Hagia Sophia

14 July 2024

Beberapa Kebiasaan yang Bisa Bikin Gagal Ginjal di Usia Belia

Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/Marcela Ruth Romero)

Penyakit gagal ginjal saat ini mulai banyak menyerang anak muda. Hal ini ditandai dengan meningkatnya tren hemodialisa atau cuci darah pada kalangan remaja.

Gagal ginjal ini bisa diakibatkan oleh banyak hal. Bisa dipicu oleh glomerulonefritis yakni peradangan pada glomerulus bisa karena penyakit autoimun atau adanya diabetes, yang mana masih menjadi menjadi penyebab nomor satu gagal ginjal.

Ternyata, ada beberapa kebiasaan yang seringkali dilakukan oleh anak muda yang tanpa disadari dapat memicu terjadinya kondisi gagal ginjal. Spesialis penyakit dalam dr Elizabeth Yasmine Wardoyo, SpPD, Subsp. G.H(K) mengatakan setidaknya ada tiga kebiasaan yang kerap dilakukan anak muda dan bisa memicu gagal ginjal.

"Nomor satu adalah konsumsi gula yang berlebih," ujar dr Elizabeth dalam webinar daring, Rabu (10/7/2024)

Gula berlebih, lanjut dr Elizabeth biasanya didapatkan anak muda lewat kebiasaan 'ngopi'. Menurutnya, anak-anak muda saat ini banyak sekali yang suka mengonsumsi kopi kekinian dengan tambahan gula dan susu kental manis.

"Kopi gimana terhadap gagal ginjal? Sebenarnya kopi itself tidak berpengaruh terhadap gagal ginjal. Tapi karena dia menggunakan gula, susu kental manis jadi konsumsi gulanya berlebih," kata dr Elizabeth.

"Biasanya generasi muda yang WFH tuh konsumsi kopi nggak hanya sekali ya (dalam sehari)," sambungnya.

Kebiasaan kedua adalah seringnya remaja mengonsumsi obat painkiller atau penghilang rasa nyeri. Tanpa disadari, ternyata obat ini bisa menjadi boomerang karena sifatnya toxic pada ginjal jika dikonsumsi berlebih.

"Nomor dua adalah penggunaan obat-obat toxic pada ginjal, itu obat apa? Biasanya adalah painkiller atau penghilang rasa nyeri," kata dr Elizabeth.

"Jadi perlu diedukasi ke masyarakat penggunaan obat penghilang rasa nyeri ini harus berdasarkan pengawasan dokter," sambungnya.

Nomor tiga, lanjut dr Elizabeth adalah kebiasaan anak muda yang suka meminum alkohol. Menurutnya, minuman ini bisa memicu adanya kerusakan pada ginjal dan organ-organ lain.

"Nomor tiga adalah konsumsi alkohol yang berlebihan, kadang-kadang oplosan lagi. Sering banget itu bikin toxic ke ginjal dan bikin kerusakan ke organ-organ lainnya," katanya.

dr Elizabeth mengimbau untuk masyarakat khususnya anak muda untuk bisa lebih menyayangi ginjalnya. Salah satu langkah sederhana untuk menghindari gagal ginjal adalah dengan rutin minum air putih.

"Tips menjaga ginjal adalah konsumsi air putih dengan jumlah yang cukup, untuk orang yang tanpa masalah liver, masalah jantung, secara normal aja itu konsumsi air putih sebaiknya 30 cc per kg berat badan," tutupnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "3 Kebiasaan yang Tanpa Sadar Bisa Picu Gagal Ginjal di Usia Muda"