Hagia Sophia

14 August 2024

Beberapa Tips Agar Bisa Tidur Nyenyak di Malam Hari

Ilustrasi tidur nyenyak (Foto: iStock)

Tidur yang berkualitas memberikan beberapa manfaat seperti badan terasa segar di pagi hari, mampu meningkatkan konsentrasi dan produktivitas, hingga menguatkan jantung.

Di sisi lain, masih banyak orang yang kesulitan menemukan cara untuk mendapatkan. Dikutip dari New York Post, berikut 4 'ritual' yang wajib dilakukan di malam hari untuk mendapatkan tidur nyenyak dan berkualitas.

1. Pakai Tirai Gelap
Tirai yang gelap dapat membantu seseorang mendapatkan tidur yang nyenyak. Hal ini karena mereka tidak akan terganggu oleh cahaya.

Kegelapan membantu tubuh mempertahankan ritme sirkadian melalui produksi melatonin. Cahaya dapat mengganggu proses ini, sehingga membuat seseorang lebih sulit untuk tertidur atau tetap tertidur.

2. Tidak Bermain Gadget
Luangkan waktu setidaknya 30 menit sebelum tidur untuk tidak bermain gadget. Paparan dari gawai sebelum tidur dapat menghambat produksi melatonin, hormon tidur.

Kecenderungan seseorang menatap layar gadget sebelum tidur dikaitkan dengan insomnia, kualitas tidur yang buruk, dan gejala depresi.

3. Coba Gunakan Air Purifier
Udara yang bersih di dalam kamar dapat membuat seseorang mendapatkan tidur yang berkualitas. Air purifier dapat dicoba untuk membantu membersihkan udara di kamar tidur.

Hal ini karena gejala alergi pada malam hari seperti hidung tersumbat, batuk, serta iritasi hidung dan tenggorokan dapat membuat tidur menjadi sulit. Imbasnya, kondisi tersebut bisa menyebabkan mendengkur serta masalah pernapasan terkait tidur lainnya seperti sleep apnea.

4. Konsumsi Magnesium
Mengonsumsi magnesium setidaknya 30 menit sebelum tidur dinilai mampu membantu seseorang untuk mendapatkan tidur yang nyenyak.

Anggota dari British Society for Ecological Medicine, Jenny Goodman mengatakan dirinya rutin mengonsumsi suplemen magnesium di malam hari untuk merelaksasikan otot-ototnya dan membuatnya tertidur.

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "4 Tips untuk Dapat Tidur Nyenyak dan Berkualitas, Bangun Pagi Jadi Lebih Segar"