Hagia Sophia

11 May 2024

Ingin Umrah dengan Keluarga? Jangan Lupa Vaksinasi

Foto: Afif Farhan/detikcom

Saat ini tidak sedikit orang tua yang mengajak serta buah hatinya ikut beribadah umrah. Melaksanakan ibadah umrah sendiri termasuk salah satu sunnah atau anjuran bagi umat Muslim.

Spesialis anak dari RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) dr R.A Setyo Handryastuti, SpA(K) mengatakan anak boleh diajak umrah di usia berapa pun. Hanya saja ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan orang tua sebelum mengajak anak umrah.

"Saat ini Arab Saudi mewajibkan vaksin meningitis untuk yang akan berangkat umrah yang bisa diberikan sejak usia 9 bulan. Selain itu penting untuk memastikan anak sudah mendapatkan vaksinasi lengkap sesuai rekomendasi," kata dr Handry dalam diskusi media Kalbe Kalventis di Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (8/5/2024).

Vaksin meningitis wajib diberikan untuk mencegah penularan penyakit mematikan tersebut kepada anak. Sebab anak sangat rentan tertular berbagai penyakit terutama yang disebabkan oleh virus karena daya tahan tubuhnya masih rentan.

"Vaksinasi lengkap dulu untuk anak, kan sekarang juga bisa vaksinasi ganda. Belum lagi anak kan susah disuruh pakai masker, makanya penting bagi orang tua melengkapi vaksin anak dulu," tandasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ortu Berencana Bawa Anak Umrah? Jangan Lupa, Vaksinasi Ini Wajib Dilengkapi"