Hagia Sophia

29 September 2024

Kaget Seperti Ini Bisa Jadi Indikasi Penyakit Jantung

Ilustrasi. (Foto: Getty Images/Eoneren)

Hampir setiap orang pasti pernah mengalami rasa kaget dalam hidupnya. Perasaan ini dapat dipicu oleh berbagai hal, mulai dari menerima kejutan yang tak terduga, melihat sesuatu yang tidak sesuai ekspektasi, hingga dikejutkan oleh teman secara tiba-tiba. Kaget biasanya adalah bentuk respons alami tubuh terhadap situasi tak terduga dan mempercepat detak jantung.

Namun yang sering tak disadari banyak orang adalah rasa kaget yang terjadi berulang kali dan berlebihan bisa menjadi indikasi adanya masalah pada jantung. Menurut Dr dr Antonia Anna Lukito, SpJP(K), FIHA, spesialis jantung dan pembuluh darah, sering merasa kaget dapat menjadi gejala kondisi yang disebut inappropriate sinus tachycardia (IST).

"Tergantung, bisa iya, bisa tidak (terkena penyakit jantung). Ada orang kagetan begitu dikagetin dikit, langsung tensinya mencelat," jelas dr Antonia kepada wartawan, saat ditemui di Siloam Hospitals Lippo Village, Tangerang, Kamis (26/9/2024).

"Ada yang namanya inappropriate sinus tachycardia. Jadi dia nggak ada apa-apa, nadinya cepat, tapi normal, cuma cepet nadinya aja," tambahnya.

Dikutip dari laman Cedars Sinai, inappropriate sinus tachycardia (IST) adalah gangguan ritme jantung (aritmia) ketika jantung berdetak sangat cepat tanpa pemicu yang jelas. Biasanya, jantung bisa berdetak lebih cepat karena alasan normal, seperti demam, aktivitas fisik, atau stres. Namun, pada IST, peningkatan denyut jantung terjadi tanpa sebab yang diketahui.

Dalam beberapa kasus, denyut jantung dapat meningkat karena pemicu, tetapi tetap lebih cepat dari yang seharusnya. Jika ritme jantung terlalu cepat, jantung mungkin tidak sempat terisi penuh di antara detaknya, sehingga darah yang dipompa ke seluruh tubuh mungkin tidak optimal.

Jika sering merasa kaget tanpa alasan yang jelas atau mengalami detak jantung yang tidak teratur, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Mendeteksi masalah seperti IST sejak dini bisa membantu mencegah komplikasi kesehatan yang lebih serius.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Sering Kagetan Tanda Penyakit Jantung? Ini Faktanya Menurut Dokter Kardiologi"