Hagia Sophia

06 October 2024

Banyak Makanan yang Dikonsumsi Sehari-hari Terkontaminasi Mikroplastik

Ilustrasi mikroplastik (Foto: Getty Images/iStockphoto/Khanchit Khirisutchalual)

Beberapa jenis makanan yang sering dikonsumsi sehari-hari ternyata mengandung mikroplastik. Sederet makanan ini jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan tentu bisa memicu adanya gangguan kesehatan.

Dikutip dari CNN, mikroplastik telah ditemukan di paru-paru manusia, jaringan plasenta ibu dan janin, air susu ibu, dan darah manusia. Namun, sampai saat ini hanya ada sedikit penelitian tentang bagaimana polimer ini memengaruhi organ dan fungsi tubuh.

Lantas, makanan-makanan apa saja yang diketahui mengandung mikroplastik?

Produk Hewani dan Nabati
Sebuah studi pada Februari 2024 menemukan bukti bahwa 90 persen sampel protein hewani dan nabati mengandung mikroplastik. Produk ini memiliki pecahan polimer kecil yang ukurannya dapat berkisar dari kurang dari 0,2 inci (5 milimeter) hingga 1/25.000 inci (1 mikrometer).

Buah dan Sayuran
Menurut sebuah studi tahun 2021. Jika plastiknya cukup kecil, buah-buahan dan sayur-sayuran dapat menyerap mikroplastik melalui sistem akarnya dan memindahkan zat kimia tersebut ke batang, daun, biji, dan buah tanaman.

Garam
Sebuah studi tahun 2023 menemukan bahwa garam merah muda Himalaya kasar yang ditambang dari dalam tanah memiliki mikroplastik paling banyak, diikuti oleh garam hitam dan garam laut.

Gula
Sama seperti garam, menurut sebuah studi tahun 2022, gula merupakan salah satu makanan yang tidak lepas dari kandungan mikroplastik.

Teh
Sebagian besar kantong teh terbuat dari plastik, sehingga dapat melepaskan sejumlah besar plastik. Para peneliti di Universitas McGill di Quebec, Kanada menemukan bahwa menyeduh satu kantong teh plastik melepaskan sekitar 11,6 miliar partikel mikroplastik dan 3,1 miliar partikel nanoplastik ke dalam air.

Nasi
Sebuah studi dari University of Queensland menemukan bahwa untuk setiap 100 gram (1/2 cangkir) nasi yang dimakan orang, mereka mengonsumsi tiga hingga empat miligram plastik, angkanya melonjak hingga 13 miligram per sajian untuk nasi instan.

Namun, mencuci beras dapat mengurangi kontaminasi plastik hingga 40 persen. Hal ini juga membantu mengurangi arsenik, yang dapat terkandung dalam beras dalam jumlah tinggi.

Makanan Tinggi Protein
Dalam studi bulan Februari, yang diterbitkan dalam Environmental Research, para peneliti mengamati lebih dari selusin protein yang umum dikonsumsi, termasuk daging sapi, udang yang dilapisi tepung roti dan jenis udang lainnya.

Selain itu ada dada dan nugget ayam, daging babi, makanan laut, tahu dan beberapa alternatif daging nabati, seperti nugget, remah-remah tanaman yang mirip dengan daging sapi giling dan stik ikan nabati.

Risiko Masalah Kesehatan

Sebuah studi pada Maret 2024 menemukan orang dengan mikroplastik atau nanoplastik di arteri leher dua kali lebih mungkin mengalami serangan jantung, stroke, atau meninggal karena sebab apa pun selama tiga tahun ke depan dibandingkan orang yang tidak memilikinya.

"Semua bahan kimia tersebut digunakan dalam produksi plastik, jadi jika plastik masuk ke dalam tubuh kita, bahan kimia tersebut ikut terbawa bersamanya," kata Sherri "Sam" Mason, direktur keberlanjutan di Penn State Behrend di Erie, Pennsylvania.

Namun, belum ada konsensus ilmiah mengenai potensi dampak kesehatan dari partikel nano dan mikroplastik.

Cara Mengurangi Plastik

Menurut ahli, ada beberapa hal yang dapat dilakukan orang untuk mengurangi paparannya.
  • Hindari memakan apa pun yang disimpan dalam wadah plastik. Cari makanan yang disimpan dalam wadah kaca, enamel, atau foil.
  • Kenakan pakaian yang terbuat dari kain alami dan belilah produk konsumen yang terbuat dari bahan alami.
  • Jangan memasukkan makanan ke dalam microwave dalam wadah plastik. Sebaliknya, panaskan makanan di atas kompor atau dengan memanaskannya dalam wadah kaca.
  • Jika bisa, makanlah makanan segar sebanyak mungkin dan batasi pembelian makanan olahan dan ultraproses yang dibungkus plastik.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Hati-hati, 7 Makanan Ini Paling Banyak Terkontaminasi Mikroplastik"