Hagia Sophia

30 August 2024

Pemerintah Indonesia Akan Beli 1.600 Vaksin Mpox dari Denmark

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Foto: Andhika Prasetia)

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan pemerintah saat ini serius dalam menekan penyebaran virus mpox atau cacar monyet di Indonesia. Dirinya mengatakan pemerintah saat ini telah menyediakan vaksin untuk penyakit tersebut.

Setidaknya ada 1.600 vaksin mpox dari Denmark yang akan diborong pemerintah dengan harga Rp 3,5 juta tiap dosisnya. Vaksin ini nantinya akan didistribusikan kepada tenaga medis garda terdepan, serta mereka yang memiliki risiko tinggi tertular mpox.

"Tapi sekali lagi, karena vaksinnya ini harga yang mahal sekitar Rp 3,5 jutaan satu dosis," kata Menkes Budi di Istana Kepresidenan, Selasa (27/8/2024).

"Kita berikan ini ke yang berisiko tinggi, petugas lab, petugas kesehatan, sama orang-orang yang tadi berisiko di daerah-daerah yang memang sudah ada outbreak," sambungnya.

Sebelumnya, Menkes Budi mengatakan saat ini varian virus mpox yang ditemukan di Indonesia merupakan clade 2. Varian ini merupakan versi dengan tingkat keparahan yang lebih rendah jika dibandingkan clade 1b.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Ani Ruspitawati mengatakan program vaksinasi mpox di Indonesia sebenarnya telah berjalan. Pada 2023 lalu, vaksinasi mpox telah menjangkau 495 orang dari populasi dengan risiko tertular tinggi.

"Hingga saat ini, sebanyak 495 orang telah menerima dosis pertama vaksin, sementara 430 orang telah menerima dosis kedua. Masih tersisa 42 vial vaksin yang akan digunakan sesuai kebutuhan," ungkap Ani dalam keterangannya,


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Menkes Berencana Borong Vaksin Mpox dari Denmark, Harganya Rp 3,5 Juta per Dosis"