Hagia Sophia

08 May 2024

Ini Resep Umur Panjang dari Dokter yang Berusia 95 Tahun

Ilustrasi panjang umur. (Foto: Shutterstock)

Jepang adalah salah satu negara dengan mayoritas masyarakatnya yang berumur panjang. Bahkan, tak jarang warga Jepang dapat hidup sehat hingga usia 100 tahun atau lebih.

Contohnya saja Reizo, seorang dokter kardiologi di Jepang yang tetap sehat dan bugar meski sudah menginjak usia 95 tahun. Ternyata, rahasia panjang umurnya tidak terlepas dari 8 kebiasaan yang selalu dia lakukan setiap hari.

Dikutip dari CNBC Internasional, berikut 8 rutinitas yang membuat sang dokter bisa hidup sehat hingga usia hampir satu abad.

1. Jalan Pagi Setiap Hari
Cucu Reizo, Mika Cribbs, menceritakan bahwa kakek dan neneknya selalu meluangkan waktu untuk jalan-jalan pagi. Mereka bangun pada jam 5 pagi, kemudian menghabiskan waktu selama 30 menit hingga satu jam, dan berjalan setidaknya 7.000 langkah.

"Baik ketika mendaki jalur pegunungan menuju air terjun Minoh atau sekadar mengitari sekitar lingkungan Ikeda, kakek dan nenek saya menggunakan jalan pagi mereka untuk memulai hari dari tempat yang kuat," ujar Cribbs.

2. Rajin Berolahraga
Selain jalan pagi, Cribbs mengatakan kakeknya masih rajin berolahraga meski usianya hampir satu abad. Biasanya, dia memulai dengan peregangan, kemudian diikuti serangkaian latihan kekuatan dan keseimbangan.

"Dia berhati-hati memilih latihan yang berbeda berdasarkan kemampuan fisiknya, dan selalu berusaha tetap aktif tanpa membebani tubuhnya," tutur Cribbs.

3. Menjaga Hubungan dengan Orang Tercinta
Setelah berolahraga, Reizo menghabiskan waktunya dengan membuka Facebook atau Instagram. Dia kerap memanfaatkan media sosial untuk tetap terhubung dengan keluarga dan sahabat tercinta yang tinggal di belahan dunia lain.

Sejumlah studi menunjukkan isolasi sosial pada lansia, khususnya pria, dapat menyebabkan tingkat kesepian yang tinggi. Karenanya, menggunakan media sosial untuk tetap terhubung dengan keluarga dan sahabat dapat menjadi salah satu cara untuk mengusir kesepian.

4. Menulis Blog
Sejak 2014, Reizo selalu meluangkan beberapa menit untuk menulis pemikiran dan pengalamannya dalam sebuah blog. Kini, blog tersebut sudah memuat lebih dari 1.000 postingan.

"Sangat mudah untuk kehilangan semangat saat hasilnya tidak muncul secara langsung, tapi blog kakek saya adalah hasil dari beberapa menit penulisan yang dia lakukan selama bertahun-tahun. Ini adalah pengingat yang baik akan pentingnya tindakan kecil dan konsisten," ungkap Cribbs.

5. Sering Berkarya
Selain sebagai pakar kardiologi, Reizo juga seorang seniman yang ulung. Setiap hari dia selalu duduk dan melukis dirinya sendiri.

"Sambil secara saksama membuat sketsa, garis, bayangan, dan detail lukisan, dia juga memanfaatkan waktu tersebut untuk memahami dirinya sendiri dengan lebih baik lagi," ucap Cribbs.

6. Meluangkan Waktu untuk Hobi Baru
Di usianya yang tak lagi muda, Reizo tetap meluangkan waktu untuk menemukan hobi yang baru. Cribbs mengatakan kakeknya kini menaruh minat pada berkebun setelah terinspirasi oleh bunga dan tanaman yang dia lihat saat berjalan-jalan.

Selain itu, Reizo sekarang juga gemar memainkan recorder dan alat musik tiup yang terbuat dari kayu karena diyakini dapat membantu pernapasannya.

7. Rutin Tidur Siang
Setelah melakukan semua aktivitas tersebut, Reizo selalu menyempatkan untuk tidur siang dan mengisi kembali energi yang sudah terpakai. Cribbs mengatakan kakek dan neneknya selalu tidur siang pada pukul 8 atau 9 pagi, dan tertidur lagi di sore hari saat membaca.

"Kesadaran dirinya untuk mengetahui kapan harus beristirahat telah menjadi kontributor utama umur panjangnya," kata Cribbs.

8. Selalu Menyantap Makanan Favorit
Meski sangat aktif, Reizo juga tetap menikmati hidup. Salah satunya dengan menikmati berbagai makanan nikmat, seperti daging merah, keju, dan wine.

Selain itu, Reizo juga menikmati hidangan sehat yang dimasak istrinya, seperti aneka sayuran dan kari khasnya.

"Meskipun norma-norma Barat mungkin menyebut beberapa pilihan makanan tersebut tidak sehat, kondisi kesehatannya (Reizo) yang luar biasa pada usia 95 tahun merupakan bukti bahwa ada banyak faktor yang berkontribusi terhadap umur panjang, dan keseimbangan mungkin adalah yang paling penting," pungkas Cribbs.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "8 Resep Umur Panjang dari Dokter Jepang Berusia 95 Tahun"