Hagia Sophia

24 August 2024

Ini Penyebab Istilah Trisemester Lebih Sering Dipakai dalam Kehamilan

Foto: Ilustrasi hamil. (Freepik)

Periode kehamilan yang berlangsung selama sembilan bulan atau sekitar 40 minggu menggunakan istilah trimester. Penggunaan istilah ini muncul dari sistem pembagian dari 9 bulan kehamilan menjadi interval 3 bulan.

Sementara itu istilah semester menurut definisi dari Oxford Languange lebih sering dipakai untuk menandakan jangka waktu setengah tahun di sekolah atau perguruan tinggi.

Dikutip dari Medical News Today, trimester sering digunakan untuk menandai berapa lama ibu mengandung. Pada setiap trimester, janin mencapai tahap perkembangan tertentu. Trimester terkait kehamilan dibagi menjadi tiga periode yaitu 13 minggu mengacu pada perkembangan janin.

Penjelasan trimester kehamilan

Trimester kehamilan dibagi menjadi tiga tahap. Trimester berlangsung antara 12 dan 14 minggu. Pada setiap trimester, janin akan menemui tonggak perkembangan tertentu.

Trimester pertama atau first trimester berlangsung saat usia kehamilan 0-13 minggu. Selama periode ini, struktur tubuh dan organ bayi berkembang. Tubuh ibu juga akan mengalami perubahan besar, seringkali merasa lebih mudah lelah.

Trimester kedua atau second trimester berlangsung di usia kehamilan 14-26 minggu atau bulan kempat sampai bulan keenam. Trimester kedua adalah saat sebagian besar ibu hamil dapat merasakan bayinya bergerak untuk pertama kalinya, biasanya pada minggu ke-20.

Trimester ketiga atau third trimester berlangsung dari minggu ke-28 kehamilan sampai 40 minggu atau bulan ketujuh sampai sembilan. Trimester ketiga adalah saat yang tepat untuk mencari tahu lebih banyak mengenai persalinan.

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Bukan 'Semester', Ini Alasan 'Trimester' Lebih Pas Dipakai dalam Kehamilan"