Hagia Sophia

30 June 2024

Beberapa Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Sarapan Pagi, Ada Kopi Manis

Foto: Ilustrasi iStock

Sarapan dianggap sebagai salah satu momen makan yang penting dalam keseharian. Memenuhi kebutuhan sarapan dapat membantu meningkatkan energi sebelum beraktivitas seharian.

Untuk menjaga tubuh tetap fit, pastikan menu sarapan yang dikonsumsi bernutrisi seimbang dan bergizi. Berikut ini adalah beberapa jenis menu sarapan yang sebaiknya dihindari dikutip dari Only My Health:

Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Sarapan

1. Sereal Tinggi Gula
Sereal kerap dijadikan salah satu menu andalan ketika sarapan. Walaupun simpel untuk dibuat, mengonsumsi sereal yang tinggi gula dapat mengakibatkan lonjakan energi namun dilanjutkan dengan penurunan yang cepat juga.

Jika ingin mengonsumsi sereal, pilihlah sereal gandum utuh dan rendah gula. Alternatif lain yang bisa dicoba seperti oatmeal juga cocok untuk sarapan.

2. Daging Olahan
Daging olahan seperti sosis dan nugget yang sederhana juga sering dijadikan menu sarapan. Menu makanan ini sering kali mengandung lemak jenuh dan natrium yang tinggi.

Asupan daging olahan yang terlalu banyak dapat meningkatkan risiko masalah kardiovaskular. Pilihlah sumber protein rendah lemak seperti telur, tahu, atau kacang-kacangan ketika sarapan.

3. Yoghurt Berperisa
Yoghurt berperisa seringkali mengandung gula tambahan dan perasa buatan dalam jumlah yang tinggi. Pilihlah greek yoghurt tanpa gula dan tambahkan potongan buah segar atau sedikit madu jika ingin menambahkan rasa manis.

4. Roti Putih
Roti putih atau kue-kuean mengandung banyak karbohidrat olahan yang dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah dengan cepat. Pilihlah roti gandum utuh sebagai alternatif sarapan yang lebih sehat.

5. Jus Tinggi Gula
Jus buah kemasan yang tersedia banyak mengandung gula tambahan dalam jumlah tinggi serta tanpa serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika ingin mengonsumsi jus, buatlah sendiri di rumah dengan buah segar dan tanpa gula tambahan.

6. Kopi Berpemanis
Kopi kerap menjadi salah satu sajian sarapan untuk mengawali hari. Kandungan kafein di dalamnya disebut menjadi salah satu rahasia ampuh untuk tetap terjaga ketika bekerja. Namun, rupanya masih ada banyak orang mengonsumsi kopi dengan gula tambahan yang berdampak kurang baik pada tubuh.

7. Selai
Menambahkan selai atau olesan coklat pada roti panggang untuk sarapan dapat menambahkan jumlah gula tidak perlu dalam menu. Pilihlah selai kacang alami, alpukat, atau hummus sebagai pengganti olesan roti panggang untuk menu sarapan.

Tips Sarapan Sehat

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa diterapkan agar sarapan yang dikonsumsi bisa lebih bernutrisi:
  • Sertakan makanan tinggi protein seperti telur.
  • Pilihlah makanan utuh untuk menjaga keseimbangan nutrisi.
  • Prioritaskan menu tinggi serat seperti buah, sayir, dan biji-bijian.
  • Tetap terhidrasi dengan menjaga asupan air putih.
  • Siapkan menu sarapan sehat dari malam hari sebelumnya agar lebih simpel.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "7 Asupan yang Sebaiknya Dihindari saat Sarapan, Termasuk Kopi Manis"