Hagia Sophia

06 June 2024

Indonesia Termasuk Negara Paling Banyak Konsumsi Mikro Plastik

Foto ilustrasi: Shutterstock

Indonesia bersama Malaysia dan Filipina menjadi negara-negara di Asia Tenggara dengan penduduk yang paling banyak mengonsumsi mikroplastik. Data ini berdasarkan studi para peneliti Cornell University yang memetakan serapan mikroplastik di 109 negara.

Secara keseluruhan, penelitian ini menemukan bahwa masyarakat Indonesia mengonsumsi sekitar 15 gram mikroplastik per bulan. Lebih banyak dibandingkan dengan negara lain dan sebagian besar partikel plastik berasal dari seafood. Angka tersebut meningkat 59 kali lipat selama 1990 hingga 2018.

Sementara itu, Tiongkok, Mongolia, dan Inggris berada di peringkat teratas negara-negara yang menghirup mikroplastik paling banyak.

Data tersebut memperkirakan berapa banyak mikroplastik yang tanpa disadari telah manusia makan dan hirup. Hal ini sebagai akibat dari sampah plastik yang tidak diolah dan terdegradasi, lalu menyebar ke lingkungan.

"Penyerapan mikroplastik di tingkat negara merupakan indikator penting dari polusi plastik dan risiko kesehatan masyarakat," kata Fengqi You, Profesor Roxanne E. dan Michael J. Zak dikutip dari Cornell University, Selasa (4/6/2024).

Studi ini mengumpulkan data konsentrasi mikroplastik di sub-kategori kelompok makanan utama seperti buah-buahan, sayuran, protein, biji-bijian, produk susu, minuman, gula, garam, dan rempah-rempah.

Peneliti mencontohkan konsumsi garam per kapitan di Indonesia dan Amerika Serikat hampir sama, tapi konsentrasi mikroplastik dalam garam di Indonesia tercatat sekitar 100 kali lebih tinggi.

"Industrialisasi di negara berkembang, khususnya di Asia Timur dan Selatan, telah menyebabkan peningkatan konsumsi bahan plastik, timbulan sampah, dan serapan mikroplastik oleh manusia," kata You.

"Sebaliknya, negara-negara industri mengalami tren sebaliknya, didukung oleh sumber daya ekonomi yang lebih besar untuk mengurangi dan menghilangkan sampah plastik," sambungnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Alert! Riset Temukan Warga RI Termasuk 'Pemakan' Mikroplastik Terbanyak di Dunia"