Hagia Sophia

03 August 2024

Cara Konsumsi Teh Hijau yang Tepat Agar BB Bisa Turun

Cara minum teh hijau untuk menurunkan berat badan. (Foto: Getty Images/MARINA BOGACHYOVA)

Teh hijau adalah salah satu minuman paling populer di dunia. Selain punya rasa dan aroma yang unik, teh hijau juga dikenal sebagai minuman yang menyehatkan.

Teh hijau juga dipercaya sebagai minuman yang dapat membantu menurunkan berat badan. Khasiat ini berasal dari kandungan epigallocatechin gallate (EGCG) atau katekin yang dapat membantu meningkatkan metabolisme, sehingga tubuh bisa membakar lebih banyak lemak dan kalori.

Selain itu, teh hijau juga dapat membantu mengelola kadar gula darah. Beberapa penelitian menunjukkan kadar gula darah tinggi dikaitkan dengan kelebihan berat badan dan obesitas.

Lantas, bagaimana cara mengonsumsi teh hijau yang tepat agar khasiat menurunkan berat badannya lebih maksimal? Berikut pembahasannya.

1. Seduh di Suhu yang Tepat
Ternyata, menyeduh teh hijau tidak bisa asal-asalan. Pasalnya, menyeduh teh hijau menggunakan air yang terlalu panas dapat merusak kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Dikutip dari National Library of Medicine, suhu ideal untuk menyeduh teh hijau tidak lebih dari 90 derajat celcius. Jika melewati batas itu, kandungan katekin dalam teh hijau bisa rusak sehingga mengurangi khasiatnya untuk menurunkan berat badan.

2. Batasi Penggunaan Gula
Tak sedikit orang yang menambahkan gula ke dalam teh hijau untuk menambah rasa. Namun, sebisa mungkin batasi penggunaan gula.

Dikutip dari Harvard Health, konsumsi gula dalam jumlah berlebihan dikaitkan dengan sejumlah gangguan kesehatan, mulai dari kenaikan berat badan, peradangan, tekanan darah tinggi, diabetes, perlemakan hati, penyakit jantung, hingga stroke.

3. Jangan Langsung Minum Teh Hijau Setelah Makan
Banyak orang yang langsung mengonsumsi teh hijau sesaat setelah makan. Namun, kebiasaan ini justru tidak dianjurkan.

Dikutip dari Times of India, kandungan tanin dan kafein yang ada pada teh hijau dapat menghambat penyerapan nutrisi dari makanan di dalam tubuh. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya konsumsi teh hijau 30-45 menit setelah atau sebelum makan.

4. Minum Teh Hijau Sebelum Berolahraga
Laman Healthline memaparkan mengonsumsi teh hijau sebelum berolahraga dapat meningkatkan pembakaran lemak saat latihan.

Sebuah studi yang dilakukan terhadap 12 pria menemukan konsumsi ekstrak teh hijau sebelum berolahraga dapat meningkatkan pembakaran lemak sebesar 17 persen dibandingkan plasebo.

Penelitian serupa yang dilakukan pada 13 wanita juga menemukan konsumsi tiga cangkir teh hijau sehari sebelum berolahraga, dan satu cangkir tambahan dua jam sebelum berolahraga dapat meningkatkan pembakaran lemak saat latihan.

5. Batasi Konsumsi Hariannya
Meski bermanfaat untuk kesehatan dan penurunan berat badan, konsumsi teh hijau tetap harus dibatasi. Teh hijau mengandung kafein, yang jika dikonsumsi dalam dosis tinggi, dapat memicu sejumlah gangguan kesehatan.

Meskipun setiap orang memiliki sensitivitas yang berbeda-beda terhadap kafein, Kementerian Pertanian Amerika Serikat (USDA) menganjurkan untuk membatasi asupan kafein 400 miligram per hari, atau setara sekitar 10 cangkir teh hijau.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Begini Aturan Minum Teh Hijau untuk Menurunkan Berat Badan"