Hagia Sophia

09 July 2024

Manfaat Buah Stroberi untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Ilustrasi. (Foto: iStock/TikTok @thekitchn)

Stroberi adalah buah yang kerap kita lihat sebagai hiasan pada kue atau makanan penutup lainnya. Selain sebagai dekorasi dan rasanya yang manis, manfaat buah stroberi untuk kesehatan ternyata cukup beragam loh.

Stroberi merupakan salah satu jenis buah beri, seperti blueberry, blackberry, raspberry, dan lain sebagainya. Stroberi mengandung antioksidan tinggi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Selain antioksidan, stroberi juga kaya akan nutrisi penting lain. Dikutip dari Healthline, 100 gram stroberi mengandung nutrisi berupa:
  • Kalori: 32
  • Air: 91 persen
  • Protein: 0,7 gram
  • Karbohidrat: 7,7 gram
  • Gula: 4,9 gram
  • Serat: 2 gram
  • Lemak: 0,3 gram
Tak hanya itu, stroberi juga mengandung sejumlah kalium, kalsium, magnesium, vitamin C, asam folat, dan zat besi. Kandungan nutrisi inilah yang membuat stroberi berkhasiat untuk kesehatan.

Lantas, apa saja manfaat buah stroberi untuk kesehatan? Dikutip dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

1. Memperkuat imun tubuh
Manfaat buah stroberi dalam meningkatkan imun tubuh berasal dari vitamin C yang terkandung di dalamnya. Vitamin C adalah mikronutrien sekaligus antioksidan yang berperan penting dalam membangun sistem kekebalan tubuh.

Karenanya, mengonsumsi stroberi secara rutin dapat membantu meningkatkan ketahanan imun tubuh dan mencegah infeksi virus dan bakteri penyebab penyakit.

2. Menjaga kesehatan mata
Antioksidan pada stroberi juga dapat membantu mencegah gangguan pada penglihatan, seperti katarak yang risikonya bertambah seiring pertambahan usia.

Selain itu, vitamin C yang ada pada stroberi dapat melindungi mata dari paparan sinar ultraviolet matahari yang dapat merusak protein pada lensa mata. Vitamin C juga berperan penting dalam memperkuat kornea dan retina mata.

3. Meningkatkan kesehatan kulit
Vitamin C dalam stroberi secara tidak langsung juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Vitamin C dibutuhkan untuk memproduksi kolagen, yakni protein yang berfungsi untuk menjaga elastisitas dan ketahanan kulit.

Kolagen menurun seiring bertambahnya usia. Karenanya, mengonsumsi stroberi secara rutin dapat membantu mempertahankan tekstur dan membuat kulit tampak lebih muda.

4. Menurunkan kolesterol
Senyawa antioksidan yang terkandung pada stroberi, seperti flavonoid, dapat membantu menangkal efek kolesterol jahat atau LDL (low-density lipoprotein) dalam darah yang menyebabkan pembentukan plak di pembuluh darah.

Peneliti di Clinical Nutrition and Risk Factor Modification Center di Toronto, Kanada, juga menemukan bahwa menambahkan stroberi dalam menu sehari-hari dapat mengurangi kerusakan oksidatif yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

5. Mengatur tekanan darah
Manfaat buah stroberi lainnya juga dapat mengatur tekanan darah. stroberi mengandung kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan cara menyeimbangkan efek natrium, zat yang menyebabkan peningkatan tekanan darah.

6. Menurunkan berat badan
Stroberi termasuk buah yang rendah kalori dan tinggi serat. Kombinasi inilah yang membuat stroberi efektif membantu proses penurunan berat badan.

Selain itu, stroberi juga dapat membantu mengelola kadar gula darah, sehingga mencegah risiko diabetes tipe 2 dan obesitas.

7. Mendukung kesehatan prenatal
Manfaat buah stroberi juga bisa menyehatkan janin loh. Ini karena stroberi mengandung vitamin B9 atau asam folat yang sangat dibutuhkan saat tahap awal kehamilan.

Asam folat berperan penting untuk membantu perkembangan otak, tengkorak, dan sumsum tulang belakang bayi. Kandungan asam folat pada stroberi juga dapat membantu mencegah cacat lahir tertentu, seperti spina bifida.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "7 Manfaat Buah Stroberi yang Jarang Diketahui, Termasuk Cegah Penuaan"