Hagia Sophia

11 July 2024

Singapura Ijinkan Warganya Konsumsi 16 Jenis Serangga

Singapura mengizinkan konsumsi 16 serangga. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Marina Denisenko)

Badan Pengawas Pangan Singapura atau Singapore Food Agency (SFA) membolehkan warganya mengonsumsi 16 jenis serangga. Pengumuman itu disampaikan Senin (8/7/2024).

Beberapa di antaranya termasuk jangkrik, belalang, belalang, ulat bambu, dan ulat sutera.

Bagi para pelaku industri di Singapura, yang telah bersiap menyambut momen ini dengan bereksperimen dan mengembangkan resep produk baru berbahan dasar serangga, persetujuan tersebut merupakan hal yang sudah lama ditunggu-tunggu.

SFA sebetulnya sudah melakukan konsultasi publik soal perizinan 16 spesies serangga untuk dikonsumsi pada 2022.

Serangga disebut oleh Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) sebagai alternatif daging yang lebih berkelanjutan, karena dinilai memiliki kandungan protein tinggi dan menghasilkan emisi gas rumah kaca yang lebih rendah saat dibudidayakan.

Pada April 2023, SFA menyatakan akan memberikan lampu hijau bagi spesies tersebut untuk dikonsumsi di paruh kedua 2023. Batas waktu tersebut kemudian diundur menjadi paruh pertama tahun 2024.

Francis Ng, Kepala Eksekutif Restoran House of Seafood, menyiapkan menu yang terdiri dari 30 hidangan yang mengandung serangga untuk memberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan.

Dari 16 spesies yang disetujui, restoran tersebut akan menambahkan super worm, jangkrik, dan kepompong ulat sutera ke dalam beberapa hidangan makanan lautnya, seperti kepiting telur asin.

Sebelum persetujuan tersebut, restoran telah menerima lima hingga enam panggilan setiap hari yang menanyakan tentang hidangan berbahan dasar serangga, kata Ng.

Diburu Milenial hingga Gen Z

"Banyak pelanggan kami, terutama anak muda yang berusia di bawah 30 tahun, yang sangat berani. Mereka ingin bisa melihat keseluruhan serangga di piring," tambahnya.

Ia mengantisipasi bahwa penjualan hidangan berbahan dasar serangga akan meningkatkan pendapatannya sekitar 30 persen. Javier Yip, pendiri perusahaan logistik Declarators, telah mendirikan bisnis lain dan mendapatkan izin untuk mengimpor serangga dari peternakan di Tiongkok, Thailand, dan Vietnam untuk dijual di Singapura.

Ia akan menjual berbagai macam jajanan serangga dengan merek InsectYumz. Beberapa jenis jajanan serangga akan tersedia sebagai permulaan, termasuk jangkrik dan ulat bambu asli dan rasa tom yum. Ada juga bubuk jangkrik yang merupakan bubuk protein.

Barang-barang ini akan segera terdaftar di situsnya dan situs e-commerce lainnya, serta supermarket dan restoran, tambahnya.

Apa Saja Sih 16 Serangga yang Boleh Dimakan?
  1. Jangkrik
  2. Jangkrik rumah
  3. Jangkrik berpita
  4. Jangkrik berbintik dua
  5. Belalang
  6. Belalang migrasi Afrika
  7. Belalang gurun Amerika
  8. Superworm
  9. Mealworm
  10. Mealworm kecil
  11. Ngengat lilin besar
  12. Ngengat lilin kecil
  13. Ngengat sutera
  14. Kutu putih
  15. Belatung kumbang badak raksasa
  16. Lebah madu barat


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "BPOM Singapura Resmi Bolehkan Warganya Konsumsi 16 Serangga, Ini Daftarnya"