Hagia Sophia

08 August 2024

Kemenkes Pantau Nelayan yang Tewas Misterius di Merak

Foto: dok. istimewa

Ramai laporan enam jasad nelayan kapal motor (KM) Sri Mariana di perairan Merak, dievakuasi petugas berbaju hazmat, lantaran pemicu meninggalnya masih misterius alias belum diketahui pasti. Ada tujuh orang kontak erat, dilaporkan ikut jatuh sakit dan membutuhkan perawatan intensif di RS.

Salah satunya disebut dalam kondisi kritis. Juru bicara Kementerian Kesehatan RI Mohammad Syahril menyebut hasil pemeriksaan sampel dari kasus kematian misterius baru akan keluar beberapa hari ke depan.

"Hasil laboratorium akan didapatkan dalam seminggu," terangnya saat dihubungi detikcom, Selasa (5/7/2024).

Pasien yang dirawat disebut Syahril mengeluhkan gejala umum seperti berikut:
  • Lemas
  • Nyeri pada otot betis
  • Rasa tidak nyaman saat bernapas
  • Sesak napas
"Di luar itu tidak ada demam, pasien juga mengaku tidak merasakan keluhan gastrointestinal, tetapi rata-rata ada keluhan skelera ikterik," sambung dia.

Kemenkes memastikan akan terus mengawal kemungkinan pemicu penyakit di balik tewasnya 6 nelayan dengan rata-rata rentang usia dewasa muda, yakni 22 hingga 34 tahun.

"Kalau ada kematian di kapal yang belum diketahui penyebabnya. Tugas Kemenkes RI menjaga pintu masuk baik di darat, laut, dan udara, dari potensi penyakit. Jadi ini bagian protap dan kasus memang harus dilakukan isolasi atau karantina sampai diketahui penyebab pasti," pungkasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kemenkes Periksa Sampel 6 Nelayan Tewas Misterius di Merak"