Hagia Sophia

27 July 2024

Kisah Para Nenek yang Hidup Hingga Usia 100 Tahun, Ini Resep Panjang Umurnya

Ilustrasi. (Foto: ilustrasi/thinkstock)

Bekerja sampai usia 80 tahun mungkin terdengar mengerikan. Namun banyak orang berusia 100 tahun mengatakan bahwa melakukan apa yang mereka sukai dan tidak pensiun adalah hal yang membuat mereka merasa awet muda.

Dalam buku populer tentang umur panjang, "Ikigai: Rahasia Jepang untuk Hidup Panjang dan Bahagia," prinsip ikigai dianggap sebagai salah satu kunci umur panjang dan kesejahteraan. Ikigai artinya kebahagiaan karena selalu sibuk.

CNBC Make It berbicara dengan beberapa orang berusia seratus tahun selama satu setengah tahun terakhir tentang perilaku dan sifat apa yang mereka yakini dapat membantu mereka panjang umur dan bahagia.

Inilah alasan mereka mengatakan menemukan pekerjaan yang berarti dan tidak pensiun memainkan peran utama.

1.Virginia Oliver: 104 tahun
Virginia Oliver, 104, telah bekerja menangkap lobster sejak dia berusia delapan tahun, dan dia sangat menikmatinya. Menurut dia, rahasia berumur panjang adalag tetap aktif dan terus bekerja.

"Saya tidak akan pensiun. Saya akan melakukan ini sampai saya mati," kata dia.

2. Deborah Szekely: 102 tahun
Deborah Szekely, 102 tahun, membuka resor kebugaran dan spa bersama suaminya pada tahun 1940. Lebih dari delapan dekade kemudian, Szekely masih mengerjakan bisnisnya dan bekerja tiga kali seminggu.

Selain itu, Deborah juga mengonsumsi makanan sehat. Ia telah menjadi pescatarian sejak kecil dan mencoba yang terbaik untuk makan 'sesegar mungkin', bahkan menanam sebagian besar makanannya sendiri. Meski begitu, Deborah mengaku sesekali mengonsumsi makanan seperti es krim kopi.

3.Madeline Paldo: 100 tahun
Madeline Paldo memutuskan pensiun bekerja saat usianya mencapai 100 tahun. Dia sudah mulai bekerja sejak usianya 18 tahun.

"Bekerja membuat saya sibuk, dan saya menikmati bekerja," katanya. "Pensiun, saya tidak terlalu menyukainya."

Paldo bekerja di bisnis keluarganya yang berbasis di Chicago di mana mereka memproduksi papan tanda listrik, dan dia bertanggung jawab atas pekerjaan kantor yang memungkinkannya berinteraksi dengan pelanggan setiap hari.

4. Jayne Burns: 101 tahun
Jayne Burns, yang berusia 101 tahun masih bekerja empat hari seminggu sebagai pemotong kain paruh waktu di toko kerajinan.

Dia mencoba untuk pensiun beberapa kali selama bertahun-tahun namun tidak menyukainya. Bekerja pada pekerjaan yang dia sukai memberinya rutinitas sehari-hari yang dia hargai dan memungkinkannya berinteraksi dengan orang-orang baru.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Cerita Para Nenek yang Hidup Sampai Usia 100, Ini Resep Panjang Umurnya"