Hagia Sophia

07 June 2024

Premier League Tidak Ingin Hapus Keberadaan VAR

Penggunaan VAR menimbulkan perdebatan di sepak bola Inggris. Foto: REUTERS/Isabel Infantes

Premier League tak berniat untuk menghapus penggunaan Video Assistant Referee (VAR) pada musim depan. Otoritas kasta tertinggi sepak bola Inggris itu menilai dampak yang lebih parah bisa terjadi jika tak ada bantuan teknologi tersebut.

Pembahasan ini bermula dari proposal Wolverhampton Wanderers pada Mei lalu yang meminta agar teknologi tayangan ulang itu dihilangkan saja mulai musim depan karena telah "merusak hubungan antara suporter dan sepak bola."

Rencananya, akan ada pemungutan suara yang diambil oleh 20 peserta Premier League dalam rapat pada 6 Juni waktu setempat untuk menentukan nasib VAR. Perlu persetujuan 14 klub untuk meloloskan aturan tersebut.

Namun BBC dan The Athletic melaporkan bahwa sebagian besar klub takkan mengikuti keinginan Wolves, terlebih musim depan akan ada penggunaan teknologi offside semi-otomatis. Mereka lebih memilih memperbaiki sistem yang ada ketimbang menghapusnya.

Premier League juga telah mengirim dokumen jelang rapat kepada 20 klub yang berisi alasan mengapa VAR harus tetap ada musim depan. Salah satunya penurunan kesalahan yang signifikan dalam pengambilan keputusan.

Sejak VAR diperkenalkan di Premier League lima tahun lalu, jumlah keputusan tepat yang diambil telah meningkat dari 82 persen sebelum adanya VAR menjadi 96 persen pada musim 2023-24 yang baru usai.

Musim lalu, memang ada keputusan ngawur dari VAR, namun hanya lima berbanding 105 yang tepat. Ini juga menjadi peningkatan dibanding musim 2022-23 yang terdapat 11 keputusan keliru dari VAR berbanding 105 keputusan benar.

Premier League menegaskan bahwa meski ketiadaan VAR akan mengurangi interupsi dan penundaan laga, namun "kesalahan wasit akan jauh lebih banyak terjadi (sekitar 100 per musim), termasuk insiden penentu laga yang amat kontroversial, yang berpotensi terjadi pada duel krusial."

Selain itu, Premier League juga enggan menghapus VAR karena telah terikat kontrak untuk mengoperasikan VAR selama tiga tahun ke depan. Problem lainnya, penghapusan VAR akan menurunkan reputasi para wasit Inggris karena mereka tak akan lagi diikutkan dalam turnamen besar level UEFA dan FIFA.



























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Premier League Tidak Ingin Hapus VAR!"