Hagia Sophia

22 May 2024

Ribuan Orang di Inggris Terinfeksi HIV dan Hepatitis Diduga Akibat Transfusi Darah

Heboh skandal transfusi darah yang membuat ribuan orang di Inggris terinfeksi HIV dan hepatitis C selama periode 1970-1980-an. (Foto: Getty Images/iStockphoto/atakan)

Baru-baru ini heboh skandal transfusi darah yang membuat ribuan orang di Inggris terinfeksi Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan hepatitis C selama periode 1970-1980-an. Otoritas Inggris diperkirakan harus membayar ganti rugi hingga 10 miliar poundsterling, atau sekitar 12,7 miliar dolar AS atau setara Rp200 triliun untuk ribuan orang yang terdampak skandal transfusi darah.

Skandal transfusi darah ini dianggap sebagai skandal paling mematikan yang menimpa Layanan Kesehatan Nasional (National Health Service) yang dikelola pemerintah Inggris sejak didirikan pada 1948. Sekitar 3 ribu orang diyakini telah meninggal akibat terinfeksi HIV dan hepatitis.

Laporan penyelidikan darah terinfeksi yang diterbitkan pada hari Senin itu mengkritik praktisi medis, pegawai negeri dan politisi, meskipun banyak yang telah meninggal seiring berjalannya waktu. Hal ini juga akan membuka jalan bagi rancangan undang-undang kompensasi yang sangat besar sehingga pemerintah Inggris akan berada di bawah tekanan untuk segera membayarnya.

Jika bukan karena para aktivis yang tak kenal lelah, yang banyak di antara mereka menyaksikan orang-orang tercinta meninggal dalam waktu beberapa dekade terlalu cepat, besarnya skandal ini mungkin akan tetap tersembunyi selamanya.

"Skandal ini telah menyelimuti seluruh hidup saya," kata Jason Evans, yang berusia 4 tahun ketika ayahnya meninggal pada usia 31 tahun pada tahun 1993 setelah tertular HIV dan hepatitis dari produk plasma darah yang terinfeksi, dikutip dari AP News.

"Ayah saya tahu dia sedang sekarat dan dia mengambil banyak video rumahan, yang saya dapatkan dan putar ulang berulang kali saat saya tumbuh dewasa karena hanya itulah yang saya miliki," tambahnya.

Evans berperan penting dalam keputusan Perdana Menteri Theresa May untuk melakukan penyelidikan pada tahun 2017. Dia mengatakan dia "tidak bisa membiarkannya begitu saja". Harapannya adalah pada hari Senin, dia dan banyak orang lainnya bisa melakukannya.

Kronologi Skandal Transfusi Darah di Inggris

Pada tahun 1970-an dan 1980-an, ribuan orang yang memerlukan transfusi darah, misalnya setelah melahirkan atau menjalani operasi, terpapar darah yang tercemar hepatitis, termasuk jenis infeksi hati yang belum diketahui yang kemudian dinamai hepatitis C, dan HIV.

Mereka yang mengidap hemofilia, suatu kondisi yang mempengaruhi kemampuan darah untuk membeku, menjadi terpapar pada pengobatan baru yang revolusioner yang berasal dari plasma darah.

Di Inggris, NHS, yang merawat sebagian besar orang, mulai menggunakan pengobatan baru ini pada awal tahun 1970an. Pengobatan ini disebut Faktor VIII. Obat ini lebih nyaman jika dibandingkan dengan pengobatan alternatif dan dijuluki sebagai obat ajaib.

Permintaan segera melampaui sumber pasokan dalam negeri, sehingga pejabat kesehatan mulai mengimpor Faktor VIII dari Amerika Serikat, yakni sebagian besar sumbangan plasma berasal dari narapidana dan pengguna narkoba yang dibayar untuk mendonorkan darahnya. Hal ini secara dramatis meningkatkan risiko kontaminasi plasma.

Faktor VIII dibuat dengan mencampurkan plasma dari ribuan donasi. Dalam pengumpulan ini, satu donor yang terinfeksi akan membahayakan seluruh kelompok.

Penyelidikan tersebut memperkirakan bahwa lebih dari 30.000 orang terinfeksi dari darah atau produk darah yang dikompromikan melalui transfusi atau Faktor VIII.

Pada pertengahan tahun 70an, terdapat bukti bahwa pengidap hemofilia yang diobati dengan Faktor VIII lebih rentan terhadap hepatitis. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yang telah memperingatkan pada tahun 1953 tentang risiko hepatitis yang terkait dengan pengumpulan produk plasma secara massal, mendesak negara-negara untuk tidak mengimpor plasma.

Acquired immunodeficiency syndrome (AIDS) pertama kali diketahui pada awal tahun 1980an di kalangan laki-laki yang tertarik pada sesama jenis. Namun setelah itu, kondisi tersebut mulai terdeteksi di kalangan pengidap hemofilia dan mereka yang menerima transfusi darah.

Meskipun HIV saat itu belum teridentifikasi sebagai penyebab AIDS sampai tahun 1983, peringatan telah disampaikan kepada pemerintah Inggris setahun sebelumnya bahwa agen penyebab dapat ditularkan melalui produk darah. Pemerintah berpendapat tidak ada bukti yang meyakinkan. Pasien tidak diberitahu tentang risikonya dan terus menggunakan pengobatan yang membahayakan mereka.

Penyelidikan tersebut mengatakan bahwa pelajaran yang diambil sejak tahun 1940an telah diabaikan.

Para aktivis berpendapat bahwa sejak tahun 1940an sudah jelas bahwa panas membunuh hepatitis pada produk plasma lainnya, Albumin. Mereka mengatakan pihak berwenang bisa saja membuat Factor VIII aman sebelum dijual.

Bukti yang diberikan pada penyelidikan menunjukkan bahwa keberatan utama pihak berwenang adalah masalah finansial. Faktor VIII yang tidak dipanaskan diresepkan oleh NHS hingga akhir tahun 1985.

Para penggiat berharap temuan inti dari penyelidikan ini adalah bahwa konsentrat Faktor VIII tidak boleh diizinkan untuk digunakan kecuali jika dipanaskan.

Pada akhir tahun 1980an, para korban dan keluarga mereka meminta kompensasi atas dasar kelalaian medis. Meskipun pemerintah mendirikan sebuah badan amal untuk memberikan pembayaran bantuan satu kali kepada mereka yang terinfeksi HIV pada awal tahun 1990an, pemerintah tidak mengakui kewajiban atau tanggung jawab.

Bahkan para korban ditekan untuk menandatangani surat pernyataan pelepasan agar tidak menuntut Departemen Kesehatan untuk mendapatkan bantuan berupa uang.

Yang terpenting, keringanan hukuman ini juga mencegah korban untuk menuntut karena hepatitis, meskipun pada tahap itu mereka hanya mengetahui tentang infeksi HIV yang mereka alami. Bertahun-tahun setelah penandatanganan, para korban diberitahu bahwa mereka juga telah terinfeksi hepatitis, terutama hepatitis C.

Tidak ada litigasi kelompok lebih lanjut sampai Evans, yang ibunya "hancur" setelah kematian ayahnya dan dijuluki "anak AIDS" di sekolah, mengajukan kasus yang menyatakan adanya penyimpangan dalam jabatan publik terhadap Departemen Kesehatan.

Dikombinasikan dengan tekanan politik dan media, May mengumumkan penyelidikan independen. Ia mengatakan, kejadian ini merupakan tragedi mengerikan yang seharusnya tidak pernah terjadi.

Hingga saat ini pemerintah Inggris telah menerima kasus kompensasi tersebut, dan sebagian besar memperkirakan tagihan akhir akan berjumlah 10 miliar pound ($12,7 miliar) atau atau setara Rp200 triliun. Pada bulan Oktober 2022, pihak berwenang memberikan pembayaran sementara sebesar 100.000 pound atau sekitar Rp2 miliar kepada setiap orang yang selamat dan pasangan yang berduka.

Pemerintah diharapkan mengumumkan pembayaran yang berbeda untuk berbagai infeksi dan juga membahas bagaimana dan kapan keluarga yang berduka dapat mengajukan pembayaran sementara atas nama harta warisan orang yang telah meninggal.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Heboh Skandal Transfusi Darah, Ribuan Orang di Inggris Terinfeksi HIV-Hepatitis"