Hagia Sophia

19 May 2024

Arkeolog Mesir Temukan Struktur Misterius Dekat Piramida Giza Mesir

Piramida Giza. Foto: DW (News)

Dengan teknologi penginderaan dalam, arkeolog di Mesir menemukan struktur misterius berbentuk huruf L, yang berada di bawah tanah pemakaman di dekat Piramida Giza. Mereka masih kebingungan untuk menentukan apa sebenarnya struktur itu.

Pemakaman bersangkutan dulu digunakan untuk mengubur anggota kerajaan dan pejabat tinggi. Banyak di antaranya memiliki batu persegi panjang yang menyembul ke atas permukaan, dinamakan mastabas.

Nah, ada area di tengah pemakaman yang tidak ada struktur semacam itu. Untuk menelitinya, tim ilmuwan menggunakan teknik yang disebut electrical resistivity tomography (ERT) yang dipancarkan ke bawah tanah dan ground penetrating radar (GPR).

Dikutip detikINET dari Live Science, Sabtu (18/5/2025) tim menemukan anomali sekitar 2 meter di bawah tanah. Dipublikasikan di jurnal Archeological Prospection, struktur itu berbentuk L dan setidaknya sepanjang 10 meter. Sepertinya, struktur itu diisi pasir.

Saat ini, penggalian untuk menentukan apa sebenarnya struktur itu sedang dilakukan. Profesor dari Tohuku Unoversity, Motoyuki Sato, yang memimpin studi ini, meyakini struktur tersebut bukan fenomena alam lantaran wujudnya yang tajam.

Peter Der Manuelian, profesor Egyptology di Universitas Harvard yang tidak terlibat dalam penelitian ini, mengatakan bahwa lokasi itu adalah area yang menarik, yang belum banyak dieksplorasi karena tidak adanya bangunan di atasnya.

Memang ada kapel persembahan berbentuk L di Giza, tapi biasanya lokasinya berada di atas tanah. "Saya belum yakin apa yang diwakili oleh anomali ini, namun hal ini jelas layak untuk dieksplorasi lebih lanjut," katanya.

Pekerjaan penginderaan jarak jauh dilakukan antara tahun 2021 dan 2023 oleh tim gabungan ilmuwan dari Universitas Internasional Higashi Nippon, Universitas Tohoku, dan Institut Penelitian Nasional Astronomi dan Geofisika Mesir.


























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Misteri Bangunan Aneh Ditemukan Dekat Piramida Mesir"