Hagia Sophia

11 August 2024

Kakek Ini Jalani Transplantasi Ginjal Tanpa Bius Total

Pria menjalani transplantasi ginja dengan dalam keadaan sadar atau tanpa dibius (Foto: Dokumentasi Northwestern Medicine)

Seorang kakek di Chicago, Amerika Serikat, bernama Harry Stackhouse (74) menjalani operasi transplantasi ginjal tanpa bius total. Kondisi tersebut membuatnya sadar sepanjang prosedur.

Ia mengatakan pertama kali merasakan sakit pada tahun 2019. Berbulan-bulan setelahnya, kondisinya tidak kunjung membaik sampai ia akhirnya memutuskan untuk memeriksakannya ke dokter. Tim medis mengatakan pada saat itu bahwa ginjalnya tidak berfungsi.

Selama 4 tahun, Harry menjalani cuci darah untuk menjaga kondisi kesehatannya. Selama itu juga sang putri, Trewaunda Stackhouse (45) berusaha meyakinkan ayahnya untuk memperbolehkannya menjadi donor.

Akhirnya Harry menyetujui prosedur transplantasi ginjal tersebut.

"Dengan menggunakan anestesi spinal untuk transplantasi ginjal, kami dapat menghindari risiko yang terkait dengan anestesi umum," kata Direktur Northwestern Medicine Comprehensive Center Satish Nadig dikutip dari CBSNews, Jumat (9/8/2024).

Nadig mengatakan timnya memutuskan untuk membuat Harry tetap sadar selama operasi karena ia berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi.

Harry mengatakan bahwa prosedur tersebut merupakan sebuah pengalaman yang luar biasa. Ia juga tidak mengalami rasa sakit apapun selama menjalani transplantasi.

"Dokter bertanya, 'Apakah Anda ingin melihat ginjalnya?' Saya bilang, 'ginjal saya begitu besar'," cerita Harry.

Dua hari setelah menjalani operasi tersebut, Harry akhirnya dipulangkan dengan surat keterangan kurang sehat. Untuk Northwestern Medicine, Harry merupakan pasien kedua yang menjalani transplantasi ginjal dengan sadar.

Pasien pertama bernama John Nicholas (28) menjalani operasi pada tanggal 24 Mei 2024. Ia dipulangkan oleh pihak rumah sakit hanya sehari setelah menjalani operasi. Sama dengan Harry, Nicholas juga mengaku tidak mengalami nyeri selama menjalani operasi.

Pada saat itu Nicholas mendapatkan epidural spinal, blok saraf, dan sedasi ringan.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kakek Ini Jalani Transplantasi Ginjal dalam Kondisi Sadar, Begini Kronologinya"