Hagia Sophia

27 May 2024

Pilih Lampu Putih atau Kuning? Ini Jawabannya

Ilustrasi lampu kuning. Foto: Dikhy Sasra

Lampu adalah alat penting yang wajib ada di rumah. Sebab, tanpa lampu, rumah akan sulit mendapat pencahayaan terutama malam hari. Kini, lampu bukan hanya mempermudah penerangan di dalam rumah, melainkan juga bisa mempengaruhi suasana di rumah lewat warna yang digunakan.

Pencahayaan yang tepat dapat meningkatkan estetika, suasana, dan warna rumah. Salah satu caranya adalah memilih warna lampu yang sesuai. Biasanya warna yang banyak digunakan adalah putih atau kuning. Pemilihannya bergantung pada keinginan dan kebutuhan. Lantas, lebih baik mana lampu putih atau kuning untuk dipasang di rumah?

Perbedaan Lampu Putih dan Lampu Kuning

Dilansir dari angi.com, lampu putih memberikan warna yang cerah dan membantu pencahayaan yang optimal, terutama jika ruangan tersebut dominan menggunakan warna putih mulai dari cat dinding hingga perabotannya. Lampu putih cocok di ruangan yang membutuhkan pencahayaan terbaik seperti kantor, dapur, dan studio.

Sebaliknya, lampu kuning memberikan kesan hangat dan nyaman karena warna yang dihasilkan lebih lembut dan tidak begitu silau. Lampu kuning cocok digunakan di kamar tidur dan ruangan lainnya yang biasa digunakan untuk bersantai.

1. Temperatur Warna
Lampu juga memiliki temperatur warna yang didefinisikan dengan suhu Kelvin (K). Lampu putih memiliki besaran temperatur sekitar 5.000-6.500 K. Lalu lampu kuning memiliki besaran temperatur sekitar 2.700-3.500 K.

2. Besaran Pemakaian Listrik
Kedua lampu saat ini sudah banyak yang berbentuk LED. Meskipun sama-sama dialiri listrik, tetapi lampu putih ternyata lebih hemat energi dan mengurangi biaya listrik jangka panjang.

Lampu kuning yang cahaya seakan redup dan tidak begitu terang ternyata kebalikannya. Namun, hal ini kembali lagi pada lamanya pemakaian, watt, dan tempat pemakaiannya. Bisa saja keduanya sama-sama dapat mengurangi biaya listrik asal pemakaian tepat dan sesuai keperluan.

3. Lokasi Lampu Terpasang
Lampu saat ini bisa diletakkan di mana saja, mulai dari sela-sela lantai hingga atap rumah. Agar tampilan ruangan lebih elegan dan tidak terlalu terang, coba pakai lampu putih dan lampu kuning sesuai tempatnya.

Mulai dari lampu lantai, jika di rumah memiliki undakan dan ingin diterangi dengan lampu di sela-selanya, kamu bisa menggunakan lampu kuning yang watt-nya lebih kecil. Ruangan tersebut terasa hangat dan elegan.

Ingin pasang lampu gantung di dinding agar terlihat klasik? Pilih lampu kuning agar cahaya yang dihasilkan lebih lembut dan efeknya dapat menyebar.

Kemudian, untuk lampu di atap terutama yang menggunakan penutup lampu atau sejenis model lampu gantung, bisa menggunakan lampu putih agar pencahayaannya maksimal dan merata.


























Artikel ini telah tayang di detik.com/properti dengan judul "Lebih Baik Lampu Putih atau Kuning Untuk Dipasang Rumah? Ini Jawabannya!"