Hagia Sophia

31 August 2024

Kasus Baru Mpox di Indonesia: 14 Suspek, 9 Negatif

Ilustrasi Mpox. (Foto: Getty Images/JUN LI)

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut Indonesia menemukan sedikitnya 14 kasus suspek dalam pemantauan tiga hingga empat pekan terakhir. Dari total tersebut, sembilan di antaranya dinyatakan negatif.

"Ada 5 kasus yang sedang dalam proses," tegas Menkes saat ditemui di kantor DPR RI, Kamis (29/8/2024) seraya menekankan pemeriksaan di laboratorium masih dilakukan.

"Diproses di laboratorium untuk melihat apakah hasil PCR-nya dia terkonfirmasi atau nggak," lanjut Budi.

Dengan begitu, sejauh ini belum ada tambahan konfirmasi kasus Mpox sejak 2022. Secara kumulatif tercatat 88 kasus mpox di Indonesia dengan 87 di antaranya dinyatakan sembuh. Hanya satu kasus yang terdapat di luar pulau Jawa yakni Riau.

Budi menyebut penularan kasus Mpox 90 persen terjadi melalui kontak fisik. "Sama seperti HIV, itu yang membuat penyebarannya tidak secepat seperti COVID-19," tandas dia.

Pemerintah juga meningkatkan pengetatan pelancong dari luar negeri di tengah kemungkinan penyebaran Mpox varian Clade Ib yang memiliki tingkat fatalitas tinggi yakni di atas 10 persen. Sementara varian Clade IIb memiliki fatalitas 'hanya' di bawah satu persen.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "RI Catat 14 Kasus Baru Suspek Mpox, 9 Negatif"