Hagia Sophia

03 June 2024

Teh Pilihan yang Bisa Dicoba untuk Turunkan BB dan Buang Lemak di Tubuh

Foto: Getty Images/MARINA BOGACHYOVA

Teh merupakan salah satu minuman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kandungan flavonoid dan katekin yang ada di dalamnya sangat bermanfaat, termasuk meluruhkan lemak di tubuh.

Beberapa penelitian menemukan bahwa teh dapat meningkatkan penurunan berat badan dan mengurangi lemak perut. Selain itu, teh juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.

Dikutip dari laman Healthline, berikut enam jenis teh terbaik untuk membantu menurunkan berat badan serta menghempaskan lemak di tubuh:

1. Teh hijau
Teh hijau adalah salah satu jenis teh yang paling terkenal dan dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan. Ini menjadi jenis teh paling efektif untuk menurunkan berat badan.

Ada bukti kuat yang menghubungkan teh hijau dengan penurunan berat badan dan lemak tubuh. Menurut sebuah review dari 11 penelitian, teh hijau dapat membantu mengurangi berat badan, indeks massa tubuh (BMI), dan lemak perut pada penderita diabetes tipe 2.

Selain itu, zat katekin yang merupakan antioksidan alami dalam teh hijau dapat membantu meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak. Sehingga menghasilkan penurunan berat badan.

Efek yang sama juga berlaku untuk matcha, jenis teh hijau bubuk dengan konsentrasi tinggi yang mengandung bahan bermanfaat yang sama seperti teh hijau biasa.

2. Teh hitam
Teh hitam merupakan jenis teh yang mengalami oksidasi lebih banyak dibandingkan jenis lainnya. Oksidasi adalah reaksi kimia yang terjadi saat daun teh terkena udara, sehingga terjadi pencoklatan.

Beberapa penelitian menemukan bahwa teh hitam efektif dalam mengendalikan berat badan. Sebuah penelitian pada tahun 2014 terhadap 111 orang menemukan, bahwa minum 3 cangkir teh hitam bubuk setiap hari selama 3 bulan secara signifikan meningkatkan penurunan berat badan dan mengurangi lingkar pinggang.

Ini lebih efektif jika dibandingkan dengan meminum minuman kontrol yang mengandung kafein.

Beberapa orang berteori bahwa potensi efek penurunan berat badan dari teh hitam mungkin karena kandungan polifenol dan flavonoid yang tinggi. Zat yang bersifat antioksidan itu dipercaya mampu menurunkan berat badan, mengurangi penyerapan kalori, meningkatkan metabolisme lemak, dan mengurangi stres oksidatif.

3. Teh oolong
Teh oolong merupakan teh tradisional China yang telah teroksidasi sebagian. Minuman ini sering digambarkan memiliki aroma buah, wangi, dan rasa yang unik yang tergantung pada tingkat oksidasinya.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh oolong dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan, dengan meningkatkan pembakaran lemak dan mempercepat metabolisme.

Dalam sebuah penelitian sebelumnya, 102 orang yang obesitas meminum teh oolong setiap hari selama 6 minggu. Hasilnya, itu membantu mengurangi berat badan dan lemak tubuh mereka.

Studi lain juga menunjukkan bahwa minum teh oolong dua kali sehari selama 14 hari meningkatkan pembakaran lemak sebesar 20 persen, yang secara teoritis dapat menyebabkan penurunan berat badan.

4. Teh putih
Teh putih merupakan jenis teh yang minim pengolahan dan dipanen saat tanaman teh masih muda. Teh ini memiliki rasa khas yang sangat berbeda, halus, lembut, dan sedikit manis.

Manfaat teh putih ini dapat meningkatkan kesehatan mulut hingga membunuh sel kanker. Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan, teh putih juga dapat membantu menurunkan berat badan dan lemak tubuh.

Studi menunjukkan bahwa teh putih kaya akan katekin, yang dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan.

5. Teh herbal
Teh satu ini merupakan minuman yang ditambah dengan herbal, rempah-rempah, dan buah-buahan ke dalam air panas.

Teh ini berbeda dengan teh tradisional karena biasanya tidak mengandung kafein, dan tidak dibuat dari daun Camellia sinensis. Varietas teh herbal yang populer termasuk teh rooibos, teh jahe, teh rosehip, dan teh kembang sepatu.

Meskipun bahan dan formulasi teh herbal sangat bervariasi, beberapa penelitian menemukan bahwa teh herbal dapat membantu penurunan berat badan dan penurunan lemak.

Sebuah penelitian pada hewan menemukan bahwa teh kembang sepatu dosis tinggi mengurangi BMI dan dapat melindungi terhadap obesitas dan stres oksidatif pada tikus yang diberi diet tinggi gula.

Teh Rooibos adalah jenis teh herbal lain yang mungkin sangat efektif untuk membakar lemak.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Pilihan Teh yang Bisa Dicoba untuk Bantu Hempaskan Perut Buncit"