada hewan peliharaan di seluruh kota.

Guru Sriparna Bose mengatakan kedua kucingnya menjadi mudah lelah dan menarik diri dengan cara yang belum pernah dia lihat sebelumnya ketika gelombang panas melanda.

"Mereka menolak makanan," katanya. "Mereka bersembunyi di sudut ruangan yang gelap dan dingin dan tidak mau keluar."

Situasinya lebih buruk lagi karena 70.000 anjing liar yang diperkirakan oleh pemerintah kota hidup di jalan-jalan kota, tidak memiliki pemilik tetapi sering diberi makan dan dirawat oleh penduduk sekitar.

Banyak di antara mereka yang menghabiskan hari-harinya dengan berlindung dari sinar matahari di bawah mobil yang diparkir, sementara beberapa yang beruntung disemprot oleh manusia yang bersimpati untuk membantu mereka menenangkan diri.

"Mereka kesulitan untuk berdiri di atas kaki mereka yang empuk karena jalanan sangat panas," kata Gurshaan Kohli dari Humanimal Foundation, sebuah badan amal kesejahteraan hewan setempat untuk hewan-hewan liar.

"Puluhan anjing dan kucing telah mati, meskipun ia dan rekan-rekannya telah membawa mereka ke klinik untuk mendapatkan perawatan," tambahnya.

Sebagian besar wilayah Asia Selatan dan Tenggara sedang berjuang menghadapi gelombang panas yang telah memecahkan rekor suhu dan memaksa jutaan anak-anak untuk tinggal di rumah karena sekolah-sekolah di wilayah tersebut ditutup.

Para ahli mengatakan perubahan iklim membuat gelombang panas lebih sering terjadi, lebih lama dan lebih intens, sementara fenomena El Nino juga menyebabkan cuaca yang sangat hangat tahun ini.

Suhu panas telah berdampak buruk pada hewan di seluruh benua.

"Mereka makan lebih sedikit, dan enggan pindah," kata Henna Pekko dari Rescue PAWS, yang mengoperasikan tempat penampungan hewan di dekat ibu kota Thailand, Bangkok, kepada AFP.

Dengan suhu di Thailand yang melebihi 40 derajat Celcius selama seminggu terakhir, Pekko mengatakan badan amalnya telah membawa penyelamatnya ke laut untuk menenangkan diri dengan berenang sementara anjing-anjing tua dikurung di dalam rumah.

"Kami benar-benar mengambil tindakan pencegahan ekstra karena cuaca ini," katanya kepada AFP, seraya menambahkan bahwa tekanan pada hewan akibat panas adalah yang terburuk yang pernah ia alami di wilayah tersebut.

"Tahun lalu buruk. Tahun ini lebih buruk."


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Klinik Hewan di India Banjir 'Pasien', Binatang Peliharaan Mati Kena Heatstroke"