Hagia Sophia

02 August 2024

Berapakah Kadar Gula Darah Normal Usai 2 Jam Makan?

Ilustrasi. (Foto: shutterstock)

Kadar gula darah dapat berubah dari waktu ke waktu. Biasanya, hal ini disebabkan oleh aktivitas yang kita lakukan sehari-hari, salah satunya makan.

Saat seseorang makan, kadar gula dalam darahnya akan meningkat. Hal ini sebenarnya wajar, selama peningkatan gula darah tidak melewati batas normal.

Pertanyaannya, berapa sih kadar gula darah setelah makan yang masih dikategorikan normal?

Dikutip dari Healthline, peningkatan gula darah setelah makan ini dikenal juga dengan istilah postprandial hyperglycemia. Ketika seseorang makan, tubuh akan memproses makanan menjadi glukosa untuk kemudian digunakan sebagai sumber energi.

Biasanya, peningkatan gula darah ini berlangsung selama satu hingga dua jam setelah makan. Kemudian, kadar gula darah akan berangsur-angsur kembali normal.

Kadar gula darah setelah makan yang normal pada setiap orang berbeda-beda. Bagi orang dewasa normal atau yang tidak memiliki diabetes, kadar gula darah setelah makan yang normal adalah di bawah 140 miligram/desiliter (mg/dL).

Sedangkan pada orang dewasa dengan diabetes, gula darah normal setelah makan adalah kurang dari 180 mg/dL.

Kadar gula darah normal setelah makan juga dapat dipengaruhi oleh sejumlah faktor lain, seperti kehamilan dan usia. Pada ibu hamil, gula darah 2 jam setelah makan yang normal adalah di bawah 120 mg/dL.

Meski tidak ada angka yang spesifik, kadar gula darah setelah makan yang normal pada anak-anak dan remaja umumnya kurang dari 180 mg/dL.

Cara Mengatasi Kenaikan Gula Darah Setelah Makan

Lantas, bagaimana cara agar kenaikan gula darah setelah makan tetap terkendali dan tidak melewati batas?

Jenis makanan yang dikonsumsi biasanya memengaruhi seberapa besar peningkatan gula darah setelah makan. Makanan yang mengandung karbohidrat dan gula biasanya memberikan dampak paling besar terhadap kenaikan gula darah. Karenanya, membatasi makanan tersebut saat makan dapat mencegah lonjakan gula darah yang terlalu drastis.

Selain itu, kenaikan gula darah yang melewati batas juga dapat dicegah dengan memperbanyak asupan protein dan serat saat makan. Selain dapat menekan nafsu makan, makanan-makanan tersebut dapat memperlambat penyerapan karbohidrat dan gula di sistem pencernaan, sehingga membantu menurunkan kadar gula darah.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kadar Gula Darah Normal 2 Jam Setelah Makan Ada di Angka Berapa? Ini Penjelasannya"