Hagia Sophia

27 September 2024

Ini Manfaat untuk Kesehatan Bila Rutin Makan Nanas

Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/villagemoon)

Nanas tidak hanya dikenal karena rasa asam-manisnya yang menyegarkan. Buah berwarna kuning ini juga punya sederet manfaat kesehatan yang sayang untuk dilewatkan.

Khasiat nanas berasal dari nutrisi yang terkandung di dalamnya. Dikutip dari Cleveland Clinic, nanas mengandung beragam nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti serat, vitamin C, vitamin B, mangan, dan mineral lainnya.

Nanas juga mengandung enzim bernama bromelain. Pakar nutrisi Julia Zumpano, RD, LD mengatakan bromelain dapat mendukung proses penyembuhan pada kulit dan jaringan.

"Bromelain juga tampaknya memproduksi zat yang dapat melawan nyeri dan pembengkakan," ujar Zumpano.

Lantas, apa saja manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari rutin mengonsumsi nanas? Berikut daftarnya:

1. Melawan Peradangan
Peradangan adalah respons alami tubuh terhadap penyakit. Namun, peradangan yang terlalu banyak dan kronis dapat meningkatkan risiko penyakit yang lebih parah, seperti rematik atau kanker.

Zumpano mengatakan bromelain yang ada pada nanas dapat membantu melawan peradangan dan mencegah pertumbuhan tumor tertentu.

Namun ingat, mengonsumsi nanas saja tidak cukup agar terhindar dari kanker. Karena itu, usahakan mengonsumsi sayur dan buah setiap hari untuk mengurangi risiko kanker dan penyakit lainnya.

2. Melancarkan Pencernaan
Nanas mengandung serat, sejenis karbohidrat yang dapat membantu melancarkan dan mengatasi masalah pencernaan.

Enzim bromelain yang ada pada nanas juga diduga memiliki manfaat untuk kesehatan pencernaan. Namun, belum ada cukup penelitian untuk benar-benar memastikan khasiat ini.

3. Meredakan Gejala Arthritis
Bromelain memiliki sifat antiperadangan yang sangat kuat. Karenanya, mengonsumsi nanas dapat membantu meredakan gejala nyeri dan bengkak yang disebabkan oleh masalah persendian, seperti osteoarthritis.

Zumpano menganjurkan pengidap osteoarthritis menambahkan nanas ke menu makanan sehari-hari untuk meringankan gejala penyakit.

"Jika Anda mengalami nyeri sendi akibat osteoarthritis, cobalah menambahkan nanas ke diet Anda. Tapi jangan berhenti mengonsumsi obat-obatan atau mengganti dosis tanpa berkonsultasi dengan dokter," katanya.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan
Memperbanyak konsumsi buah-buahan, seperti nanas, dapat memberikan dampak positif terhadap penurunan berat badan. Zumpano mengatakan khasiat ini kemungkinan berasal dari enzim yang terkandung dalam nanas.

"Studi tentang manfaat nanas untuk menurunkan berat badan baru dilakukan sebatas pada hewan, jadi kami perlu lebih banyak bukti dari klaim ini. Tetapi, menambahkan sedikit buah ini ke diet Anda tentunya tidak masalah," tuturnya.

5. Membantu Pemulihan Pasca Olahraga
Nyeri dan peradangan dapat terjadi setelah otot melakukan pekerjaan berat, seperti berolahraga. Mengonsumsi nanas setelah berolahraga dapat membantu mengurangi peradangan dan mempercepat pemulihan otot pasca olahraga.

"Efek antiperadangan yang ada pada nanas dapat membantu menenangkan otot dan membantunya pulih lebih cepat," pungkas Zumpano.


































Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Manfaat Rutin Makan Nanas, Salah Satunya Mengurangi Nyeri Sendi"