Hagia Sophia

11 August 2024

Ini Kata Epidemilog Terkait Demam Lassa yang Tewaskan 163 Orang di Nigeria

Foto: Getty Images/Md Saiful Islam Khan

Wabah demam Lassa di Nigeria belakangan disorot setelah memicu 163 korban jiwa di Nigeria. Menurut pernyataan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Nigeria, wabah demam Lassa terus menyebar di 34 negara bagian dan Wilayah Ibu Kota Federal.

Pemerintah Nigeria sebelumnya mengumumkan bahwa tiga obat telah diidentifikasi untuk mengobati penyakit tersebut.

Selama musim kemarau, yang biasanya berlangsung dari November hingga Mei di Nigeria, kasus demam Lassa cenderung meningkat. Pada tahun 2023, total 1.227 kasus demam Lassa terdeteksi dengan korban meninggal dunia mencapai 219 orang.

Demam Lassa, yang juga ditemukan di beberapa negara Afrika lainnya seperti Mali, Togo, Ghana, Liberia, dan Sierra Leone, pertama kali terdeteksi di Nigeria di negara bagian Borno timur laut pada tahun 1969.

Menurut epidemiolog Dicky Budiman, demam Lassa merupakan penyakit endemik di negara-negara Afrika barat. Virus penyebab penyakit ini umumnya hidup dekat tempat tinggal manusia, baik di pedesaan maupun di perkotaan.

"Di Afrika bisa saja, dengan sanitasi yang buruk, kebersihan yang buruk," ucapnya kepada detikcom, Jumat (9/8/2024).

Mayoritas atau sekitar 80 persen kasus demam Lassa tidak memicu bergejala atau asimtomatik. Hal ini, kata Dicky, bisa berbahaya lantaran berpotensi memicu wabah besar, serta potensi menular antar manusia.

Risiko penyebaran virus Lassa juga bergantung pada keberadaan hewan inangnya, yaitu tikus Mastomys natalensis.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kata Epidemiolog soal Demam Lassa yang Picu 163 Orang Meninggal di Nigeria"