Hagia Sophia

18 May 2024

Kondisi Raja Charles III: Hilang Indera Perasa Karena Pengobatan Kanker

Raja Charles III (Foto: Hollie Adams/Pool Photo via AP)

Raja Charles III mengungkap mengalami hilang indera perasa akibat pengobatan kanker yang dijalani. Hal tersebut terungkap saat berkunjung ke Museum Terbang Angkatan Darat di Middle Wallop, Hampshire.

Dalam kunjungan tersebut, Raja Charles III berbincang dengan veteran Angkatan Darat Inggris, Aaron Mapplebeck. Pada saat itu, Mapplebeck tengah berbagi pengalamannya kehilangan indera perasa setelah menjalani kemoterapi untuk kanker testis.

Dikutip Livermint, pengalaman Mapplebeck mendorong raja berusia 75 tahun itu mengungkapkan pengalaman serupa. Meski begitu, Raja Charles III tak menjelaskan lebih lanjut terkait efek samping lainnya yang dirasakan saat menjalani pengobatan kanker. Istana Buckingham juga belum mengkonfirmasi rincian spesifik tentang kanker atau pengobatan Raja.

Kabar terkait efek samping tersebut muncul sekitar dua minggu sejak Raja Inggris itu kembali melanjutkan tugas publiknya pada 30 April, setelah mengambil cuti untuk perawatan kanker.

Dalam kunjungan tersebut, Raja Charles secara resmi mengangkat Pangeran William menjadi Kolonel-in-Chief Korps Udara Angkatan Darat.

Raja Charles III sebelumnya sempat menunda tugas-tugas publik hampir tiga bulan lalu setelah didiagnosis mengidap kanker, yang jenis dan stadiumnya tak dirincikan. Kanker tersebut diketahui setelah ia menjalani perawatan karena pembesaran prostat.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kabar Terbaru Kondisi Raja Charles III, Hilang Indera Perasa gegara Pengobatan Kanker"