Hagia Sophia

30 July 2024

Tips dari Nenek 115 Tahun Bisa Miliki Umur Panjang

Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/sezer66)

Seorang wanita di Amerika Serikat bernama Elizabeth Francis merayakan ulang tahunnya yang ke-115 pada Februari 2024. Dirinya mendapatkan plakat dari LongeviQuest, sebuah organisasi yang mendata orang-orang tertua di dunia.

Elizabeth lahir pada 1909 di Louisiana dan saat ini tinggal bersama putri satu-satunya, Dorothy Williams (95). Keduanya dirawat oleh sang cucu, Ethel Harrison dan seorang pengasung.

"Dia (Elizabeth) terkejut saat mendengar bahwa dirinya saat ini adalah yang tertua (di AS). Dia bahkan tidak dapat memercayainya," ujar Harrison dikutip dari Independent UK.

"Saya bertanya padanya suatu malam bagaimana perasaannya saat menginjak usia 115 tahun dan dia tersenyum dan berkata, 'Saya hanya berterima kasih kepada Tuhan karena saya ada di sini,'" sambungnya.

Sang cucu bercerita bahwa Elizabeth ternyata memiliki kebiasaan-kebiasaan positif yang secara tidak langsung dapat membawanya pada umurnya saat ini. Bahkan kebiasaan tersebut mudah ditiru oleh orang lain. Apa saja? Simak penjelasannya.

1. Dekat dengan Keluarga
Kedekatannya dengan keluarga membuat Elizabeth selalu tidak merasa kesepian. Bersama Williams, sang putri, keduanya selalu bersama-sama dalam melakukan aktivitas sehari-hari, salah satunya menonton televisi.

"Mereka menikmati duduk bersebelahan untuk tertawa dan menonton episode lama 'Good Times' dan 'The Jeffersons' di televisi," kata Harrison.

Kedekatan keduanya telah dipupuk sedari lama. Pada usia 11 tahun, setelah kematian ibunya, Elizabeth dan kelima saudaranya harus berpisah dan dikirim untuk tinggal di rumah saudara-saudara mereka.

"Dia bilang dia tidak perlu mengeluh, dan seluruh keluarga kami merasakan hal yang sama," kata Harrison.

2. Berani Mengungkapkan Pikiran
Elizabeth memberikan nasihat kepada orang-orang di seluruh dunia bahwa keberanian mengekspresikan diri bisa menjadi langkah untuk menjaga kondisi mental dan emosional. Hal ini berhubungan dengan upaya untuk mengurangi stres.

"Ungkapkan pikiranmu dan jangan menahan lidahmu," ujar Elizabeth.

Di sisi lain, Elizabeth juga dikenal sebagai sosok yang selalu optimis dan tidak suka untuk mengeluhkan hal-hal yang menimpa dirinya. Hal ini juga berperan terhadap kehidupannya yang lebih panjang dan sehat.

3. Tetap Aktif
Elizabeth tidak pernah belajar mengemudi, jadi dia berjalan kaki atau naik bus ke manapun. Kebiasaan aktif ini menjadi faktor yang ikut berkontribusi pada umur panjangnya.

Diketahui, aktivitas fisik yang teratur dapat menurunkan risiko penyakit kronis, meningkatkan kesehatan mental, dan meningkatkan harapan hidup.

Meskipun di usianya yang sudah lebih dari 100 tahun. Elizabeth tetap terlibat aktif secara mental meskipun fisiknya sudah mulai menurun. Bersama sang putri dirinya rutin menonton acara televisi lama seperti 'Good Times', 'The Jeffersons', dan 'The Price Right.

"Mereka berdua merasa beruntung dan diberkati bisa bersama di usia lanjut," ujar Harrison.

4. Hidup Sederhana dan Penuh Rasa Syukur
Elizabeth diketahui menjalani kehidupan yang sederhana. Selama 20 tahun dirinya mengelola kedai kopi ABC 13 News di Houston. Selama dua dekade dirinya terus menjalani aktivitas yang serupa dengan rasa syukur.

"Setiap tahun saya harus memesan kue ulang tahun lagi untuk nenek saya adalah momen yang patut dirayakan karena mengetahui dia masih bersama kami," kata Harrison.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Nenek 115 Tahun di AS Berbagi Tips Panjang Umur, Ternyata Mudah Ditiru"