Hagia Sophia

13 July 2024

Tips Ampuh untuk Atasi Flek Hitam Akibat Bekas Jerawat

Foto: Getty Images/iStockphoto/miya227

Masalah warna kulit yang tidak merata dan flek hitam bisa muncul akibat paparan sinar matahari. Menurut penelitian, sekitar satu dari dua orang pasti mengalami masalah munculnya flek hitam yang bisa mengganggu penampilan.

"Orang awam menyebutnya flek, yaitu apapun di permukaan kulit yang nggak rata seperti bercak kecokelatan. Tapi dalam dunia medis kita tidak mengenak ini (flek), kita menyebutnya hiperpigmentasi," sebut dr Listya Paramita SpDVE, FINSDV dermatologis yang hadir dalam peluncuran La Roche-Posay MELA B3 Serum di Jakarta, Selasa (9/7/2024).

Kondisi kulit hiperpigmentasi bisa dialami oleh semua orang, terutama mereka yang tinggal di daerah tropis dan sering terpapar sinar matahari, mengakibatkan timbulnya bintik hitam pada kulit. Flek hitam atau hiperpigmentasi ini juga bisa terjadi karena inflamasi pada kulit yang menimbulkan bekas jerawat atau bekas luka.

dr Mita mengatakan banyak orang yang beranggapan bahwa hiperpigmentasi masalah kulit yang biasa-biasa saja, padahal jika tidak ditangani dengan tepat, dalam jangka panjang kondisi kulit hiperpigmentasi dapat mengganggu kualitas hidup pasien sehari-hari.

Cara mengatasi hiperpigmentasi pada wajah salah satunya dengan rutin menggunakan serum yang mengandung niacinamide atau melasyl. Bahan aktif ini berfungsi menargetkan warna kulit yang tidak merata dan menjaga warna kulit alami secara menyeluruh.

"Pastikan juga selalu menyertakan pemakaian sunscreen dalam rutinitas tersebut untuk perlindungan kulit wajah," tandasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Flek Hitam karena Bekas Jerawat Bikin Nggak PD, Begini Cara Ampuh Mengatasinya"