Hagia Sophia

04 October 2024

Beberapa Manfaat Buah Zuriat untuk Kesehatan Tubuh

Buah zuriat. Foto: iStock

Sebagian dari detikers mungkin baru pertama kali mendengar tentang buah zuriat. Wajar saja, sebab buah yang satu ini memang tidak tumbuh di Tanah Air.

Meski begitu, buah zuriat ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan, lho. Khususnya bagi pria, buah ini dikatakan mampu memberikan manfaat dalam hal kesuburan.

Lantas, seperti apa bentuk buah zuriat? Lalu apa saja manfaat lainnya dari buah zuriat untuk kesehatan? Simak pembahasannya dalam artikel ini.

Mengenal Buah Zuriat

Zuriat atau buah doum (Hyphaene thebaica) merupakan buah yang tumbuh subur di Arab Saudi dan beberapa negara Timur Tengah, seperti Mesir, Sudan, dan sekitarnya.

Mengutip situs Asosiasi Keluarga Gizi (AKG) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia, buah zuriat juga dikenal sebagai pohon palem Afrika, yang hidup di sekitar hulu Sungai Nil, Mesir. Ada 3 jenis buah zuriat, yaitu zuriat madinah, zuriat mesir dan zuriat sudan.

Buah ini berbentuk bulat dengan ukuran sekitar 6x5 centimeter. Buah zuriat berwarna kuning hingga kecoklatan. Soal rasa, buah zuriat mirip seperti roti jahe yang manis sehingga kerap disebut buah gingerbread.

Bagi masyarakat Mesir, buah zuriat sering diolah sebagai minuman tradisional. Beberapa warga juga mengolahnya dengan cara diekstrak untuk mendapatkan kandungannya.

Berbeda dengan buah pada umumnya, zuriat tidak bisa dimakan secara langsung karena sangat keras. Jadi, buah ini diolah dengan cara direbus lalu diminum air rebusannya.

Untuk waktu merebusnya sekitar 15 menit. Agar bisa mendapatkan ekstraknya, buah zuriat harus dipotong-potong terlebih dahulu, kemudian dimasukkan ke dalam panci berisi air, setelah itu direbus hingga matang.

Manfaat Buah Zuriat untuk Kesehatan

Buah zuriat memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh. Bagi pria, mengkonsumsi buah zuriat dapat meningkatkan daya tahan tubuh hingga kesuburan.

Untuk lebih jelasnya, simak manfaat buah zuriat di bawah ini:

1. Menurunkan Kadar Kolesterol
Manfaat buah zuriat yang pertama adalah dapat menurunkan kadar kolesterol. Kandungan antioksidan dalam buah ini ternyata mampu menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik.

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak buah zuriat mampu membantu proses diet kolesterol serta meringankan penyakit diabetes dalam percobaan terhadap tikus.

2. Menjaga Kesehatan Jantung
Karena mampu mencegah kolesterol, buah zuriat diyakini dapat menjaga kesehatan jantung. Sebab, kadar kolesterol yang terjaga mampu mencegah lemak menempel pada pembuluh darah.

Dengan begitu, aliran darah yang lancar di dalam tubuh membuat jantung lebih mudah memompa darah, sehingga dapat meminimalisir terkena serangan penyakit jantung.

3. Meningkatkan Kesuburan Pria
Salah satu manfaat yang cukup populer dari buah zuriat adalah mampu meningkatkan kesuburan pria. Mengutip situs Kemenkes, kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi ternyata bermanfaat bagi kesuburan pria, yakni dapat meningkatkan kualitas sperma.

Dalam buku Referensi Buah Zuriat sebagai Penyembuh Infertilitas oleh Nofri Zayani, dkk, para wanita juga disarankan mengkonsumsi zuriat karena memiliki khasiat untuk tubuh. Di negara asalnya, mengkonsumsi buah zuriat dapat meningkatkan kesuburan sudah menjadi tradisi.

Selain itu, mengkonsumsi zuriat secara teratur dapat memperbaiki kualitas sel telur pada wanita, sehingga bagi pasangan suami-istri yang mengkonsumsi buah ini dapat meningkatkan kesuburan mereka.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah zuriat juga diklaim dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Hal itu membuat tubuh tetap prima sekaligus meminimalisir terserang berbagai penyakit.

5. Mencegah Osteoporosis
Buah zuriat juga mengandung kalsium tinggi yang baik untuk tubuh, salah satunya dapat mencegah osteoporosis. Selain itu, kandungan kalsium juga dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi agar tetap kuat.

6. Mengatasi Gangguan Pencernaan
Manfaat lain dari buah zuriat adalah dapat mengatasi gangguan pencernaan. Hal itu karena zuriat mengandung serat tinggi. Serat berfungsi memadatkan makanan di dalam tubuh dan memprosesnya dengan baik di usus, sehingga mudah dikeluarkan dalam bentuk feses.

7. Sebagai Antioksidan
Buah zuriat dikenal kaya akan antioksidan dan antibakteri. Kedua kandungan itu dapat mengurangi efek buruk dari stres oksidatif dan mencegah penyakit yang disebabkan oleh bakteri patogen.

8. Mencegah Katarak
Manfaat berikutnya adalah mampu mencegah penyakit katarak. Kandungan vitamin B2 pada zuriat dipercaya dapat menjaga kesehatan mata. Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengungkapkan khasiat ini.

9. Mengurangi Migrain
Kandungan vitamin B2 pada zuriat juga dapat mengurangi rasa sakit ketika terserang migrain. Agar cepat sembuh, sebaiknya diiringi dengan istirahat yang cukup dan perbanyak minum air putih.

10. Antiinflamasi
Buah zuriat juga mengandung antiinflamasi atau antiradang, sehingga buah ini baik dikonsumsi bagi orang yang sedang sakit radang.

Beberapa contoh peradangan yang bisa diatasi yaitu kolitis ulserativa (UC) dan penyakit Crohn (CD), penyakit peradangan utama yang terjadi pada usus (IBD).

11. Antimikroba dan Antifungi
Ekstrak metanol dan air rebusan dari buah zuriat memiliki aktivitas antibakteri yang lebih tinggi terhadap bakteri Gram positif dan negatif, seperti Pseudomonas aeruginosa dan Klebsiella pneumonia.

Selain itu, ekstrak metanol pada zuriat juga menunjukkan aktivitas antifungi yang tinggi terhadap berbagai isolat seperti Aspergillus niger, Microsporum gypseum, Trichophyton rubrum, Mucor sp., Fusarium solani, dan Candida albicans.

12. Antikanker
Manfaat buah zuriat yang terakhir adalah sebagai antikanker. Sebab, kandungan antioksidan yang dimilikinya mampu menangkal radikal bebas yang memicu stres oksidatif, sehingga dapat mencegah penuaan, penyakit degeneratif, hingga kanker.

Sebuah penelitian menunjukkan jika ekstrak buah zuriat memiliki aktivitas antioksidan dan antikanker terhadap leukemia myeloid akut. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Mengenal Buah Zuriat dan 12 Manfaatnya bagi Kesehatan"