Hagia Sophia

04 August 2024

Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh Bila Kelebihan Vitamin

Ilustrasi vitamin. (Foto: Thinkstock)

Guru Besar Farmasi Universitas Gadjah Mada Prof Zullies Ikawati menyebut mengonsumsi vitamin setiap hari relatif aman, asalkan sesuai dengan batas dosis yang dianjurkan. Bila melampaui batas, risiko hipervitaminosis bisa terjadi.

Menurut Prof Zullies. hipervitaminosis menandakan tubuh kelebihan vitamin. Kondisi ini terutama rentan terjadi saat seseorang terlalu banyak mengonsumsi vitamin larut dalam lemak, seperti A, D, E, dan K.

"Karena lebih mudah menumpuk dalam tubuh dibandingkan vitamin yang larut dalam air (B dan C)," terang Prof Zullies kepada detikcom, jumat (2/7/2024).

Gejala Kelebihan Vitamin

Hipervitaminosis A
Kelebihan vitamin A bisa menyebabkan gejala seperti mual, pusing, gangguan penglihatan, kulit kering, dan bahkan kerusakan hati.

Hipervitaminosis D
Kelebihan vitamin D dapat menyebabkan hiperkalsemia (peningkatan kadar kalsium dalam darah), yang bisa mengakibatkan batu ginjal, kerusakan ginjal, dan masalah jantung.

Hipervitaminosis E
Meskipun jarang, kelebihan vitamin E dapat menyebabkan gangguan pembekuan darah dan masalah perdarahan.

Hipervitaminosis K
Kelebihan vitamin K, terutama pada bayi, dapat menyebabkan ikterus dan kerusakan hati.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Guru Besar UGM Ungkap Hal yang Terjadi Pada Tubuh Jika Kelebihan Vitamin"