Hagia Sophia

21 May 2024

Benarkah Minum Kopi Bisa Picu Hipertensi? Ini Kata Dokter

Ilustrasi kopi. (Foto: Ilustrasi iStock)

Bagi sebagian orang, kopi adalah minuman yang dekat dengan keseharian. Bahkan, tak afdal rasanya jika memulai hari tanpa menyeruput secangkir kopi.

Ada banyak alasan seseorang minum kopi. Selain rasa dan aromanya yang khas, kopi juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, mulai dari menambah energi, mood booster, hingga meningkatkan fokus.

Meski begitu, dampak negatif kopi juga sering menjadi perdebatan. Salah satunya menyebut kalau kopi dapat menyebabkan tekanan darah tinggi alias hipertensi. Benarkah demikian?

Spesialis neurologi dr Eka Harmeiwaty, SpN, mengungkapkan kaitan antara kopi dan tekanan darah memang sering dijadikan topik penelitian di berbagai negara. Menariknya, hasil penelitian-penelitian tersebut menunjukkan temuan yang beragam.

"Ada yang mengatakan kopi bisa menurunkan tekanan darah, itu ada penelitiannya di Korea. Sebenarnya penelitian lain menyebutkan kopi bisa menaikkan tekanan darah," ujarnya saat ditemui di Jakarta Barat, Jumat (17/5/2024).

Terkait apakah kopi bisa meningkatkan tekanan darah, dr Eka mengatakan hal tersebut memang dapat terjadi. Hanya saja, peningkatan tekanan darah akibat kopi hanya bersifat sementara.

"Kopi itu kan mengandung kafein, setelah minum kopi itu efek kafein menaikkan tekanan darah, itu dalam 30 menit naik tekanan darah, dia akan bisa bertahan 1-4 jam, turun lagi," terangnya.

"Jadi kalau kita minum kopi, sebenarnya itu kenaikan tekanan darah sementara. Setelah efek kafeinnya nggak ada, dia normal lagi," sambung dr Eka.

Apakah Kopi Aman untuk Pengidap Hipertensi?

dr Eka menuturkan orang yang sudah mengalami hipertensi perlu berhati-hati dalam mengonsumsi kopi. Jika hipertensinya tidak berat atau masih tergolong grade 1, maka masih bisa mengonsumsi kopi dengan catatan jumlahnya dibatasi.

"Kalau masih hipertensi grade 1, itu masih diperbolehkan. Katanya sih, penelitiannya itu ngga lebih dari dua cup," ucapnya.

Sementara bagi orang yang hipertensinya sudah berat, maka disarankan untuk tidak minum kopi agar kondisinya tidak semakin parah.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Minum Kopi Bisa Picu Hipertensi, Mitos atau Fakta? Begini Kata Dokter Neurologi"