Hagia Sophia

10 September 2024

Alami Masalah, Boeing Starliner Kembali ke Bumi Tanpa Astronaut ISS

Boeing Starliner balik ke Bumi. Foto: Boeing

Wahana antariksa Starliner milik Boeing telah kembali ke Bumi. Akan tetapi dua astronot yang seharusnya dibawanya masih tertinggal di Stasiun Luar Angkasa Internasional atau ISS karena seperti diberitakan, Starliner mengalami masalah.

Wahana kosong itu melakukan perjalanan di mode otonom setelah lepas landas dari ISS. Kapsul itu, yang mengalami masalah teknis setelah diluncurkan dengan astronaut Butch Wilmore dan Suni Williams dari NASA di dalamnya, dianggap terlalu berisiko untuk membawa pulang mereka.

Dikutip detikINET dari BBC, mereka rencananya akan kembali dengan SpaceX Crew Dragon tahun depan, sehingga memperpanjang masa tinggal delapan hari di ISS menjadi delapan bulan.

Penerbangan kembali Starliner berlangsung enam jam. Setelah memasuki kembali atmosfer Bumi, parasut digunakan untuk memperlambat penurunannya di White Sands Space Harbor di New Mexico pada hari Sabtu pukul 23:01 waktu setempat.

NASA mengatakan sebelumnya Butch dan Suni dalam keadaan baik dan berhubungan teratur dengan keluarga mereka. Starliner dirundung berbagai masalah segera setelah lepas landas dari Cape Canaveral di Florida pada 5 Juni. Kapsul tersebut mengalami kebocoran helium dan beberapa pendorongnya tidak bekerja dengan baik.

Stich mengakui ada ketegangan antara Boeing dan NASA, dengan Boeing berargumen bahwa pesawat ruang angkasa mereka dapat kembali dengan aman bersama astronaut. Tapi NASA berpandangan berbeda.

Rencananya, SpaceX meluncurkan kapsulnya pada akhir September. Kapasitasnya empat astronot dan ada dua astronaut yang akan ke ISS dari Bumi. Ini memberi ruang bagi Butch dan Suni untuk bergabung dengan mereka saat kembali ke Bumi pada Februari mendatang.

Dana Weigel, manajer ISS, mengatakan bahwa para astronot beradaptasi dengan baik dengan misi panjang mereka. Misi pasokan ulang pada bulan Juli telah mengirimkan barang-barang yang mereka minta.

"Dan kami memiliki kendaraan kargo lain yang akan segera tiba, jadi kami akan mengirimkan apa pun yang mereka butuhkan untuk separuh bagian akhir misi mereka pada penerbangan itu," katanya.


























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Boeing Starliner Balik ke Bumi Tanpa Astronaut yang Terjebak di ISS"