Hagia Sophia

22 May 2024

Pria Ini Terlahir dengan 12 Jari, Ada yang Bisa Berputar 360 Derajat

Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/sruilk)

Seorang pria yang lahir dengan 12 jari baru-baru ini viral di media sosial. Dalam video yang ia bagikan ke Instagram, pria dari India bernama Karan Shetty itu menunjukkan cara menggunakan jari tambahannya di gym.

Adapun jari tambahannya itu tumbuh tepat di sebelah kelingkingnya. Dalam unggahannya yang ditonton 5,9 juta kali itu, Shetty memperlihatkan kelingking tambahannya bisa memutar sampai 360 derajat.

Ia bisa memutar jari tambahannya karena tidak ada sendinya walaupun ada bertulang. Shetty menjadi viral setelah memperlihatkan bagaimana kelingking ekstranya itu berguna selama latihannya di gym.

Pemilik akun Instagram Ordinary Gym Guy itu sebetulnya terlahir dengan 12 jari, namun jari keenam di tangan kanannya harus dipotong ketika ia masih kecil karena infeksi. Kini, Shetty hanya memiliki 11 jari. Pria berusia 26 tahun ini mengaitkan fenomena aneh tersebut dengan faktor genetiknya.


Shetty bukan orang pertama di keluarganya yang dilahirkan dengan beberapa jari tambahan. Selain kakek buyutnya, tiga nenek dan satu bibinya pun juga memilikinya.

"Pada generasi ini, sayalah yang memilikinya sekarang," kata Shetty yang juga seorang insinyur jaringan dari Mumbai, India, dikutip dari The Sun.

"Orang-orang di sekitar saya menganggapnya lucu dan lembut, mereka suka memegang dan bermain-main dengannya. Saya juga mengadakan pertunjukan sulap untuk anak-anak di bawah tujuh tahun karena itu adalah sesuatu yang tidak biasa bagi mereka," papar Karen.

Istilah medis untuk jari kelingking tambahan pada satu atau kedua tangan adalah 'ulnaris polidaktili' dan cukup umum, menurut Rumah Sakit Anak Great Ormond Street.

Penyakit ini biasanya diturunkan, dengan kemungkinan 50 persen terjadi jika diturunkan dalam keluarga. Namun fenomena tersebut juga bisa terjadi secara spontan.

Kadang-kadang jari tambahan terbentuk dengan baik, namun lebih umum memiliki pangkal atau tangkai yang sempit dan terkulai.

Hal ini dapat membuat jari berisiko terpelintir, yang dapat memutus suplai darah dan menimbulkan rasa sakit. Orang tua mempunyai pilihan untuk menghilangkan jari tambahan pada bayinya, biasanya dengan operasi singkat.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Terlahir dengan 12 Jari, Pria Ini Bisa Putar Jari Tambahannya Sampai 360 Derajat"