Hagia Sophia

01 May 2024

Pengidap Asam Urat Sebaiknya Hindari Ikan Jenis Ini

Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Supersmario)

Ada sejumlah makanan yang harus dihindari oleh pengidap penyakit asam urat atau gout. Pasalnya, makanan-makanan tersebut dapat meningkatkan jumlah zat asam urat (uric acid) dan memicu gejala gout.

Salah satu makanan yang harus dibatasi adalah daging merah. Daging merah, seperti sapi, kambing, atau domba, memiliki kandungan purin yang tergolong tinggi. Ketika purin dimetabolisme dalam tubuh, maka akan menghasilkan produk sampingan berupa senyawa asam urat.

Selain daging, beberapa jenis ikan tertentu juga mengandung purin tinggi, sehingga sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi bagi para pengidapnya.

Apa saja jenis ikan tersebut? Dikutip dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

1. Teri
Ikan teri adalah salah satu jenis ikan yang harus dibatasi oleh pengidap penyakit asam urat. Sebab, ikan teri termasuk makanan yang tinggi akan purin. Dikutip dari Very Well Health, 100 gram ikan teri dapat mengandung hingga 239 miligram purin.

Sedangkan, batasan purin harian yang dianjurkan adalah sekitar 400 miligram. Dengan kata lain, mengonsumsi ikan teri dapat dengan mudah meningkatkan jumlah zat asam urat dan memperparah gejala.

2. Tuna
Tuna memang kaya akan nutrisi penting, seperti vitamin B6, C, D, zat besi, dan asam lemak omega-3. Tapi bagi pengidap gout, ikan tuna termasuk makanan yang perlu dihindari.

Pasalnya, dalam 100 gram daging ikan tuna dapat mengandung hingga 257 miligram purin.

3. Sarden
Sarden merupakan salah satu jenis ikan yang lezat dan gampang untuk diolah. Terlebih, sarden kalengan yang hanya tinggal dipanaskan.

Namun, setiap 100 gram ikan sarden mengandung hingga 210 miligram purin. Karenanya, pengidap gout perlu membatasi konsumsi ikan satu ini.

4. Trout
Trout atau forel juga termasuk ikan yang tinggi purin. Dalam 100 gram ikan trout, terkandung sekitar 297 miligram purin.

Tak hanya itu, ikan trout juga mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Hal ini membuat ikan trout harus dijauhi oleh pengidap gout.

5. Cod
Meski kandungan purin dalam ikan cod tidak sebanyak ikan lain, pengidap gout tetap perlu membatasi konsumsi ikan ini. Sebab, ikan cod memiliki kandungan purin sekitar 109 miligram per 100 gramnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Catat, Ini 5 Jenis Ikan Sebaiknya Dihindari Pengidap Asam Urat"