Hagia Sophia

09 June 2024

Berbagai Jenis Sayuran yang Bisa Jadi Penurun Kolesterol Tinggi

Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/bhofack2)

Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh tetap normal. Selain dengan menjaga pola makan dan rutin berolahraga, menurunkan kolesterol juga dapat dilakukan dengan menjaga pola makan yang sehat, seperti mengonsumsi sayuran.

Sebelumnya, apa sih yang dimaksud dengan kolesterol? Kolesterol adalah zat lilin alami yang diproduksi oleh sel-sel hati. Kolesterol juga dapat diperoleh dari makanan, seperti daging, kuning telur, udang, dan lain sebagainya.

Kolesterol sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh dalam memproduksi vitamin D, hormon, serta mendukung proses pembentukan sel. Tapi jika jumlahnya terlalu banyak, kolesterol dapat menyebabkan beragam masalah kesehatan. Terutama, kolesterol jahat atau yang disebut juga low-density lipoprotein (LDL).

Dikutip dari berbagai sumber, berikut sayuran penurun kolesterol yang bisa didapat dengan mudah sehari-hari.

1. Bayam
Serat adalah salah satu nutrisi yang berperan penting dalam menurunkan kolesterol. Serat, terutama serat larut, dapat menurunkan kolesterol dengan cara mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah.

Bayam termasuk sayuran yang tinggi akan serat. Satu cangkir bayam dapat mengandung sekitar 6 gram serat, yang tentunya sangat bermanfaat dalam membantu menurunkan kolesterol. Inilah alasan mengapa bayam menjadi salah satu sayuran penurun kolesterol yang kerap direkomendasikan.

2. Kangkung
Seperti halnya bayam, kangkung juga mengandung serat larut yang berperan dalam menghambat penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah.

Sayuran hijau seperti kangkung juga mengandung antioksidan yang dapat mengikat asam empedu yang berasal dari kolesterol, sehingga mengurangi akumulasi kolesterol dalam darah.

3. Brokoli
Sayuran penurun kolesterol berikutnya adalah brokoli. Sayuran ini mengandung serat larut yang dapat menekan kadar kolesterol LDL dalam darah. Selain itu, brokoli juga mengandung vitamin C dan antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung.

4. Wortel
Berbicara soal khasiat wortel, mungkin yang pertama terlintas adalah kesehatan mata. Namun, sayuran oranye ini ternyara juga bisa membantu menurunkan kolesterol loh.

Ini berkat senyawa beta karoten BCO1 yang ada pada wortel. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2021 menyebutkan BCO1 adalah senyawa aktif yang mampu menurunkan kolesterol dalam darah.

5. Tomat
Selain kaya akan vitamin, tomat mengandung antioksidan bernama likopen. Likopen adalah senyawa yang memberikan warna merah pada tomat.

Namun tak hany itu, likopen juga dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah. Sebuah penelitian menemukan asupan likopen sebanyak 25 mg setiap hari dapat menurunkan kolesterol jahat atau LDL.

6. Timun
Sayuran penurun kolesterol lainnya adalah timun. Timun mengandung serat tinggi yang dapat memperlambat proses penyerapan lemak di sistem pencernaan, sehingga secara tidak langsung membantu menurunkan kadar LDL dalam tubuh.

Timun juga mengandung kalium (potasium) dan magnesium yang dapat membantu menstabilkan tekanan darah.

7. Kubis Brussel
Kubis brussel sering dianggap sebagai 'makanan super' untuk menjaga kesehatan kardiovaskular, termasuk menurunkan kolesterol. Pasalnya, kubis brussel mengandung serat larut tinggi yang mampu mengikat kolesterol saat berada di dalam sistem pencernaan.

Selain itu, kubis brussel juga daoat membantu menyeimbangkan kadar garam dalam darah, sehingga mencegah risiko hipertensi.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "7 Sayuran Penurun Kolesterol Tinggi yang Mudah Ditemukan, Ada Bayam-Timun"