Hagia Sophia

19 May 2024

Bundesliga: Borussia Dortmund Tundukan Darmstadt 4-0

Foto: Bernd Thissen/dpa via AP

Borussia Dortmund menggasak Darmstadt di pekan terakhir Bundesliga 2023/2024. Die Borussen menang 4-0.

Pekan terakhir Bundesliga digelar serentak pada Sabtu (18/5/2024). Dortmund menutup musim dengan menjamu Darmstadt di Signal Iduna Park.

Dortmund, yang juga finalis Liga Champions musim ini, tampil apik sejak awal. Dua gol bisa dicetak pada babak pertama.

mengancam di menit ke-7 leawt Marco Reus melepaskan tendangan bebas langsung ke gawang, namun bolanya masih melenceng. Reus nyaris membuat gol empat menit berselang, namun sepakannya digagalkan tiang gawang.

Di menit ke-29, peluang Marcel Sabitzer juga digagalkan tiang gawang. Namun, Ian Maatsen bisa memanfaatkannya menjadi gol.

Usai sepakan Sabitzer kena tiang, bola muntah mendarat di kaki Maatsen. Kerja sama dengan Reus, Maatsen kemudian melepaskan shot kaki kiri dari luar kotak, dan mengiim bola masuk ke gawang Darmstadt. Skor 1-0 untuk keunggulan Borussia Dortmund.

Keunggulan Dortmund bertambah delapan menit berselang. Reus mencatatkan namanya di papan skor, lewat gol tendangan bebas cantik yang langsung masuk ke gawang. Skor 2-0 bertahan sampai jeda.

Di babak kedua, Dortmund masih memegang kendali permainan. Namun, Darmstadt juga bisa menyerang sesekali. Setelah jual beli serangan, Dortmund bisa menghadirkan gol ketiga.

Julian Brandt memanfaatkan umpan apik Sancho ke kotak penalti, dan meneruskannya menjadi gol lewat sepakan kaki kiri. Skor menjadi 3-0 pada menit ke-72.

Dortmund kemudian memastikan kemenangannya pada menit ke-88. Donyell Malen, yang baru masuk di babak kedua. Golnya di menit ke-88 memastikan kemenangan 4-0.

Hasil ini membuat Dortmund menuntaskan musim dengan raihan 63 poin dari 34 laga. Dortmund finis di peringkat lima dan mengamankan tiket Liga Champions, mengingat Jerman mendapat jatah lima wakil musim depan.

Laga ini juga menjadi modal bagus Borussia Dortmund menatap final Liga Champions. Selanjutnya, Dortmund akan menantang Real Madrid di Stadion Wembley, 2 Juni mendatang.

Susunan Pemain

Borussia Dortmund: Gregor Kobel, Nico Schlotterbeck, Mats Hummels, Ian Maatsen, Julian Ryerson, Emre Can, Marco Reus, Marcel Sabitzer, Niclas Fullkrug, Jadon Sancho, Karim Adeyemi

Darmstadt: Marcel Schuhen, Christoph Klarer, Matej Maglica, Christoph Zimmerman, Klaus Gjasula, Tobias Kempe, Marvin Mehlem, Emir Karic, Matthias Brader, Tim Skarke, Oscar Wilhelmsson


























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Borussia Dortmund Gasak Darmstadt 4-0 di Pekan Terakhir Bundesliga"