Hagia Sophia

27 September 2024

Ini yang Dapat Program Pemeriksaan Gratis di Era Presiden Prabowo

Pemeriksaan kesehatan di masa kampanye Prabowo-Gibran (Foto: Dok. TKN)

Presiden terpilih Prabowo Subianto berencana membuat program pemeriksaan kesehatan gratis dengan sasaran 52 juta orang. Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan, Hasan Nasbi.

"Ini dianggarkan itu tahun depan, tahun 2025 itu oleh pemerintah. Yang saya enggak tahu BPJS Kesehatan itu apakah akan jadi skema pembayarannya atau melalui skema lain," ujar Hasan saat ditemui di agenda BPJS Kesehatan, Rabu (25/9/2024).

Pemeriksaan kesehatan gratis ini disebutnya sebagai upaya pencegahan agar masyarakat mengetahui risiko penyakit yang diidapnya. Secara jangka panjang, program ini ditargetkan untuk menciptakan generasi yang lebih sehat menyusul Indonesia Emas 2045.

Hasan mengatakan pemerintah mendatang telah menganggarkan sekitar Rp 3,3 triliun untuk program pemeriksaan kesehatan gratis pada 2025. Anggaran ini diprioritaskan bagi 52 juta penduduk yang berisiko tuberkulosis (TBC), warga yang lanjut usia maupun yang memiliki risiko penyakit katastropik.

"Kalau tidak salah, Rp 3,3 triliun untuk (program) pemeriksaan kesehatan (gratis). Rp 3,3 triliun. (Lalu) Ada Rp 1,7 triliun (anggaran) buat penambahan fasilitas kesehatan seperti rumah sakit dan sebagainya," jelas Hasan.

Program pemeriksaan kesehatan gratis rencananya akan dilakukan selama lima tahun periode pemerintahan Prabowo Subianto dengan target sekitar 500 juta penduduk.


































Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Sederet Kebiasaan yang Bisa Picu Tekanan Darah Tinggi"