Hagia Sophia

16 July 2024

Ini Rahasia dari Wanita yang Bisa Hidup Hingga Usia 110 Tahun

Ilustrasi (Foto: Getty Images/eclipse_images)

Tidak ada satu orang pun yang tahu berapa lama hidup di dunia. Sebagian orang mungkin hanya berkesempatan hidup hingga usia 60-70 tahun. Namun, ada pula segelintir orang yang bahkan hidup lebih dari 100 tahun.

Salah satunya adalah Ruth Onley. Wanita asal Maryland, Amerika Serikat ini baru saja merayakan ulang tahun ke-110 beberapa waktu yang lalu, membuatnya menyandang status sebagai 'supercentenarian'.

Onley lahir pada 1914. Saat berusia 16 tahun, dia bekerja untuk keluarga terkemuka di Frederick, Maryland. Pada usia 26 tahun, Onley menikah dengan suaminya, Robert, dan dikaruniai 5 orang anak, 15 cucu, 50 cicit, dan 25 piut.

Lalu, seperti apa sih gaya hidup yang dijalani Onley sehingga bisa hidup hingga 110 tahun?

1. Selalu Berbagi dengan Orang yang Dicintai
Onley memiliki banyak kegemaran, namun hal yang paling dia sukai adalah memasak. Saat masih muda, Onley selalu menyiapkan prasmanan makanan lezat setiap hari Minggu untuk keluarga dan tetangganya. Dia membuat sandwich salad ayam, ayam panggang, ham, sayuran hijau, manisan ubi jalar, makaroni dan keju, kue bolu, dan makanan lainnya.

Onley juga mahir membuat makanan untuk dikalengkan. Cucu Onley, Dawn, mengatakan neneknya rutin membuat saus apel, jagung kaleng, tomat kaleng, jeli, dan acar.

2. Menjadikan Setiap Hari Bersama Pasangan Berarti
Suami Onley, Robert, meninggal pada 1962. Meskipun Onley saat itu masih berusia 48 tahun, dia tidak pernah mengutarakan keinginan untuk menikah lagi.

"Saya hanya menikah sekali. Begitu suami Anda meninggal, Tuhan menjadi suami Anda," kata Onley dikutip dari Today, MInggu (14/7/2024).

3. Tidak Pernah Berhenti Bersenang-senang
Selama 110 tahun hidupnya, semangat kompetitif Onley tidak pernah padam. Dia sangat menyukai permainan dan tidak segan-segan mengalahkan cucunya saat bermain kartu, Scrabble, tebak kata, dan Connect 4.

Onley juga menghabiskan hari-harinya dengan merenda dan menonton acara permainan di TV.

4. Menemukan Makanan yang Disukai
Onley memang sudah tidak aktif lagi memasak. Namun, makanan tetap menjadi bagian penting dari hidupnya.

Onley selalu memulai hari dengan sarapan oatmeal dan panekuk gandum utuh. Saat makan siang dan makan malam, dia kerap menyantap masakan daging dan sayuran. Sedangkan untuk minuman, Onley sangat suka minum air putih hangat dan root beer.

Onley juga suka menyantap camilan seperti es krim dan banana split.

5. Percaya Tuhan Memberikan yang Terbaik
Iman dan keluarga adalah dua hal yang menopang Onley sepanjang hidupnya. Anak-anak Onley sering menghabiskan beberapa malam bersama ibu mereka setiap bulan untuk merawatnya.

"Tuhan telah membuatnya demikian sehingga saya dapat menghabiskan banyak waktu dengan orang-orang yang saya kasihi," ucap Onley.

"Melalui banyak bahaya, kerja keras, dan jerih payah, saya telah sampai. Tuhan membawa saya sejauh ini dengan selamat, dan Tuhan akan menuntun saya pulang," tutur Onley mengutip 'Amazing Grace' karya John Newton.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Wanita Ini Bisa Hidup Sehat hingga Usia 110 Tahun, Apa Sih Rahasianya?"