Hagia Sophia

22 May 2024

Berbagai Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Nungning20)

Tak hanya menambah cita rasa makanan, bawang merah mentah juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Beragam kandungan nutrisi dalam bawang merah membuatnya sangat baik untuk kesehatan.

Bawang merah adalah salah satu jenis tanaman yang banyak dibudidayakan di Asia. Seperti halnya bawang putih, bawang merah sering digunakan sebagai bumbu dapur untuk menambah cita rasa dan aroma makanan.

Selain sebagai bumbu masak, bawang merah juga kerap dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Dikutip dari Healthline, berikut kandungan nutrisi per 100 gram bawang mentah:
  • Kalori: 75
  • Protein: 2,5 gram
  • Karbohidrat: 17 gram
  • Serat: 3 gram
  • Kalsium: 3 persen dari kebutuhan harian
  • Zat besi: 7 persen dari kebutuhan harian
  • Magnesium: 5 persen dari kebutuhan harian
  • Fosfor: 5 persen dari kebutuhan harian
  • Queen: 7 persen dari kebutuhan harian
  • Zinc: 4 persen dari kebutuhan harian
  • Folat: 9 persen dari kebutuhan harian
Lantas, apa saja manfaat makan bawang merah mentah untuk kesehatan? Dikutip dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

1. Mengatasi Alergi
Manfaat bawang merah mentah salah satunya dapat mengurangi gejala alergi. Bawang merah mengandung senyawa bernama quercetin yang dalat menghambat produksi histamin, zat peradangan yang memicu gejala alergi, seperti gatal, mata berair, dan pilek.

2. Mengontrol Kadar Gula Darah
Bawang merah juga diyakini berkhasiat dalam menjaga kadar gula darah. Sebuah studi menemukan suplementasi bawang merah dapat mengatasi resistensi insulin, sehingga membantu menurunkan kadar gula darah yang terlalu tinggi.

3. Menjaga Kesehatan Pembuluh Darah
Bawang merah mengandung zat bernama thiosulfinate yang dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah yang berbahaya.

Selain itu, bawang merah juga mengandung alisin yang dapat melepaskan nitrogen oksida yang dapat mengendurkan pembuluh darah, sehingga melancarkan sirkulask dan menurunkan tekanan darah.

4. Menjaga Kesehatan Jantung
Selain menurunkan tekanan darah, bawang merah juga diyakini dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan mencegah penumpukan lemak pada pembuluh darah.

Kombinasi manfaat tersebut membuat bawang merah baik dikonsumsi untuk memelihara kesehatan jantung.

5. Berpotensi Mencegah Kanker
Bawang merah termasuk makanan yang kaya akan antioksidan. Antioksidan dapat membantu menangkal efek radikal bebas yang merusak sel dan jaringan dalam tubuh.

Radikal bebas merupakan salah satu faktor yang dapat memicu penyakit kronis, termasuk kanker. Karenanya, bawang merah memiliki potensi untuk mencegah terjadinya penyakit tersebut.

6. Meredakan Demam dan Batuk
Bawang merah memiliki efek antimikroba, antifungal, dan antiviral. Hal ini membuat bawang merah mentah kerap dimanfaatkan sebagai obat alami untuk meredakan penyakit akibat infeksi, seperti demam, flu, radang tenggorokan, dan batuk.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "6 Manfaat Bawang Merah Mentah untuk Kesehatan, Sering Dijadikan Obat Alami"