Hagia Sophia

16 July 2024

Bejolan yang Muncul pada Anak Secara Tidak Wajar Bisa Jadi Pertanda Kanker

Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/Choreograph)

Orang tua yang mendapati anaknya memiliki benjolan yang tidak wajar di tubuh tentu akan merasa khawatir. Ada benarnya, mengingat salah satu gejala kanker ada kaitannya dengan benjolan.

Ketua Satgas Kanker Anak Yayasan Kanker Anak (YKI) dr Anky Tri Rini Kusumaning Edhy, SpAK menjelaskan benjolan yang muncul secara tidak wajar bisa menjadi salah satu gejala kanker. Namun, hal ini perlu dipastikan lebih lanjut.

"Kalau anak-anak begitu ada benjolan, harus segera dibawa ke fasilitas kesehatan. Benjolan tersebut akan dicek apakah ini jinak atau ganas supaya tidak terlambat," kata dr Anky ketika berbincang dengan detikcom, Sabtu (13/7/2024).

Sekadar benjolan pada tubuh anak memang tidak serta merta memastikan bahwa mereka memiliki kanker. Sehingga, perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikannya.

dr Anky menambahkan, ada beberapa tanda lain yang mungkin perlu diwaspadai oleh orang tua. Yakni wajah anak yang pucat, hingga demam yang berulang.

Selain itu ada tanda-tanda fisik lain yang mungkin muncul, seperti adanya tanda biru-biru di tubuh hingga munculnya pendarahan.

"Kalau ada keluhan sebaiknya dikasih tahu ke dokter. Misal juga ada perdarahan, tidak mesti keluar darah saja, bisa juga misal badan biru-biru," jelas dr Anky.

Orang tua, lanjut dr Anky, wajib memberikan perhatian lebih terkait kesehatan anak, salah satunya terkait potensi adanya kanker. Mengetahui adanya potensi kanker sejak dini dapat membantu pengobatannya.

"Kanker itu sebaiknya diketahui maksimal sebelum 5 tahun ya. Kalau semakin awal akan semakin bagus," tandasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Benjolan di Tubuh Anak Jadi Gejala Awal Kanker, Kapan Harus Periksa? Ini Saran Dokter"