Hagia Sophia

31 May 2024

Bagi yang Konsumsi Obat Darah Tinggi, Ini Pantangannya

Foto: Getty Images/iStockphoto/JumlongCh

Beberapa obat memang memiliki pantangan yang perlu dipatuhi agar kinerjanya di dalam tubuh tetap optimal.

Salah satu obat tersebut adalah obat hipertensi atau darah tinggi. Obat tekanan darah tinggi biasanya diberikan ketika seseorang memiliki tekanan darah yang sangat tinggi dan sulit untuk menurunkannya.

Nah agar obat tersebut bisa bekerja dengan efektif, ini 7 pantangan setelah minum obat darah tinggi yang perlu diperhatikan.

Pantangan Setelah Minum Obat Darah Tinggi

Bagi yang tengah mengkonsumsi obat darah tinggi, catat pantangannya berikut ini.

1. Minum Jus Jeruk
Meskipun jus buah umumnya menyehatkan, ternyata ada beberapa jenis yang sebaiknya dihindari setelah mengkonsumsi obat tekanan darah tinggi.

Salah satunya adalah jus jeruk. Penderita hipertensi sebaiknya menghindari jus jeruk karena dapat meningkatkan kadar obat dalam darah, yang bisa menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan. Oleh karena itu jika tetap ingin meminum jus, pilih buah lain yang aman.

2. Minum Minuman Beralkohol
Alkohol dapat menimbulkan banyak efek negatif, seperti pendarahan internal dan gangguan pada jantung, paru-paru, serta hati.

Selain itu, alkohol juga dapat meningkatkan jumlah cairan dalam tubuh, sehingga mengurangi efektivitas dosis obat hipertensi. Oleh karena itu konsumsi alkohol sebaiknya dihindari.

3. Merokok
Seperti yang kita ketahui, merokok sudah sangat merugikan kesehatan tubuh bahkan dalam keadaan sehat. Apalagi jika merokok dilakukan saat sedang mengkonsumsi obat tekanan darah tinggi.

Merokok dapat mengurangi efektivitas berbagai jenis obat tekanan darah. Penelitian menunjukkan bahwa perokok seringkali mengalami kesulitan dalam mengendalikan tekanan darahnya meskipun telah mengkonsumsi obat secara teratur.

4. Mengkonsumsi Licorice
Pantangan setelah minum obat darah tinggi selanjutnya yaitu konsumsi licorice.

Licorice atau dikenal dengan akar manis merupakan salah satu pemanis alami yang biasa digunakan dalam pembuatan makanan, minuman, obat-obatan, tembakau, dan lainnya.

Walaupun alami dan memiliki khasiat untuk tubuh, sebaiknya licorice dihindari setelah minum obat hipertensi. Hal ini dikarenakan tanaman licorice dapat memperburuk efek samping obat tekanan darah tinggi dan meningkatkan risiko penumpukan kalium dalam tubuh.

5. Mengkonsumsi Garam
Bisa dibilang garam atau natrium merupakan musuh utama bagi penderita hipertensi. Hal ini dikarenakan garam dapat mengikat cairan, sehingga meningkatkan volume dan tekanan darah.

Oleh karena itu konsumsi makanan yang mengandung tinggi garam atau natrium sebaiknya dihindari baik setelah meminum obat darah tinggi atau saat hari biasa.

6. Aktivitas Berat Berlebihan
Aktivitas fisik yang berlebihan sebaiknya dihindari setelah mengkonsumsi obat hipertensi karena dapat menyebabkan lonjakan tekanan darah yang mendadak.

Selain itu, beberapa obat hipertensi dapat menyebabkan efek samping seperti pusing atau lemas, yang bisa diperparah oleh aktivitas berat. Kombinasi ini dapat meningkatkan risiko cedera atau komplikasi kesehatan lainnya

7. Minum Obat-obatan Tertentu
Obat-obatan tertentu juga sebaiknya dihindari setelah meminum obat darah tinggi. Hal ini ditujukan untuk menghindari interaksi obat. Ketika terjadi interaksi obat dalam tubuh efek samping tidak normal bisa terjadi bahkan beberapa dapat membahayakan tubuh.

Adapun beberapa jenis obat yang perlu dihindari setelah meminum obat hipertensi yaitu bronchodilator, dekongestan, dan cordarone. Kecuali atas saran dokter mungkin beberapa obat bisa tetap dikonsumsi.

Itu dia beberapa pantangan yang tidak boleh dilakukan setelah meminum obat darah tinggi karena akan mengganggu kinerja obat. Agar fungsi obat lebih efektif, tentu diimbangi pola hidup yang sehat ya detikers!


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "7 Pantangan Setelah Minum Obat Darah Tinggi yang Perlu Diperhatikan"