Hagia Sophia

13 September 2024

Wanita Ini Dilarikan ke RS Usai Tertusuk Batang Logam di Rektumnya

Penampakan batang logam yang menusuk rektum wanita di India. (Foto: Surgery Case Reports)

Seorang wanita di India dilarikan ke rumah sakit setelah tertusuk batang logam sepanjang hampir 60 cm. Logam berkarat itu mencuat dari tanah di padang rumput.

Saat itu, wanita berusia 65 tahun tersebut sedang menggembalakan sapi-sapinya. Tiba-tiba ia terlempar dan jatuh tepat di atas batang logam.

"Kami memiliki ladang yang luas di dekat rumah. Batang-batang besi itu kami tanam untuk menopang tanaman merambat. Hari itu masih gelap dan hujan, saya membawa sapi keluar dengan melilitkan tali sapi di pergelangan tangan saya," kata pasien.

"Tidak tahu mengapa sapi itu gelisah dan mulai menarik saya dengan kuat. Saya kehilangan keseimbangan dan jatuh tepat di atas salah satu batang itu. Itu terjadi secara tiba-tiba," sambungnya.

Wanita yang tidak disebutkan namanya itu menjerit kesakitan hingga orang-orang bergegas ke ladang dan mencoba menolongnya. Ia dilarikan ke rumah sakit dengan menggunakan ambulans.

Kondisi Batang Logam yang Menusuk Rektum

Batang logam itu masuk melalui rektumnya hingga ke belakang peritoneum, yaitu lapisan yang menutupi organ perut. Beruntungnya, logam itu tidak merusak pembuluh darah dan organ lainnya.

Dalam laporan jurnal internasional Surgery Case Reports, pasien membutuhkan antibiotik dan suntikan tetanus untuk mencegah infeksi. Sebab, logam tersebut sudah berkarat, tertutup lumpur, dan kotoran sapi.

Pasien berusia 65 tahun itu menjalani operasi selama dua jam untuk mengeluarkan logam dengan menggesernya keluar melalui rektum, dan perforasi diperbaiki.

"Saya sangat terkejut dan terganggu saat mereka mengatakan bahwa kotoran saya akan keluar melalui perut. Meski begitu, saya menyadari operasi itu sangat diperlukan," bebernya.

Setelah prosedur tersebut, pasien mengalami mual, sakit perut, dan tidak bisa berjalan. Beberapa hari setelahnya, ia kembali bergerak dan rasa sakitnya hilang.

Secara keseluruhan, pemulihannya memakan waktu sekitar 10 hari dan ia dapat pulang dalam kondisi kesehatan yang relatif baik.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ngeri! Wanita Ini Tertusuk Batang Logam Berkarat Sepanjang 60 Cm di Rektumnya"