Hagia Sophia

05 August 2024

Makanan yang Bisa Bantu Kurangi Bengkak Ibu Hamil

Ilustrasi 10 makanan yang bisa mengurangi kaki bengkak pada ibu hamil. Foto: Getty Images/iStockphoto/Antonio_Diaz

Pembengkakan di area kaki selama kehamilan termasuk hal yang normal terjadi. Kondisi yang disebut edema ini bisa juga ibu hamil alami di tangan maupun wajah.

Dilansir Mayo Clinic, kaki bengkak saat hamil disebabkan sejumlah faktor, antara lain tubuh yang menyimpan lebih banyak cairan serta rahim yang membesar menekan pembuluh vena sehingga memperlambat aliran darah dan menyebabkan retensi cairan di kaki.

Bengkak kaki pada ibu hamil umumnya tidak menimbulkan nyeri, namun hal itu cukup membuat ibu hamil tidak nyaman. Kondisi pembengkakan ini bisa lho diatasi dengan mengkonsumsi makanan tinggi kalium. Simak daftar makanannya di bawah ini.

10 Makanan untuk Mengatasi Kaki Bengkak saat Hamil

Kaki bengkak saat hamil dapat diatasi dengan konsumsi makanan kaya kalium. Mineral ini bantu tubuh menyeimbangkan jumlah cairan. Namun sayangnya, kalium tidak diproduksi oleh tubuh sehingga perlu mendapatkannya dari makanan. Mengutip Healthline, berikut beberapa makanan tinggi kalium:

1. Pisang
Pisang dikenal luas sebagai buah kaya kalium. Satu pisang sedang (118 g) mengandung 451 mg kalium. Di samping itu, buah ini tinggi vitamin C, serat, dan magnesium. Pisang banyak dipilih karena dianggap buah yang terbilang mudah dikonsumsi.

2. Kentang
Kalium dalam jumlah tinggi ditemukan dalam kentang. Satu kentang kecil (125 g) memiliki 410 mg mineral penting ini. Ibu hamil bisa lho memakan kentang sebagai pengganti nasi atau pengganjal perut keroncongan.

3. Ubi
Siapa sangka ternyata ubi mengandung kalium yang banyak pula? Jenis umbi-umbian ini menawarkan 347 mg kalium. Terlebih, ubi termasuk sumber karbohidrat kompleks dan serat yang membuat kenyang. Kandungan vitamin A di dalamnya juga terbilang tinggi lho.

4. Bayam
Sayuran murah meriah seperti bayam bisa ibu hamil pilih untuk bantu mengurangi kaki bengkak. Di dalamnya menyediakan 466 mg kalium. Bayam juga kaya akan vitamin A dan K, folat, serta magnesium. Sayuran berdaun hijau ini dapat diolah menjadi sayur bening atau cukup direbus sebagai lalapan.

5. Bit
Dua buah bit seberat 100 gram menyimpan sekitar 305 mg kalium. Selain itu, bit merupakan sumber salah satu nutrisi penting yang baik untuk ibu hamil yaitu folat. Buah ini bisa dinikmati sebagai jus, direbus, atau ditambahkan ke salad.

6. Alpukat
Setengah bagian alpukat mengandung 345 mg kalium. Buah ini juga kaya akan lemak sehat, vitamin K, dan folat. Alpukat termasuk buah yang dapat dinikmati dengan banyak cara. Bisa dijadikan jus, dibuat smoothie, dimakan bersama roti panggang dan telur, atau menyantap potongannya secara langsung.

7. Semangka
Buah menyegarkan seperti semangka tidak hanya tinggi kandungan air. Siapa sangka, di dalam dua iris semangka memuat sekitar 640 mg kalium lho. Buah berdaging merah ini juga merupakan sumber magnesium serta vitamin A dan C yang baik.

8. Delima
Delima termasuk buah yang tinggi kalium. Di dalam satu delima utuh (282 g) menyediakan 666 mg kalium. Buah berwarna merah ini mengandung pula folat, vitamin C dan K. Nutrisi protein yang disimpannya juga tergolong besar sekitar 4,7 g.

9. Kacang-kacangan
Kacang kedelai, kacang tanah, dan kacang Arab kaya akan kalium yang dapat atasi kaki bengkak saat hamil. Secara berurutan, aneka kacang ini menyediakan 515 mg, 744 mg, dan 291 mg kalium dalam 100 g jumlahnya. Kacang-kacangan juga merupakan sumber protein dan serat yang baik lho.

10. Ikan
Ikan kakap dan makarel menyediakan 400 mg kalium. Ikan berlemak seperti tuna dan salmon juga menawarkan kalium sejumlah 522 mg dan 628 mg dalam ukuran 100 gramnya.

Selain itu, seafood seperti ikan memang dikenal sebagai sumber protein yang baik. Bahkan ikan tuna dan salmon juga kaya akan asam lemak esensial omega-3 yang berperan penting untuk bayi dalam kandung.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "10 Makanan untuk Kurangi Kaki Bengkak Ibu Hamil, Pilih yang Tinggi Kalium"