Hagia Sophia

15 July 2024

Dibuktikan Melalui Riset, Kebiasaan Sederhana Ini Bisa Bikin Umur Panjang

Ilustrasi panjang umur. (Foto: Istimewa/ Unsplash.com)

Siapa sih yang tidak mau hidup sehat dan panjang umur? Bahkan, tidak sedikit yang rela menjajal berbagai cara agar bisa hidup sehat hingga usia senja.

Namun, resep panjang umur tak melulu pola makan ketat ataupun teknologi canggih. Terkadang, rahasia untuk bisa panjang umur ada pada sesuatu yang kita anggap sepele.

Dikutip dari Science Alert, studi terbaru menunjukkan sikap bersyukur dikaitkan dengan hidup yang lebih lama. Penelitian tersebut dipimpin oleh peneliti dari Harvard TH Chan School of Public Health.

Penelitian itu dilakukan kepada 50.000 orang perawat lanjut usia di Amerika Serikat. Meski tidak menjelaskan hubungan sebab dan akibat secara langsung, studi tersebut menunjukkan perspektif mental dapat memengaruhi kesehatan fisik.

"Penelitian terdahulu telah menunjukkan adanya hubungan antara rasa syukur dan risiko tekanan mental yang lebih rendah, serta kesejahteraan emosional dan sosial yang lebih besar," ujar ahli epidemiologi dari Harvard TH Chan School of Public Health, Ying Chen.

"Studi kami memberikan bukti empiris pertama tentang topik ini," sambungnya.

Studi ini dimulai pada 2016. Para responden yang rata-rata berusia 79 tahun diminta untuk mengisi kuesioner yang menilai seberapa bersyukurnya mereka atas segala sesuatu dalam kehidupan.

Para peneliti kemudian mengumpulkan dan memeriksa catatan untuk melihat berapa banyak kematian yang terjadi pada 2019. Mereka pun menemukan sebanyak 4.608 responden telah meninggal dunia dalam tiga tahun terakhir.

Sementara itu, responden yang mendapat skor tertinggi pada skala rasa syukur memiliki kemungkinan meninggal dunia 9 persen lebih kecil. Peneliti menyimpulkan hal tersebut karena orang-orang yang bersyukur memiliki kemampuan lebih baik dalam menghadapi faktor-faktor penyebab kematian, seperti penyakit kardiovaskular.

Lebih lanjut, studi itu juga menemukan tindakan bersyukur yang disengaja, seperti menulis surat berisikan hal-hal yang disyukuri, dapat bermanfaat bagi sebagian orang di masa lalu.

"Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa ada cara untuk menanamkan sikap syukur, seperti menuliskan atau mendiskusikan apa yang Anda syukuri beberapa kali dalam seminggu," ucap Chen.

Peneliti juga menemukan orang yang bersyukur cenderung menjalankan gaya hidup sehat, yang mungkin menjadi salah satu alasan di balik hasil penelitian tersebut. Selain itu, rasa syukur juga membantu seseorang menumbuhkan ikatan sosial, hal lain yang kerap dikaitkan dengan panjang umur.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Terbukti Lewat Studi, Kebiasaan Simpel yang Bikin Panjang Umur"